A. Berilah tanda silang ( x ) pada huruf a, b, atau c di depan jawaban yang paling tepat!
1. Kita tidak boleh mementingan kepentingan ....
a. pribadi
b. orang lain
c. masyarakat
2. Teman yang kurang mampu harus kita ....
a. jauhi
b. orang lain
c. tolong
3. Kita harus bergaul dengan mteman yang ....
a. seagama
b. sedaerah
c. tidak membeda-bedakan satu sama lain
4. Salah satu contoh pengamalan nilai Sumpah Pemudaadalah ....
a. menghargai pendapat orang lain
b. tidak mau membantu teman yang sedang susah
c. tidak mengikuti upacara bendera
5. Pencipta lagu Indonesia Raya adalah ....
a. Muhammad Hatta
b. Ir. Soekarno
c. Wage Rudolf Supratman
6. Pertengkaran dapat menimbulkan ....
a. persaudaraan
b. perdamaian
c. perpecahan
7. Tokoh Sumpah Pemuda adalah ....
a. Mohammad Hatta
b. Mohammad Yamiin
c. Mohammad Husni Tamrin
8. Jiwa persatuan dan kesatuan dapat dikembangkan sejak....
a. masa kecil
b. masuk sekolah
c. masa remaja
9. Tidak membedakan suku bangsa, termasuk pengamalanPancasila, sila ....
a. Ketuhanan Yang Maha Esa
b. Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab
c. Persatuan Indonesia
10. Suku Sunda berasal dari Provinsi ....
a. Jawa Tengah
b. Jawa Barat
c. Jawa Timur
B. Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar!
1. Dalam persatuan tidak boleh mementingan kepentingan....
2. Persatuan dan kesatuan sesuai dengan Pancasila, sila ....
3. Lagu kebangsaan Indonesia Raya diciptakan oleh ....
4. Waktu upacara bendera, harus bersikap ....
5. Kebersamaan akan memperkokoh rasa....
C. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!
1. Siapa pencipta lagu Indonesia Raya?
2. Apa arti dari persatuan dan kesatuan?
3. Berikan 3 contoh penerapan nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari!
4. Sebutkan 3 contoh agar persatuan dan kesatuan tetap kokoh!
5. Mengapa kita perlu menerapkan persatuan dan kesatuan?
1. Kita tidak boleh mementingan kepentingan ....
a. pribadi
b. orang lain
c. masyarakat
2. Teman yang kurang mampu harus kita ....
a. jauhi
b. orang lain
c. tolong
3. Kita harus bergaul dengan mteman yang ....
a. seagama
b. sedaerah
c. tidak membeda-bedakan satu sama lain
4. Salah satu contoh pengamalan nilai Sumpah Pemudaadalah ....
a. menghargai pendapat orang lain
b. tidak mau membantu teman yang sedang susah
c. tidak mengikuti upacara bendera
5. Pencipta lagu Indonesia Raya adalah ....
a. Muhammad Hatta
b. Ir. Soekarno
c. Wage Rudolf Supratman
6. Pertengkaran dapat menimbulkan ....
a. persaudaraan
b. perdamaian
c. perpecahan
7. Tokoh Sumpah Pemuda adalah ....
a. Mohammad Hatta
b. Mohammad Yamiin
c. Mohammad Husni Tamrin
8. Jiwa persatuan dan kesatuan dapat dikembangkan sejak....
a. masa kecil
b. masuk sekolah
c. masa remaja
9. Tidak membedakan suku bangsa, termasuk pengamalanPancasila, sila ....
a. Ketuhanan Yang Maha Esa
b. Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab
c. Persatuan Indonesia
10. Suku Sunda berasal dari Provinsi ....
a. Jawa Tengah
b. Jawa Barat
c. Jawa Timur
B. Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar!
1. Dalam persatuan tidak boleh mementingan kepentingan....
2. Persatuan dan kesatuan sesuai dengan Pancasila, sila ....
3. Lagu kebangsaan Indonesia Raya diciptakan oleh ....
4. Waktu upacara bendera, harus bersikap ....
5. Kebersamaan akan memperkokoh rasa....
C. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!
1. Siapa pencipta lagu Indonesia Raya?
2. Apa arti dari persatuan dan kesatuan?
3. Berikan 3 contoh penerapan nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari!
4. Sebutkan 3 contoh agar persatuan dan kesatuan tetap kokoh!
5. Mengapa kita perlu menerapkan persatuan dan kesatuan?