Struktur Akar, Bunga, Buah dan Biji pada Tumbuhan

Struktur Akar, Bunga, Buah dan Biji pada Tumbuhan - Tumbuhan bisa tegak karena salah satu peran akar. Akar pada tumbuhan terletak di dalam tanah. Akar terdiri dari beberapa bagian, yaitu rambut akar (bulu akar) dan tudung akar. Rambut akar merupakan jalan masuk air dan zat hara dari tanah ke tumbuhan.

Struktur Akar, Bunga, Buah dan Biji pada Tumbuhan

Sedangkan tudung akar berfungsi melindungi akar saat menembus tanah.

1. Jenis-Jenis Akar

Menurut bentuknya, akar pada tumbuhan ada dua jenis, yaitu:
a. Akar serabut
Akar serabut berbentuk seperti serabut. Bagian ujung dan pangkal akar berukuran hampir sama besar. Semua bagian akar keluar dari pangkal batang. Akar serabut dimiliki oleh tumbuhan biji berkeping satu (monokotil), misalnya jagung, padi, dan tebu.
(a) Akar serabut, (b) akar tunggang.
(a) Akar serabut, (b) akar tunggang.

b. Akar tunggang
Akar tunggang memiliki akar pokok. Akar pokok bercabang-cabang menjadi bagian akar yang lebih kecil. Akar tunggang dimiliki oleh tumbuhan berkeping dua (dikotil) misalnya jeruk dan kacangkacangan.
(a) Akar gantung, (b) akar pelekat, (c) akar napas, (d) akar tunjang.
(a) Akar gantung, (b) akar pelekat, (c) akar napas, (d) akar tunjang.

Pada tumbuhan tertentu juga terdapat akar-akar khusus. Berikut ini akar-akar yang mempunyai sifat dan tugas khusus.
  • Akar gantung, akar ini tumbuh di bagian batang tumbuhan di atas tanah. Akar tersebut menggantung di udara, tumbuh ke arah tanah. Misalnya akar pohon beringin.
  • Akar pelekat, akar ini tumbuh di sepanjang batang. Akar tersebut berguna untuk menempel pada kayu, tumbuhan lain, atau tembok. Misalnya akar lada dan sirih.
  • Akar tunjang, akar ini tumbuh dari bagian bawah akar ke segala arah. Akar tersebut seakan-akan menunjang batang agar tidak rebah, misalnya akar pohon bakau dan pandan.
  • Akar napas, akar napas tumbuh tegak lurus ke atas sehingga muncul dari permukaan tanah atau air. Akar napas banyak memiliki celah atau jalan masuk udara, misalnya akar pohon kayu api.

2. Kegunaan Akar bagi Tumbuhan

Akar mempunyai beberapa kegunaan. Akar berguna untuk menyerap air dan zat hara, memperkokoh tumbuhan, serta menjadi alat pernapasan. Tumbuhan membutuhkan zat hara dan air untuk kelangsungan hidup. Air dan zat hara itu diambil dari dalam tanah. Akar menembus tanah dan menyerap air dan zat hara. Selain itu, pada tumbuhan tertentu akar juga digunakan untuk menyimpan cadangan makanan seperti wortel dan singkong. Akar tumbuhan ada dua, yaitu serabut dan tunggang.

Struktur Bunga pada Tumbuhan

Jika kamu berjalan di taman, kamu akan melihat aneka macam bunga berwarna-warni yang harum baunya. Bunga merupakan bagian tumbuhan yang sangat menarik, sehingga mengundang serangga dan kupu-kupu untuk membantu penyerbukan bunga.
Struktur bunga.
Struktur bunga.

