Contoh (Cara) Menulis Iklan Baris

Contoh (Cara) Menulis Iklan Baris - Pada pembahasan artikel sebelumnya, dan kalian tentu telah mempelajari mengenai opini dan fakta yang terdapat dalam iklan. Selain dapat memahami iklan yang kalian baca, kalian juga harus dapat menulis iklan. Kali ini kita akan mencoba berlatih bagaimana caranya menulis sebuah iklan baris, sesuai kepentingan sang pemasang iklan.

Contoh (Cara) Menulis Iklan Baris

Jika kita mencermati gaya penulisan iklan baris di berbagai media cetak atau surat kabar, jarang sekali kita jumpai iklan yang ditulis dengan lengkap, karena memang ada aturan-aturan baku yang mengatur mengenai batasan panjang pendeknya sebuah iklan baris. Aturan yang disepakati secara umum adalah iklan baris terpendek minimal 2 baris dan panjang maksimal adalah 10 baris.

Apabila iklan yang akan kita tuliskan ternyata lebih dari 10 baris, maka penulisannya harus diringkas atau disingkat lagi atau diubah formatnya menjadi iklan kolom. Sebelum berlatih menulis iklan baris, perhatikanlah beberapa daftar singkatan yang sering dipergunakan dalam menulis iklan baris berikut!
Menulis Iklan Baris
Menulis Iklan Baris

1. CPT Singkatan dari Cepat
2. RMH Singkatan dari Rumah
3. LT Singkatan dari Luas Tanah
4. LB Singkatan dari Luas Bangunan
5. TU Singkatan dari Tempat Usaha
6. Gdng Singkatan dari Gudang
7. SHM Singkatan dari Sertifikat Hak Milik
8. Lt. Singkatan dari Lantai
9. Bb bjr Singkatan dari Bebas banjir
10. Dkt kota Singkatan dari Dekat Kota
11. Brg Singkatan dari Barang
12. Mrh Singkatan dari Murah
13. H. Maestro Singkatan dari Honda Maestro
14. Bl Singkatan dari Bulan
15. Py Spd Mtr Singkatan dari Punya sepeda motor
16. Pnpln Singkatan dari Penampilan
17. Lmr Singkatan dari Lamaran
18. Krdt Singkatan dari Kredit
19. dtg Singkatan dari datang
20. Kav Singkatan dari Kavling
21. HM Singkatan dari Hak Milik
22. TNH Singkatan dari Tanah
23. DCR Singkatan dari Dicari
24. Pros Singkatan dari Proses
25. Ng Singkatan dari Nego
26. Sgr Singkatan dari Segera
27. Orsn Singkatan dari Orisinil
28. ISTW Singkatan dari Istimewa
29. Hrg Singkatan dari Harga
30 Lht Singkatan dari Lihat
31. Jm/Hari Singkatan dari Jam/Hari
32. Sgl Singkatan dari Segala
33. Ltr blk Singkatan dari Latar Belakang
34. Mnrk Singkatan dari Menarik
35. krm Singkatan dari Kirim
36. PS Singkatan dari Playstation

Setelah memerhatikan beberapa daftar singkatan untuk menulis iklan baris di atas, perhatikanlah ilustrasi berikut beserta penjelasannya sebagai bahan referensi kalian mengenai proses menulis iklan baris!

Kakakmu baru saja pulang dari Malaysia. Ia seorang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja sebagai karyawan salah satu pabrik di Malaysia. Namun, sekarang kakakmu tidak mau kembali ke Malaysia. Kakakmu ingin membuka usaha sendiri. Kakakmu ingin membuka tempat grosir busana. Agar dapat segera diketahui oleh masyarakat umum, kakakmu menyampaikan informasi penjualan barang tersebut dalam bentuk iklan baris di surat kabar. Sebelum menulis iklan secara lengkap, perlu didaftar terlebih dahulu butir-butir yang akan dituliskan di dalam iklan.

Adapun butir-butir dari iklan yang akan dituliskan kakakmu tersebut, misalnya berikut.
1. Nama tempat Lily
2. Menawarkan grosir busana
3. Jenis:
  • batik
  • babydoll
  • kemeja
  • celana
  • kaos
4. Barang dapat dikirim ke seluruh Indonesia
5. Hubungi: 08133942716

Setelah mendaftar butir-butir yang perlu dicantumkan dalam iklan, iklan tersebut dapat ditulis sebagaimana berikut.

USAHA
Lily grosir Batik, babydoll, kmj,
cln, kaos, bs krm slrh Ind.
Hub. 08133942716

Iklan baris di atas ditulis dengan singkat, jelas, dan hemat. Terdapat beberapa singkatan yang lazim digunakan, sehingga pembaca tidak kesulitan dalam memahami iklan tersebut. Singkatan kata tersebut adalah kmj (kemeja); cln (celana); bs (bisa); krm (kirim); slrh (seluruh); dan Ind (Indonesia).

Dengan berbekal singkatan di atas, kalian dapat membaca iklan baris secara lengkap. Pembacaan iklan baris di atas adalah dibuka Grosir Lily yang menjual batik, babydoll, kemeja, celana, kaus. Bisa kirim ke seluruh Indonesia. Hubungi 08133942716.

Setelah membaca iklan tersebut, kalian dapat memahami isinya.

Isi iklan baris di atas adalah tempat grosir bernama Lily menjual batik, babydoll, kemeja, celana, dan kaos. Grosir Lily bersedia untuk mengirim ke seluruh Indonesia. Untuk informasi lebih jelas, pembaca dapat menghubungi nomor telepon 08133942716.

Hal yang perlu diingat saat membuat iklan baris di media massa adalah penghematan kata. Hal ini disebabkan adanya penghitungan biaya iklan yang didasarkan pada panjang baris atau jumlah kata. Berkaitan dengan hal tersebut, dalam iklan baris sering terdapat singkatan-singkatan. Namun, penghematan kata dan penyingkatan kata harus tetap memerhatikan kejelasan isi atau pesan yang ingin disampaikan. Jangan sampai penghematan kata dan penyingkatan justru menjadikan masyarakat tidak memahami maksud dari iklan tersebut.

Sekian pembahasan materi tentang Contoh (Cara) Menulis Iklan Baris, semoga dapat memberikan manfaat.