Nilai-Nilai Luhur Budaya Indonesia

Budaya Indonesia sangat beragam. Budaya Indonesia mengandung nilai-nilai luhur. Setiap suku bangsa mempunyai nilai luhur budaya.

Kebudayaan Minangkabau mengandung nilai luhur tangguh dalam berdagang. Nilai luhur kebudayaan Bugis yaitu mandiri sehingga berani merantau sampai ke mancanegara. Nilai luhur kebudayaan Batak yaitu berani berterus terang dalam menyampaikan maksud sehingga tidak
menimbulkan salah faham.
Nilai-Nilai Luhur Budaya Indonesia
Nilai-Nilai Luhur Budaya Indonesia

Nilai luhur kebudayaan Jawa yaitu tekun bekerja. Nilai luhur kebudayaan Sunda yaitu lemah lembut tetapi pantang untuk ditaklukkan. Nilai-nilai luhur budaya suku bangsa Indonesia harus dipertahankan untuk kemajuan bangsa Indonesia. Permainan tradisional suku bangsa Indonesia selain menyenangkan anak-anak juga mengasyikkan.

Berbagai permainan tradisional yang sudah cukup dikenal antara lain congklak, bekel, lompat tali, gala ulung, hingga benteng-bentengan. Permainan tradisional selain asyik untuk dimainkan juga sarat akan nilai-nilai yang luhur. Congklak atau dakon misalnya, sebuah permainan kompetisi namun mengajarkan anak-anak untuk rajin menabung. Permainan benteng-bentengan yang selain dapat membuat fisik bugar juga menanamkan nilai-nilai kerja sama tim, kekompakan, dan berpikir strategis ketika harus menolong temannya yang ada di benteng musuh dan untuk memenangkan permainan.