Menentukan Karakteristik Bahasa dan Latar (waktu, tempat) Drama

Menentukan Perbedaan Penggunaan Bahasa Kedua Novel 

Indikator : Mengidentifikasi perbedaan karakteristik dua novel
Indikator Soal : Disajikan dua kutipan novel, siswa dapat menentukan perbedaan penggunaan bahasa kedua novel tersebut.

Soal :
Bacalah kedua kutipan novel berikut!

+-----------------------------------------------+
| Novel I                                       |
+-----------------------------------------------+
| Tuan De Busse terperanjat, lalu meletakkan    |
| koran yang hendak dibacanya, diatas           |
| siboannya, sambil memandang sejurus           |
| kepada anaknya, seolah-olah hendak            |
| diketahuinya sampai keisi-isi perutnya.       |
| Maka bertanyalah ia, "Pertanyaanmu itu        |
| buat bertanya-tanya sajalah atau adalah       |
| mengandung arti?" Corrie pun terkejut         |
| melihat laku ayahnya, lalu menyahutlah ia     |
| tergopoh-gopoh.                               |
+-----------------------------------------------+
| Novel II                                      |
+-----------------------------------------------+
| Pukul tiga siang Ratna dan ayahnya tiba di    |
| Stasiun Gambir. Pak Sumaji dengan istri       |
| dan anaknya sudah menunggu disana.            |
| Mereka membawakan barang-barang               |
| kebutuhan Ratna ke dalam mobil Kijang.        |
| "Ini gula batu, teh poci, dan tahu kuping,    |
| kesukaan Om dan Mama," ungkap Ratna           |
| kepada Tante Madji. Kamu buat tempat          |
| tinggal Ratna sudah disiapkan di lantai atas. |
+-----------------------------------------------+
 
Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua kutipan novel tersebut adalah ....
+---+-------------------------+-------------------------+
|   | Novel I                 | Novel II                |
+---+-------------------------+-------------------------+
| A | - bahasa sastra lama    | - bahasa sastra lama    |
|   | - bahasa mudah dipahami | - bahasa sulit dipahami |
+---+-------------------------+-------------------------+
| B | - bahasa sastra lama    | - bahasa modern         |
|   | - bahasa sulit dipahami | - bahasa mudah dipahami |
+---+-------------------------+-------------------------+
| C | - bahasa sulit dipahami | - bahasa mudah dipahami |
|   | - bahasa modern         | - bahasa sastra lama    |
+---+-------------------------+-------------------------+
| D | - bahasa sulit dipahami | - bahasa mudah dipahami |
|   | - bahasa modern         | - bahasa sastra lama    |
+---+-------------------------+-------------------------+
 

Kunci Jawaban: B


Pembahasan:
Kutipan novel I menggunakan bahasa sastra lama dan bahasanya sulit dipahami, sedangkan kutipan novel II menggunakan bahasa modern dan bahasanya mudah dipahami.
Menentukan Karakteristik Bahasa dan Latar (waktu, tempat) Drama
Menentukan Karakteristik Bahasa dan Latar (waktu, tempat) Drama

Menentukan Latar (waktu, tempat) Drama

Indikator : Mengidentifikasi unsur intrinsik drama
Indikator Soal : Disajikan kutipan drama, siswa dapat menentukan menentukan latar (waktu, tempat) drama tersebut.

Soal :
Bacalah kutipan naskah drama berikut!

Indah : Interupsi…. (sambil berdiri dan tatapan mata tajam) Saudara Adi, sekadar mengingatkan dan ruangan ini sebagai saksinya. Bukankah bakti sosial pernah kita laksanakan?
Adi : Maksud Saudari?
Indah : Kita kan sudah kumpulkan baju pantas pakai, buku, dan tetek bengek lainnya untuk kita sumbangkan di daerah itu. Mengapa harus ke daerah itu lagi?
Bukan begitu Saudara pimpinan rapat?
Banu : (mengangguk-angguk) Ya, ya....
Indah : Maksud Saudara?
Banu : Tidak ada masalah kalau daerah itu kita bantu lagi.

Latar tempat pada kutipan naskah drama tersebut adalah ....
A. ruang rapat
B. wilayah konflik
C. posko bencana
D. daerah bencana


Kunci Jawaban: C

Pembahasan:
Latar tempat tersirat dalam kalimat ruangan ini sebagai saksinya Bukan begitu? Saudara pimpinan rapat?