Letak, Luas, Batas, Kondisi Fisik, Kondisi Sosial dan Karakteristik Benua Amerika

Letak, Luas, Batas, Kondisi Fisik, Kondisi Sosial dan Karakteristik Benua Amerika -Tidak Sedikit orang menafsirkan Benua Amerika yang merupakan negeri Amerika Serikat, padahal negeri Amerika Serikat hanyalah bidang dari wilayah Benua Amerika yg terletak di sektor Utara. Adapun negara-negara di sektor Selatan Benua Amerika lebih dikenal bersama sebutan negara-negara Amerika Latin.

Letak, Luas, Batas, Kondisi Fisik, Kondisi Sosial dan Karakteristik Benua Amerika

a . Letak, Luas, dan Batas Benua Amerika

Amerika merupakan benua terbesar ke-2 yang terletak di belahan bumi wilayah Barat. Secara astronomis, benua ini terletak antara 80 LU - 56 LS dan 170 BB – 36 BB. Bentuk kawasannya yang memanjang ini seolah-olah menghubungkan daerah Kutub Utara dengan Kutub Selatan. Luas wilayah daratannya mencapai 41.825.581 km atau sekitar 28,1 dari seluruh luas wilayah daratan dunia dengan batas-batas berikut ini.
  1. Wilayah Utara berbatasan dengan Laut Arktik dan kawasan Kutub Utara.
  2. Wilayah Timur berbatasan dengan Samudra Atlantik.
  3. Wilayah Barat dan Selatan berbatasan dengan Samudra Pasifik.
Letak, Luas, Batas, Kondisi Fisik, Kondisi Sosial dan Karakteristik Benua Amerika
Letak, Luas, Batas, Kondisi Fisik, Kondisi Sosial dan Karakteristik Benua Amerika

b. Kondisi Fisik Benua Amerika

Secara geografis, Benua Amerika dapat dibagi menjadi tiga kawasan, yaitu kawasan Amerika Utara, kawasan Amerika Tengah, dan kawasan Amerika Selatan. Ketiga kawasan tersebut mempunyai karakteristik yang berbeda satu sama lain.
  • 1 ) Iklim Benua Amerika
Wilayah Benua Amerika yang bersifat meridian menjadikan benua ini memiliki semua jenis iklim matahari berikut ini.
a) Iklim tropis: terdapat di kawasan Amerika Selatan, tepatnya di kawasan Lembah Amazone (Brasil).
b) Iklim subtropis: terdapat di kawasan Amerika Serikat (Amerika Utara) dan di kawasan Argentina (Amerika Selatan).
c) Iklim dingin: terdapat di bagian Utara, yaitu di Alaska (Amerika Serikat) dan bagian Utara Kanada.

Selain itu, terdapat juga iklim kontinental di bagian tengah benua, baik di wilayah Utara maupun di wilayah Selatan, serta terdapat juga iklim laut di kawasan Amerika Tengah, khususnya di Kepulauan Karibia dan di wilayah-wilayah sepanjang pantai.
  • 2 ) Gurun Benua Amerika
Benua Amerika juga memiliki wilayah gurun, meskipun wilayahnya tidak seluas gurun di Benua Asia. Gurun yang terdapat di Benua Amerika, yaitu Gurun Great Basin, Gurun Mojave, Gurun Sonora, dan Gurun Chihuahua yang kesemuanya berada di wilayah Benua Amerika bagian Utara.

   Jendela Info      Meskipun merupakan kawasan terkering di dunia, Gurun Atacama pernah menjadi perebutan antara negara Bolivia, Peru, dan Cile di akhir abad I (antara tahun 1879 sampai 1883). Perebutan wilayah terjadi setelah diketahui bahwa wilayah gurun ini memiliki kandungan nitrat dan tembaga yang berlimpah.

Adapun gurun yg berada di wilayah Benua Amerika bidang Selatan, merupakan Gurun Atacama di Cile ( 140.000 kilo meter) sbg gurun terkering di dunia & Gurun Patagonia di perbatasan Cile hingga Argentina ( 673.000 km). Tidak Sama dgn keadaan gurun di kawasan Asia yang kebanyakan datar, gurun di Benua Amerika rata rata berbentuk pegunungan tandus.
  • 3 ) Gunung dan pegunungan Benua Amerika
Salah satu ciri utama Benua Amerika yaitu mempunyai ciri fisik berupa rantai pegunungan yg membujur dari Alaska di sektor Utara sampai di Pegunungan Tierra del Fuego di sektor Selatan. Rangkaian pegunungan tersebut menghimpun barisan pegunungan, seperti Pegunungan Brooks, Pegunungan Alaska, Pegunungan Mc.Kenzie, Pegunungan Pantai, Pegunungan Rocky, Pegunungan Sierra Ne ada, & Pegunungan Sierra Madre di kawasan Pantai Barat Amerika Utara, sedangkan Pegunungan Andes membentang di sepanjang Pantai Barat Amerika Selatan. Barisan pegunungan tersebut mempunyai tidak sedikit gunung api aktif, salah satu rute gempa bumi aktif didunia. Puncak paling tinggi berada di kawasan pegunungan Selatan yakni di Gunung Aconcagua (6.959 meter). diluar itu, terdapat pula pegunungan di sektor Timur Benua Amerika, adalah Pegunungan Appalachia (Amerika Utara) & Pegunungan Espinhaco (Amerika Selatan).
  • 4 ) Sungai dan danau Benua Amerika
Sungai-sungai besar di Benua Amerika, ialah Sungai Amazone (6.515 kilo meter) di Brasil yakni sungai terpanjang ke-2 di dunia, Sungai Mississippi (6.020 kilo meter), & Sungai Mc.Kenzie (4.250 kilo meter). Tidak Cuma itu, terdapat pula Sungai Colorado dimana alirannya mengikis lapisan batuan & menyisakan pemandangan alam indah yang dinamakan Grand Canyon di Arizona.

