Perkembangan Negara-Negara di Benua Australia

Secara astronomis Benua Australia terletak di antara 36 derajat LS - 43 derajat LS dan 113 derajat BT - 153 derajat BT. Benua Australia terletak di sebelah tenggara negara Indonesia. Benua ini terletak di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Batas-batas wilayahnya, sebagai berikut.
  • Sebelah utara: Laut Arafura
  • Sebelah barat: Samudra Hindia
  • Sebelah selatan : Samudra Hindia
  • Sebelah timur: Samudra Pasifik dan Laut Koral
Perkembangan Negara-Negara di Benua Australia
a. Pembagian Wilayah
Australia adalah benua terkecil di antara kelima benua lainnya dan sekaligus kepulauan terbesar di muka bumi. Benua Australia hanya terdiri atas satu negara, yaitu Australia. Australia terbagi menjadi 8 negara bagian, sebagai berikut.

No. Nama Negara Ibu kota Luas (km )
1 Australia Perth 2.525.500
2 Queensland Brisbane 1.727.200
3 Wilayah Utara Darwin 1.346.200
4 Australia Selatan Adelaide 984000
5 New South Wales Sydney 801600
6 Victoria Melbourne 227600
7 Tasmania Horbart 67800
8 Wilayah Ibukota Australia Canberra 2400
b. Keadaan Alam
Australia merupakan benua yang paling rata di dunia. Hampir seluruh wilayahnya merupakan plato yang tidak terlalu tinggi dari permukaan laut. Wilayah alamnya terbagi menjadi 3 bagian, yaitu :


1) Busur Pembagi Besar
Wilayah ini sangat subur dan merupakan sumber air utama bagi Benua Australia yang merupakan benua terkering di dunia. Di wilayah ini terdapat Sungai Murray, yang merupakan sungai terbesar di Australia, dengan anak-anak sungainya, yaitu Sungai Darling, Sungai Murrumbidgee, dan Sungai Lachlan.

Wilayah ini merupakan lahan pertanian yang sangat subur dan tempat peternakan biri-biri yang sangat luas. Di Australia terdapat Karang Penghalang Besar, yaitu terumbu karang terpanjang di dunia (2.010 km).

2) Dataran Rendah Tengah
Wilayah ini berupa padang rumput yang luas. Air sangat sulit ditemukan dan terlalu banyak mengandung garam dan mineral. Di sini terdapat Danau Eyre, danau garam yang kering sepanjang tahun.

3) Plato Barat Besar
Wilayah ini sebagian besar berupa padang pasir, di antaranya Padang Pasir Besar, Gibson, dan Victoria Besar. Wilayah yang meliputi separuh Benua Australia ini sangat kaya dengan mineral, seperti : timbel, seng, perak, tembaga, nikel, dan emas.

c. Penduduk
Penduduk asli Australia adalah Suku Aborigin. Saat ini, Australia berpenduduk sekitar 17.288.000 sebagian besar dari mereka beragama Anglikan, Protestan, dan Katolik Roma. Bahasa Inggris merupakan bahasa utama.

d. Hasil Utama
Hasil-hasil utama dari Negeri Kanguru ini, antara lain:
  1. Pertambangan; batu bara, timbel, besi, tembaga, seng, emas, rutil, dan tungsten.
  2. Pertanian; gandum, daging, wol, mentega, keju, dan buah-buahan.
  3. Industri; pengolahan makanan, besi baja, kendaraan bermotor, peralatan berat, peranti listrik, dan bahan kimia.