Kejelasan Menyampaikan Isi Pengumuman

Kejelasan Menyampaikan Isi Pengumuman Dengan Penggunaan Intonasi Serta Kalimat Dalam Penyampaian pengumuman - Pada pembahasan materi bahasa Indonesia kali ini akan membahas mengenai menyampaikan isi pengumuman dimana tujuan mempelajari materi ini adalah agar nantinya sobat dapat memahami isi pengumuman serta menyampaikannya secara lisan dengan tepat dan baik, untuk lebih jelasnya dapat kalian simak dalam penjelasan berikut ini!

Kejelasan Menyampaikan Isi Pengumuman dan Tanggapan Kekurangan Dalam Menyampaikan

Pengumuman merupakan suatu berita yang disampaikan kepada khalayak tertentu yang perlu diperhatikan karena berkaitan dengan sebuah perihal yang harus mendapat perhatian di khalayak tersebut. Pengumuman dapat disampaikan secara tertulis maupun lisan.

Dalam menyampaikan pengumuman secara lisan, perlu bahasa yang lugas, santun, dan komunikatif. Hal tersebut perlu diperhatikan agar pengumuman yang kalian sampaikan mampu menarik perhatian dan dapat diterima dengan baik oleh pendengar.

Penggunaan intonasi dalam menyampaikan sebuah pengumuman dapat memengaruhi penangkapan pemahaman pendengarnya. Berkaitan dengan hal itu, sesuatu yang menjadi inti atau pokok penting dalam pengumuman harus disampaikan dengan intonasi yang berbeda atau lebih mendapat penekanan.
Kejelasan Menyampaikan Isi Pengumuman
Kejelasan Menyampaikan Isi Pengumuman

Perhatikanlah contoh pengumuman berikut beserta penjelasannya!

Pengumuman
Berkaitan dengan berakhirnya kegiatan belajar mengajar dan ujian semester satu, sekolah mengadakan kegiatan lomba olahraga antarkelas. Cabang lomba yang dipertandingkan adalah beregu dan perorangan. Lomba beregu meliputi sepak bola futsal, voli, basket, tenis meja, dan bulu tangkis. Adapun lomba perorangan putra-putri meliputi catur, bulu tangkis, tenis meja, dan lari. Setiap kelas diwajibkan berpartisipasi dalam kegiatan tersebut sesuai dengan atlet yang dimiliki. Lomba akan dilaksanakan selama satu minggu, yaitu tanggal 21-27 Mei 2007. Juara umum akan mendapatkan piala bergilir kepala sekolah. Tempat pendaftaran lomba di kantor sekretariat OSIS, mulai tanggal 16-19 Mei 2007 pada jam istirahat.

Berdasarkan pengumuman di atas, kalian dapat menyampaikannya secara lisan. Kalian dapat memberikan penekanan pada pokok-pokok penting pengumuman serta menggunakan kalimat yang lugas dan sederhana. Hal tersebut bertujuan agar pendengar dapat memahami isi pengumuman dengan jelas dan tidak terjadi kesalahan pemahaman.

Contoh penyampaian pokok-pokok dan urutan dalam pengumuman tersebut adalah berikut.
  • Diberitahukan kepada seluruh siswa, berkaitan dengan berakhirnya kegiatan belajar mengajar dan ujian semester satu, sekolah mengadakan kegiatan lomba olahraga antarkelas.
  • Lomba akan dilaksanakan selama satu minggu, yaitu tanggal 21-27 Mei 2007. Cabang lomba yang dipertandingkan meliputi lomba beregu dan perorangan.
Cabang lomba beregu yaitu:
  1. sepak bola futsal,
  2. voli,
  3. basket,
  4. tenis meja,
  5. bulu tangkis.
Adapun lomba perorangan diikuti peserta putra-putri meliputi cabang
  1. catur,
  2. bulu tangkis,
  3. tenis meja,
  4. lari.
Setiap kelas diwajibkan berpartisipasi dalam kegiatan tersebut sesuai dengan atlet yang dimiliki. Tempat pendaftaran lomba di kantor sekretariat OSIS, dimulai tanggal 16 dan ditutup tanggal 19 Mei 2007. Pendaftaran dilakukan pada jam istirahat. Kelas yang menjadi juara umum akan mendapatkan piala bergilir dari kepala sekolah.

Dalam menyampaikan pengumuman, pokok-pokok dan urutan dalam pengumuman harus benar-benar sampai kepada pendengar. Hal-hal yang perlu kalian perhatikan ketika menyampaikan pengumuman adalah sebagai berikut.
  1. Informasi dalam pengumuman tersebut sampai kepada pendengar secara jelas.
  2. Pemahaman pendengar terhadap isi pengumuman secara tepat dan benar.
Berkaitan dengan dua hal tersebut, maka dalam membacakan sebuah pengumuman, kalian harus benar-benar menyampaikannya dengan intonasi, lafal, serta artikulasi yang tepat.

Contoh Bentuk Teks Pengumuman Perlombaan
Berkenaan dengan peringatan Hari Jadi Kota Nusa Jaya, Pemerintah Daerah Kabupaten Nusa Jaya mengadakan lomba olahraga antarsekolah. Peserta lomba adalah siswa SMP dan MTs se-Kabupaten Nusa Jaya. Olahraga yang dipertandingkan adalah sepak bola, catur, voli, basket, bulu tangkis, tenis meja, dan lari. Lomba dibagi menjadi lomba beregu dan perorangan.

Pendaftaran tanggal 1-5 September 2007, di panitia lomba Hari Jadi Nusa Jaya, sekretariat Gedung Nusantara lantai 2 Kompleks Kantor Pemkab Nusa Jaya. Lomba dilaksanakan tanggal 9-13 September 2007. Tempat masing-masing lomba diberitahukan lebih lanjut. Setiap peserta wajib melampirkan surat pengantar dari masing-masing sekolah. Setiap juara akan mendapatkan uang pembinaan, trofi, dan piagam penghargaan.


Pengumuman merupakan suatu berita yang disampaikan kepada khalayak. Pengumuman disampaikan dengan bahasa yang lugas, santun, dan komunikatif, serta dengan intonasi yang tepat.

Sekian pembahasan tentang Kejelasan Menyampaikan Isi Pengumuman dan juga contoh pengumuman dan pembahasannya, jika bukan artikel ini yang sobat cari, mungkin materi dibawah ini dapat menjawabnya, selamat belajar!