Benua Amerika mempunyai tidak sedikit danau luas, seperti Danau Superior ( 83.270 kilometer) adalah danau terluas ke-2 di dunia, Danau Huron, Danau Michigan, Danau Great Bear, Danau Great Slave, Danau Erie, Danau Winnipeg, & Danau Ontario. Danau-danau tersebut berada di Benua Amerika bidang Utara, sedangkan di Benua Amerika sektor Selatan tidak terdapat danau besar hanya beberapa danau kecil, seperti Danau Titicaca, Danau Paopo, Danau Sao Paolo, & Danau Reprosa De Furnas.
  • 5 ) Dataran tinggi dan dataran rendah Benua Amerika
Dataran tinggi yaitu Dataran Tinggi Guyana di perbatasan Guyana - Suriname dan Dataran Tinggi Mattogrosso di Brasil. Selain itu, di kawasan Amerika Tengah juga terdapat Plato Tengah Meksiko yang bentuknya semakin melandai ke arah Utara serta Dataran Tinggi Colorado (Amerika Utara). Adapun dataran rendah terdapat di Amerika Utara bagian tengah, yaitu di kawasan Kanada, bagian tengah Amerika Serikat yang disebut Great Plain di Lembah Sungai Mississippi, serta Dataran Tinggi Anahuac di Meksiko. Sementara itu di Amerika Selatan, dataran rendahnya terdapat di Lembah Sungai Amazone (Brasil), Grand Chaco, dan Lembah Sungai Parana di Argentina.
  • 6 ) Flora dan fauna Benua Amerika
Flora di kawasan Amerika Utara didominasi oleh padang rumput hijau (prairi) yang kini telah dimanfaatkan untuk lahan pertanian yang subur. Selain itu, terdapat pula tumbuhan khas daerah tundra berupa hutan konifera (berdaun jarum) dan tumbuhan semusim lainnya. Di wilayah Amerika Tengah mulai terdapat ariasi tanaman, di daerah Karibia terdapat hutan tropis yang diselingi padang rumput dan pohon pinus tropis, sedangkan di daerah kering hanya dijumpai semak dan pohon yang dapat meranggas.

Wilayah Amerika Selatan didominasi oleh hutan hujan tropis yang lebat, bahkan kawasan Lembah Sungai Amazon merupakan kawasan hutan hujan tropis terlebat di dunia. Hal ini tentu saja menyediakan habitat untuk berbagai ariasi fauna yang hidup di dalamnya. Fauna endemik di daerah ini adalah ikan piranha dan burung macau di hutan Amazone. Adapun hewan khas Amerika Utara adalah bison, beruang kutub, penguin, dan ikan salmon.

c. Kondisi Sosial Benua Amerika

Masyarakat asli benua Amerika yakni orang Indian & Eskimo. Mereka diperkirakan berasal dari Asia yg datang lewat Selat Bearing. Dalam perkembangannya, orang Eskimo mendiami kawasan Utara yg dingin, sedangkan orang Indian mendiami sektor tengah & Selatan. Kemudian berangsur-angsur benua ini didatangi beberapa orang dari Eropa, Asia, & Afrika.
Letak, Luas, Batas, Kondisi Fisik, Kondisi Sosial dan Karakteristik Benua Amerika
Letak, Luas, Batas, Kondisi Fisik, Kondisi Sosial dan Karakteristik Benua Amerika

Kehadiran beberapa orang dari beraneka ras tersebut menyebab-kan Amerika mempunyai warga ras campuran, contohnya Ras Mulato (percampuran kulit hitam dgn kulit putih), Ras Zambo (percampuran kulit merah atau Indian bersama kulit hitam), Ras Mestizo (percampuran kulit putih bersama kulit merah), & Ras Kreol (orang kulit putih yg jadi pribumi di Amerika Selatan).

d. Karakteristik Benua Amerika

Benua Amerika mempunyai ciri khas yg sanggup membedakan dari benua-benua lain yg ada di muka bumi ini. Berikut ini karakteristik benua Amerika dari sekian banyak ciri khas Benua Amerika.
  1. Benua Amerika yaitu benua yg berbentuk meridian (memanjang dari Utara ke Selatan).
  2. Benua Amerika mempunyai air terjun paling tinggi, adalah air terjun Angel (1.000 meter)  terletak di Venezuela.
  3. Benua Amerika mempunyai air terjun dgn debit air paling besar didunia, yakni air terjun Guaira di Brasil (13.310 m /detik).
  4. Benua Amerika mempunyai gunung api aktif teratas, merupakan Gunung Ojos de Salado (6.908 meter).
  5. Benua Amerika mempunyai tanah genting & terusan di Panama (Amerika Tengah) yg menghubungkan Samudra Atlantik & Samudra Pasifik.
  6. Benua Amerika mempunyai peninggalan bersejarah, seperti piramida bangsa Inca.
  7. Benua Amerika mempunyai lembah sungai terluas, adalah Lembah Sungai Amazon (7.045.000 kilo meter).
  8. Benua Amerika mempunyai area terkering di dunia, merupakan Gurun Atacama, Cile.
  9. Benua Amerika mempunyai ngarai paling besar di dunia, ialah Grand Canyon di Colorado, Arizona.
   Baca Juga     Letak, Luas, Batas, Kondisi Fisik, Kondisi Sosial dan Karakteristik Benua Eropa
  Sekian artikel tentang Letak, Luas, Batas, Kondisi Fisik, Kondisi Sosial dan Karakteristik Benua Amerika semoga memberi manfaat.