Struktur Daun dan Batang pada Tumbuhan

Struktur Daun dan Batang pada Tumbuhan - Ketika kamu berjalan ke kebun atau taman, akan tampak beraneka ragam tumbuh-tumbuhan. Di dunia ini terdapat lebih dari 400.000 jenis tumbuhan yang tersebar dari daratan Amerika yang dingin sampai daerah tropis yang lembap dan panas. Aneka ragam tumbuhan tersebut sangat menunjang kehidupan makhluk hidup lain di dunia ini.

Struktur Daun dan Batang pada Tumbuhan

Seperti halnya manusia, tumbuhan juga memiliki struktur penyusun tubuh. Tumbuhan dalam menunjang kehidupannya memiliki bagian-bagian tertentu. Bagian-bagian tumbuhan adalah daun, batang, akar, bunga, buah, dan biji. Setiap bagian tersebut mempunyai kegunaan yang berbeda.

Struktur Daun pada Tumbuhan

Apabila kamu memerhatikan pohon beringin, pohon jati, pohon pisang, atau pohon kelapa, maka akan tampak bagian yang berwarna hijau. Bagian yang berwarna hijau tersebut menempel pada batang, dan biasanya berbentuk tipis melebar. Bagian tumbuhan itu disebut daun. Warna hijau pada daun disebabkan adanya klorofil, yaitu zat hijau daun. Namun tidak semua jenis daun berwarna hijau, misalnya pada pohon kaktus daunnya berbentuk duri, kecil, dan tidak berwarna hijau.
Struktur Daun dan Batang pada Tumbuhan
Struktur Daun dan Batang pada Tumbuhan

Terdapat dua jenis daun berdasarkan jumlah helai daun pada tangkai daun, yaitu:
a. Daun tunggal
Tumbuhan memiliki daun tunggal jika pada sehelai tangkai daun hanya terdapat satu helai daun. Misalnya, daun pepaya dan mangga.
Daun pepaya.
Daun pepaya.

b. Daun majemuk
Tumbuhan memiliki daun majemuk jika pada sehelai tangkai daun terdapat beberapa daun yang disebut daun majemuk. Misalnya pada daun belimbing.
Daun blimbing.
Daun blimbing.

1. Bentuk Daun

Ada berbagai macam bentuk daun. Bentuk daun dipengaruhi bentuk susunan tulang daun. Bentuk susunan tulang daun, meliputi:

a. Tulang daun menyirip
Tulang daun menyirip berbentuk seperti susunan sirip-sirip ikan. Tulang daun menyirip dapat kita amati pada berbagai tumbuhan, misalnya jambu, nangka, alpukat, dan mangga.

b. Tulang daun menjari
Tulang daun menjari berbentuk seperti susunan jari-jari tangan. Tumbuhan yang memiliki tulang daun menjari, misalnya singkong, pepaya, dan jarak.

c. Tulang daun melengkung
Tulang daun melengkung berbentuk seperti garis-garis lengkung. Ujungnya terlihat menyatu, misalnya eceng gondok dan gadung.

Berbagai macam bentuk daun menurut susunan tulang daun
Berbagai macam bentuk daun menurut susunan tulang daun
d. Tulang daun sejajar
Tulang daun sejajar berbentuk seperti garis-garis lurus yang sejajar. Tiap-tiap ujung tulang menyatu, misalnya pada rumput dan padi.

2. Kegunaan Daun bagi Tumbuhan

Daun mempunyai kegunaan sebagai tempat untuk membuat makanan. Daun juga berfungsi sebagai alat pernapasan tumbuhan dan tempat penguapan. Proses pembuatan makanan oleh tumbuhan dilakukan daun pada kloroplas. Kloroplas mengandung klorofil atau zat hijau daun yang mampu mereaksikan terjadinya pembuatan makanan atau fotosintesis.

Stomata pada daun berfungsi sebagai tempat masuknya udara pernapasan pada daun. Stomata juga berperan dalam penguapan. Penguapan pada tumbuhan bertujuan mengurangi kadar air di dalam tubuh tumbuhan. Berdasarkan bentuk tulang daun dibagi menjadi menyirip, menjari, melengkung, dan sejajar.

Struktur Batang pada Tumbuhan

Perhatikan pohon kelapa yang tumbuh tinggi menjulang! Perhatikan juga pohon beringin yang rimbun berdiri kokoh. Apakah yang menyebabkan tumbuhan bisa berdiri kokoh dan tumbuh menjulang? Organ batanglah yang menyebabkan tumbuhan bisa berdiri tegak sekaligus sebagai penopang.
(a) Batang basah, (b) batang berkayu, (c) batang rumput.
(a) Batang basah, (b) batang berkayu, (c) batang rumput.

1. Jenis Batang

Tumbuhan memiliki tiga jenis batang, yaitu batang basah, batang berkayu, dan batang rumput. Masing-masing jenis batang tersebut memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
a. Batang basah, tumbuhan batang basah memiliki batang yang lunak dan berair, misalnya bayam.
b. Batang berkayu, tumbuhan yang batangnya berkayu mempunyai kambium. Kambium dapat tumbuh ke arah luar membentuk kulit dan ke arah dalam membentuk kayu. Akibat pertumbuhan ini batang menjadi besar. Contoh tumbuhan berkambium adalah jambu, rambutan, dan mahoni.
c. Batang rumput, tumbuhan yang batangnya rumput mempunyai ruas-ruas yang nyata dan sering berongga pada batangnya. Contoh pada padi dan rumput-rumputan.

2. Kegunaan Batang bagi Tumbuhan

Batang berguna sebagai pengangkut, penopang, dan penyimpan cadangan makanan pada tumbuhan. Batang berguna sebagai pengangkut atau alat tranportasi tumbuhan. Batang mengangkut zat hara dan air dari akar ke daun. Zat makanan yang diproduksi daun juga diedarkan batang ke bagian lainnya. Batang terdiri atas batang basah, batang berkayu, dan batang rumput. Batang berguna sebagai pengangkut, penopang, dan penyimpan cadangan bagi tumbuhan.

Sekian pembahasan materi tentang Struktur Daun dan Batang pada Tumbuhan, semoga bermanfaat.