Menentukan Keistimewaan dan Hal yang Dapat Diteladani pada Tokoh

Soal : Menentukan keistimewaan tokoh

Indikator : Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan
Indikator Soal : Disajikan kutipan biografi tokoh, siswa dapat menentukan keistimewaan tokoh tersebut.

Bacalah kutipan biografi tokoh berikut!

Pramudya Ananta Toer menjadi penulis produktif di masa kemerdekaan. Ia menulis beberapa novel dan cerita singkat yang mengangkat namanya, seperti Keluarga Gerilya, Subuh, Pertjintaan Revolusi, Cerita dari Blora, dan Tjerita dari Djakarta. Belasan buku karya Pram telah diterjemahkan ke lebih dari 30 bahasa dunia, termasuk Jerman, Jepang, Rusia, dan Inggris. Pernah oleh majalah Time, Pram dinobatkan sebagai salah satu Asian Heroes. Sementara Los Angeles Time menjulukinya Albert Camus Indonesia, dan termasuk 100 pengarang dunia yang karyanya wajib dibaca sejajar dengan John Steinbejk dan Graham Greene.

Keistimewaan tokoh tersebut adalah ....
A. termasuk 100 pengarang dunia
B. penulis novel dan cerita singkat
C. seorang pengarang yang produktif
D. dijuluki Albert Camus Indonesia

Kunci Jawaban: A

Pembahasan:
Keistimewaan seseorang merupakan sesuatu yang khas dan tidak semua orang memilikinya. Dalam hal ini, beliau termasuk 100 pengarang dunia yang karyanya wajib dibaca sejajar dengan John Steinbejk dan Graham Greene.
Menentukan Keistimewaan dan Hal yang Dapat Diteladani pada Tokoh
Menentukan Keistimewaan dan Hal yang Dapat Diteladani pada Tokoh

Soal : Hal yang dapat diteladani pada tokoh

Indikator : Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan
Indikator Soal : Disajikan kutipan biografi tokoh, siswa dapat menentukan hal yang dapat diteladani pada tokoh tersebut.

Bacalah kutipan biografi berikut!

(1)R.M. Padmosantjojo merupakan seorang dokter yang dikenal sebagai pribadi yang sederhana dan tidak mau menonjolkan diri.(2) Anak seorang pegawai tinggi jawatan kereta api zaman Belanda ini lulus Fakultas Kedokteran UI tahun 1963. (3)Ia pernah sebagai dokter pribadi Presiden Soekarno dalam ahli bedah saraf. (4)Padmo dikenal sangat telaten dan sabar dalam menjalankan tugasnya. (5)Kesabaran ini membuahkan prestasi besar ketika ia berhasil memisahkan kembar siam Yuliana dan Yuliani pada 21 Oktober 1987.

Sikap tokoh R.M. Padmosantjojo yang patut diteladani pada kutipan bacan tersebut terdapat pada kalimat nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (1) dan (4)
D. (1) dan (5)

Kunci Jawaban: C

Pembahasan:
Keteladanan seorang tokoh merupakan sifat/perilaku baik yang layak ditiru. Di antara empat pilihan, hanya pilihan (C) yang merupakan teladan dan patut dicontoh.