1. Struktur Bunga

Bunga tersusun atas beberapa bagian. Bunga yang lengkap memiliki bagian-bagian, yaitu:
a. Tangkai bunga
Tangkai bunga merupakan penghubung bunga dengan batang. Bentuk pangkal tangkai bunga agak membesar. Bagian tangkai bunga yang membesar ini merupakan dasar bunga.
b. Kelopak bunga
Kelopak bunga merupakan bagian bunga yang melindungi bunga saat belum mekar. Kelopak bunga biasanya berwarna hijau.
c. Mahkota bunga
Mahkota bunga merupakan perhiasan bunga. Mahkota bunga memiliki bentuk dan warna yang beraneka ragam. Dari mahkota ini bunga dapat dinikmati keindahannya. Saat masih kuncup mahkota bunga dibungkus oleh kelopak bunga.
d. Benang sari dan putik
Di dalam mahkota bunga terdapat benang sari yang merupakan alat kelamin jantan bunga. Di bagian tengah bunga terdapat putik sebagai alat kelamin betina bunga. Bunga yang memiliki kedua alat kelamin tersebut disebut bunga sempurna. Sedangkan yang tidak memiliki salah satunya disebut bunga tidak sempurna. Bunga yang tidak memiliki salah satu dari bagian bunga tersebut disebut bunga tidak lengkap.

2. Kegunaan Bunga bagi Tumbuhan

Mahkota bunga yang warnanya indah dapat menarik perhatian serangga, misalnya kupu-kupu. Akibatnya tanpa disengaja kupu-kupu membantu penyerbukan bunga. Penyerbukan adalah peristiwa jatuhnya serbuk sari ke atas kepala putik. Penyerbukan merupakan awal terjadi perkembangbiakan tumbuhan. Jadi bunga berguna sebagai hiasan tumbuhan dan tempat berlangsungnya perkembangbiakan tumbuhan.

Struktur Buah dan Biji pada Tumbuhan

Pernahkah kamu merasakan buah apel, buah mangga, dan buah rambutan? Bagian yang enak rasanya tersebut merupakan daging buah. Di dalam buah terdapat biji.
Struktur buah.
Struktur buah.

1. Struktur Buah

Buah tersusun atas tangkai, kulit, daging, dan biji. Tangkai buah menghubungkan buah dengan batang. Kulit merupakan lapisan paling luar dan berfungsi membungkus daging buah. Daging buah adalah bagian buah yang biasanya dapat kita makan. Biji biasanya terdapat di tengah-tengah buah.

2. Kegunaan Buah dan Biji bagi Tumbuhan

Buah merupakan sumber makanan bagi manusia dan hewan. Bagi tumbuhan sendiri, buah berguna melindungi bakal tumbuhan baru, yaitu berupa biji. Biji yang telah tua (matang) merupakan bakal tumbuhan baru. Biji yang tertanam di lingkungan yang cocok akan tumbuh menjadi tumbuhan baru. Buah melindungi biji yang merupakan bakal tumbuhan baru.

Rangkuman Struktur pada Tumbuhan

  • Tumbuhan memiliki bagian-bagian yaitu batang, daun, akar, bunga, buah, dan biji.
  • Batang tumbuhan ada tiga macam, yaitu batang basah, batang berkayu, dan batang rumput.
  • Tumbuhan ada yang memiliki akar serabut dan ada yang memiliki akar tunggang.
  • Berdasarkan jumlah helainya daun dibagi menjadi daun tunggal dan daun majemuk.
  • Berdasarkan tulang daunnya, daun dibagi menjadi daun menyirip, menjari, sejajar, dan melengkung.
  • Bunga yang lengkap memiliki bagian-bagian seperti tangkai bunga, kelopak bunga, mahkota bunga, benang sari, dan putik.
  • Buah melindungi biji yang merupakan bakal tumbuhan baru.

Kamus Pengetahuan Alam

Klorofil : zat hijau daun.
Putik : alat kelamin betina pada bunga.
Serbuk sari : alat kelamin jantan pada bunga.
Zat hara : zat yang diperlukan tumbuhan untuk tumbuh.

Sekian pembahasan tentang Struktur Akar, Bunga, Buah dan Biji pada Tumbuhan, semoga bermanfaat.