Contoh Bentuk Kerja Sama Negara-negara di Kawasan Asia Tenggara

Contoh Bentuk Kerja Sama Negara-negara di Kawasan Asia Tenggara - Kerjasama antar-negara di kawasan wilayah Asia Tenggara dimulai dari sebuah pertemuan para pemimpin negara di wilayah Asia Tenggara di kota Bangkok pada tanggal 8 Agustus 1967. Didalam pertemuan tersebut terbentuklah sebuah bentuk kerja sama melalui hasil keputusan Deklarasi Bangkok yang disebut ASEAN (Association of South East Asian Nations). Deklarasi tersebut didasarkan atas keinginan bersama bangsa-bangsa di Asia Tenggara untuk mandiri. Deklarasi tersebut ditandatangani oleh Menlu Adam Malik dari Indonesia, Menlu Tun Abdul Razak dari Malaysia, Menlu Narcisco Ramos dari Filipina, Menlu S. Rajaratman dari Singapura, dan Menlu Thanat Khoman dari Thailand.
Contoh Bentuk Kerja Sama Negara-negara di Kawasan Asia Tenggara
Contoh Bentuk Kerja Sama Negara-negara di Kawasan Asia Tenggara
Dasar pertimbangan pembentukan ASEAN sebagaimana tercantum dalam Deklarasi Bangkok adalah berikut ini.
  1. Negara-negara di Asia Tenggara mempunyai tanggung jawab utama memperkuat stabilitas ekonomi dan sosial di kawasan Asia Tenggara dan menjaga perdamaian serta kemajuan perkembangan negara mereka masing-masing.
  2. Bertekad untuk menjamin stabilitas dan keamanan dalam menghadapi campur tangan asing dalam segala bentuk serta memelihara kepribadian nasional masing-masing sesuai dengan cita-cita dan aspirasi rakyat mereka.
Sehubungan dengan hal tersebut, dalam pembentukannya, ASEAN memiliki tujuan dasar berikut ini.
  1. Meningkatkan pertumbuhan dan kemajuan ekonomi, kemajuan sosial, dan perkembangan kebudayaan melalui usaha bersama bagi bangsabangsa Asia Tenggara yang makmur dan damai.
  2. Meningkatkan kinerja yang lebih efektif untuk mencapai daya guna yang lebih besar dalam bidang pertanian, industri, dan perdagangan regional serta internasional untuk mempertinggi taraf hidup rakyat.
Dalam perjalanan organisasi ASEAN, dimasa ini hampir seluruh negara di wilayah Asia Tenggara telah masuk gabung dengan ASEAN. Hanya ada satu negara yang saat ini masih belum bergabung dengan ASEAN yaitu negara Timor Leste. Hal ini terjadi karena Timor Leste baru saja memperoleh kemerdekaan. Akan tetapi, baru-baru ini telah diupayakan keikutsertaan negara Timor Leste menjadi anggota ASEAN.

   Jendela Info      Sebagai suatu bentuk kerja sama kawasan regional negara-negara Asia Tenggara, ASEAN juga mengadakan hubungan dengan Masyarakat Ekonomi Eropa (MEE) dalam bidang perdagangan dan industri. Untuk mengambil sikap bersama dan konsultasi antarnegara dibentuklah ACCAN (Apecial Coordinating Committee of ASEAN) sebagai badan yang merundingkan hubungan dagang yang lebih baik antara ASEAN dengan MEE.

Rangkuman Kondisi Fisik dan Sosial Negara Negara-Negara di Kawasan Asia Tenggara

Negara di kawasan Asia Tenggara meliputi Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, Thailand, Filipina, Myanmar, Laos, Kamboja, dan Timor Leste.

Secara astronomis wilayah Asia Tenggara terletak antara 28o LU – 11o LS dan 95o BT – 141o BT, sedangkan secara geografis terletak di antara Benua Asia dan Benua Australia dan di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Hampir sebagian besar kawasan Asia Tenggara berada di zona iklim tropis, kecuali negara Myanmar yang sebagian wilayahnya (bagian Utara) beriklim subtropis.

Kawasan Asia Tenggara terdiri atas negara-negara yang hampir semuanya termasuk di kategori kelompok negara berkembang yang secara umum memiliki karakteristik fisik serta sosial yang hampir sama. Namun demikian masing-masing negara memiliki potensi serta kendala yang berbeda-beda. Oleh karena itu kita sebagai generasi muda penerus bangsa harus mampu ikut andil mengembangkan potensi yang ada serta mengelola kendala menjadi suatu kesempatan yang dapat mendorong kemajuan negara kita agar sejajar dengan negara-negara lain yang lebih maju. Selain itu kita sebagai bagian dari penduduk yang hidup di negara yang merupakan bagian dari kawasan Asia Tenggara harus mengembangkan sikap bersahabat, tenggang rasa, saling membantu dan saling menghormati negara lain agar dapat hidup berdampingan dengan negara lain dalam satu kawasan.

Bentang alam negara-negara di kawasan Asia Tenggara sangat bervariasi dari dataran rendah, dataran pantai, basin, dataran tinggi dan pegunungan. Secara geologis, kawasan Asia Tenggara merupakan pertemuan jalur pegunungan Muda Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediteran sehingga kawasan Asia Tenggara memiliki banyak gunung api.

Kawasan Asia Tenggara merupakan salah satu kawasan yang memiliki keanekaragaman sumber daya alam seperti flora dan fauna, sumber daya laut, serta sumber daya mineral. Selain itu kawasan Asia Tenggara juga memiliki potensi sumber daya manusia yang besar dari segi kuantitas serta kualitas.

Kondisi sosial ekonomi negara-negara Asia Tenggara sebagian besar masih bercorak agraris dan termasuk kelompok negara berkembang yang masyarakatnya mendiami daerah pedesaan, kecuali negara Singapura yang sudah bercorak industri. Keadaan penduduk secara umum terdiri atas multietnis dan beragam kebudayaan serta agama.

Berdasarkan latar belakang yang sama serta serasa senasib dan sepenanggungan negara-negara di wilayah Asia Tenggara membentuk sebuah organisasi kerjasama di berbagai bidang (ekonomi, sosial dan budaya) yang dikenal bernama ASEAN (Association of South East Asian Nations).

Sekian pembahasan materi tentang Contoh Bentuk Kerja Sama Negara-negara di Kawasan Asia Tenggara semoga memberi manfaat.