Negara-Negara di Kawasan Samudra

Negara-Negara di Kawasan Samudra - Pada umumnya, orang hanya mengetahui letak-letak negara di benua. Akan tetapi, sebenarnya ada beberapa negara di kawasan samudra yang keberadaannya terpisah dari benua. Negara-negara tersebut pada umumnya berupa negara kepulauan. Dari berbagai samudra yang ada di dunia, hanya Samudra Pasifik yang memiliki gugusan kepulauan yang membentuk suatu kawasan negara, yaitu kawasan negara-negara Oceania. Kawasan Oceania terletak di perairan bagian tengah dan Barat Daya Samudra Pasifik yang membentuk gugusan Melanesia, Mikronesia, dan Polynesia.

Negara-Negara di Kawasan Samudra

Oceania merupakan kawasan kepulauan yang terbentang luas di wilayah Samudra Pasifik. Terletak di antara pantai Tenggara Asia hingga bagian tengah Samudra Pasifik. Kawasan ini memiliki lebih dari 25.000 pulau yang tersebar di bagian Barat dan tengah Samudra Pasifik. Batas wilayah Oceania adalah Kepulauan Hawaii (Amerika Serikat) di bagian Utara, Pulau Paskah di sebelah Timur, Selandia Baru di sebelah Selatan, dan Kepulauan Palau dan Selandia Baru di bagian Barat. Secara garis besar, Oceania dapat dibagi menjadi tiga wilayah utama berikut ini.
Negara-Negara di Kawasan Samudra
Negara-Negara di Kawasan Samudra

  • Melanesia meliputi daerah di bagian Utara dan Timur pantai Australia (meliputi Papua Nugini, Kepulauan Solomon, Vanuatu, Fiji, dan Kaledonia Baru).
  • Mikronesia meliputi gugusan pulau kecil dan atol yang tersebar luas di sebelah Utara Melanesia dan Timur Asia. Mempunyai empat kelompok kepulauan utama, yaitu Kepulauan Karolina, Kepulauan Mariana, Kepulauan Marshall, dan Kepulauan Gilbert.
  • Polynesia merupakan wilayah terbesar di kawasan Oceania. Terletak di tengah dan bagian Selatan Pasifik. Wilayahnya mencakup pulau-pulau di Timur Melanesia dan di Selatan garis khatulistiwa, seperti Tu alu, Tonga, Samoa, Samoa Amerika, Kepulauan Cook, Polynesia Prancis, Kepulauan Austral, Pulau Pitcaim, Selandia Baru, dan Pulau Paskah.

   Jendela Info    Melanesia berasal dari kata mela artinya gelap dan nesos/nesia artinya pulau. Hal ini mengacu pada warna kulit penduduk setempat yang pada umumnya kecokelatan. Micronesia berasal dari kata micro artinya kecil dan nesos/nesia artinya pulau. Hal ini mengacu pada ukuran dari Kepulauan Micronesia yang kecil dan banyak atol. Polynesia berasal dari kata poly artinya banyak dan dan nesos/nesia artinya pulau. Hal ini mengacu pada banyaknya jumlah pulau di wilayah Polynesia.  

Negara di Benua Australia

Negara Australia dibagi menjadi 6 negara bagian dan 2 wilayah teritorial. Berikut ini keenam negara bagian dan kedua wilayah teritorial.
Negara Bagian New South Wales Ibukota Sidney Luas (km²) 801.600
Negara Bagian Victoria Ibukota Melbourne Luas (km²) 227.600
Negara Bagian Queensland Ibukota Brisbane Luas (km²) 1.727.200
Negara Bagian Australia Barat Ibukota Perth Luas (km²) 2.525.500
Negara Bagian Australia Selatan Ibukota Adelaide Luas (km²) 984.000
Negara Bagian Tasmania Ibukota Hobart Ibukota Hobart Luas (km²) 67.800
Negara Bagian Australia Utara Ibukota Darwin Luas (km²) 1.346.200
Negara Bagian Ibukota Australia Ibukota Canberra Luas (km²) 2.400

Rangkuman Benua dan Samudra

Permukaan bumi dapat dibedakan atas permukaan bumi daratan (benua) dan permukaan bumi lautan (samudra). Benua adalah daratan luas yang berada di permukaan bumi. Benua di permukaan bumi terdiri atas Benua Asia, Afrika, Amerika, Eropa dan Australia (benua yang dihuni manusia) serta Benua Antartika (tidak dihuni manusia).

Samudra adalah ketampakan muka bumi yang berupa perairan yang sangat luas. Samudra dapat di bagi atas Samudra Pasifik, Atlantik, Hindia, dan Arktik. Benua Asia merupakaan benua terluas di dunia. Benua Asia terbagi atas beberapa kawasan yaitu Asia Barat, Asia Selatan, Asia Tenggara, Asia Timur, dan Asia Utara. Benua Asia memiliki ariasi bentang alam yang meliputi gurun, gunung/pegunungan, dataran tinggi, dan dataran rendah. Puncak tertinggi adalah Mount Everest (8.848 meter) yang merupakan puncak tertinggi di dunia.

Benua Amerika merupakan benua terbesar kedua yang bentuk wilayahnya menghubungkan daerah Kutub Utara dan Kutub Selatan. Secara geografis Benua Amerika dibagi menjadi tiga kawasan, yaitu kawasan Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Bentang alam yang ada cukup ber ariasi meliputi gurun, sungai, danau, dataran tinggi dan juga dataran rendah serta rangkaian pegunungan yang membujur dari Utara ke Selatan.

Benua Afrika dikenal dengan julukan Benua Hitam dengan luas wilayah hampir seperlima dari luas wilayah daratan dunia. Sebagian besar wilayahnya merupakan dataran tinggi dan bergurun. Gurun Sahara merupakan gurun terluas di dunia. Puncak tertinggi di Afrika adalah Gunung Kilimanjaro (5.894 meter). Sementara kawasan subur berada di dataran rendah Lembah Sungai Nil dan Sungai Zaire. Benua Afrika dibagi menjadi lima kawasan yaitu kawasan Afrika Barat, Afrika Selatan, Afrika Timur, Afrika Tengah, dan Afrika Utara.

Benua Eropa adalah benua yang seluruh wilayahnya berada di belahan bumi Utara, terdiri atas lima kawasan yaitu kawasan Eropa Barat, Eropa Tengah, Eropa Selatan, Eropa Timur dan Eropa Utara. Bentang alam bervariasi dengan puncak tertinggi Gunung Elbrus (5.633 m).

   Baca Juga      Karakteristik Samudra Pasifik, Samudra Atlantik, Samudra Hindia dan Samudra Arktik  
 
Benua Australia merupakan benua terkecil di dunia yang wilayah daratannya semua terletak di belahan bumi Selatan. Benua Australia hanya  terdiri atas satu negara yang dibagi menjadi 6 negara bagian yaitu New South Wales, Victoria, Queensland, Australia Barat, Australia Selatan, dan Tasmania serta 2 wilayah teritorial yaitu wilayah Australia Utara dan wilayah ibukota Australia.

Sekian pembahasan materi Negara-Negara di Kawasan Samudra semoga bermanfaat.