Menyusun Kalimat Acak dan Teks Pidato

Menyusun Kalimat yang di Acak

Indikator : Menyusun petunjuk melakukan sesuatu
Indikator Soal : Disajikan beberapa kalimat petunjuk melakukan sesuatu yang disusun secara acak, siswa dapat menentukan susunan yang tepat.

Soal :
Bacalah kalimat-kalimat berikut!
Langkah-langkah Menulis Cerpen
  • (1) Setelah data terkumpul, buatlah garis besar alur, tokoh, dan latar cerita.
  • (2) Periksalah ejaan, diksi, dan unsur-unsur kebahasaan lain serta memperbaikinya  jika terdapat kekeliruan sebagai langkah penutup.
  • (3) Kumpulkan data, keterangan, informasi, dokumen yang terkait dengan peristiwa  atau pengalaman yang mendukung tema dan menjadi sumber inspirasi cerita.
  • (4) Tentukan tema atau pokok permasalahan cerpen.
  • (5) Kembangkan garis besar cerita tersebut menjadi cerita utuh.
Agar menjadi petunjuk yang runtut, urutan yang tepat adalah ….
A. (1) – (3) – (2) – (5) – (4)
B. (3) – (4) – (1) – (5) – (2)
C. (4) – (3) – (1) – (5) – (2)
D. (5) – (2) – (1) – (4) – (5)


Kunci Jawaban: C

Pembahasan:
Petunjuk disusun secara runtut dengan menganut kelogisan berpikir yang antara lain ditandai dengan penanda kohesi.
Menyusun Kalimat Acak dan Teks Pidato
Menyusun Kalimat Acak dan Teks Pidato

Menentukan paragraf bagian pembuka teks pidato yang tepat

Indikator : Menulis teks pidato
Indikator Soal : Disajikan sebuah ilustrasi, siswa dapat menentukan paragraf bagian pembuka teks pidato yang tepat.

Soal : 
Bacalah ilustrasi berikut!

Sebagai salah satu upaya menghadapi ujian nasional, pihak sekolah mengundang motivator. Tujuan kegiatan itu adalah meningkatkan motivasi belajar siswa, sehingga siswa diharapkan dapat meraih prestasi yang maksimal di ujian nanti. Sebelum sang motivator tampil, Kepala Sekolah memberikan sambutan.

Pembuka teks pidato yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah…
A. Kegiatan ini diadakan agar kalian mempunyai semangat belajar menjelang UN. Dengan semangat belajar yang tinggi, Bapak berharap kalian dapat meraih nilai UN yang tinggi pula.

B. Demikian sambutan yang dapat Bapak sampaikan. Pesan Bapak, simak baik-baik apa yang nanti disampaikan motivator, sehingga kalian memperoleh manfaat dari kegiatan ini.

C. Ujian Nasional telah kalian laksanakan. Saatnya kita berdoa kepada Tuhan, semoga jawaban yang kalian pilih adalah yang benar, sehingga nilai yang dapat kalian raih maksimal.

D. Puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan kesehatan dan kesempatan kepada kita, sehingga kita dapat mengikuti pemberian motivasi ini.


Kunci Jawaban: D

Pembahasan:
Pembuka pidato berisi ucapan puji syukur, ucapan terima kasih atas diberi kesempatan.