Contoh Menentukan Isi Pesan Singkat pada Naskah Ilustrasi Hari Pahlawan

Contoh Menentukan Isi Pesan Singkat pada Naskah Hari Pahlawan - Pembahasan materi bahasa Indonesia untuk SMP kali ini akan mengangkat tema menulis pesan singkat yang sesuai dengan konteks teks ilustrasi yang diberikan, yang harus kalian pahami dalam menentukan atau menulis isi pesan singkat itu harus jelas dan mudah untuk dipahami maksud dari tulisannya.

Menentukan Isi Pesan Singkat dari Naskah Ilustrasi

Seperti pada contoh soal yang akan berikut ini dalam bentuk naskah yang nantinya harus dipahami pesan singkat yang ingin disampaikan dalam kalimat atau paragraf tersebut, untuk lebih jelas mengenai apa itu isi pesan singkat silahkan simak contoh soal berikut ini.
Contoh Menentukan Isi Pesan Singkat pada Naskah Ilustrasi Hari Pahlawan
Contoh Menentukan Isi Pesan Singkat pada Naskah Ilustrasi Hari Pahlawan

Contoh soal menentukan isi pesan singkat:
Bacalah ilustrasi berikut!

Sekolah akan mengadakan upacara dalam rangka memperingati Hari Pahlawan. Bu Fatmawati, kepala SMP Pelita mengirim pesan kepada pembina OSIS, Pak Jamil untuk melatih petugas upacara.

Pesan singkat yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah …
A. Pak Jamil, tolong siapkan petugas upacara untuk Hari Pahlawan!
B. Pak Jamil, tolong latih upacara pada upacara Hari Pahlawan!
C. Pak Jamil, tolong dilatih petugas upacara untuk persiapan upacara hari Senin depan!
D. Pak Jamil, tolong latih petugas upacara untuk persiapan upacara Hari Pahlawan!


Kunci Jawaban: D

Pembahasan contoh soal isi pesan singkat:
Isi pesan singkat harus singkat, jelas, dan mudah dipahami. Selain syarat tersebut, isi pesan singkat harus sesuai dengan ilustrasi tersebut.

Dengan membaca paragraf dari contoh soal diatas kalian akan memahami lewat pembahasan soal bahwa hal pokok yang menjadi pesan singkat yang kepala sekolah berikan yakni untuk melatih petugas upacara dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, dengan memahami inti kalimat dari paragraf tentunya sobat akan lebih mudah dalam menentukan isi pesan singkat yang di isyaratkan, selamat belajar!