Gagasan dan Kalimat Utama Paragraf

Menentukan gagasan utama paragraf

Indikator : Mengidentifikasi isi dan bagian suatu paragraf
Indikator Soal : Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan gagasan utama paragraf tersebut.

Soal :
Bacalah paragraf berikut!

Taman Nasional Bunaken memiliki ekosistem terumbu karang yang sangat kaya. Terdapat sekitar 390 spesies terumbu karang di wilayah ini. Spesies alga yang dapat ditemui di Taman Nasional Bunaken adalah Caulerpa, Halimeda dan Padina, sementara spesies rumput laut yang banyak ditemui adalah Thalassia hemprichii, Enhallus acoroides, dan Thalassaodendron ciliatum. Taman Nasional Bunaken juga memiliki berbagai spesies ikan, mamalia laut, reptil, burung, moluska dan mangrove. Sekitar 90 spesies ikan tinggal di perairan wilayah ini. (www.wikipedia.co.id)

Gagasan utama paragraf tersebut adalah ....
A. spesies ikan Taman nasional Bunaken
B. spesies rumput laut Taman nasional Bunaken
C. spesies terumbu karang Taman nasional Bunaken
D. ekosistem terumbu karang Taman Nasional Bunaken


Kunci Jawaban: D

Pembahasan:
Gagasan utama / gagasan pokok/ ide pokok merupakan pernyataan yang menjadi inti pembahasan sebuah paragraf. Gagasan utama terdapat pada kalimat utama dalam setiap paragraf.

Kata Kunci Jawaban: Taman Nasional Bunaken memiliki ekosistem terumbu karang ....; Terdapat sekitar 390 spesies terumbu karang....;... memiliki berbagai spesies ikan, mamalia laut, reptil, burung, moluska dan mangrove.
Gagasan dan Kalimat Utama Paragraf
Gagasan dan Kalimat Utama Paragraf

Menentukan kalimat utama paragraf

Indikator : Mengidentifikasi isi dan bagian suatu paragraf
Indikator Soal : Disajikan paragraf yang terdiri atas empat kalimat, siswa dapat menentukan kalimat utama paragraf tersebut.

Soal :
Bacalah paragraf berikut!

(1)Kaderisasi atlet adalah hal yang tak dapat ditolak. (2)Dari tangan mereka pula, kejayaan suatu bangsa dapat tercipta. (3)Menghadirkan “wadah” yang tepat sebagai sarana pendukung latihan bagi para atlet menjadi salah satu Kunci JawabanJawabanagar kaderisasi yang diinginkan dapat berjalan terus. (4)Hal ini telah dilakukan oleh Perkumpulan Bulu Tangkis Djarum (PB Djarum) yang telah diresmikan sejak tahun 1974.

Kalimat utama paragraf tersebut ditandai nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)


Kunci Jawaban: A

Pembahasan:
Kalimat utama berisi pernyataan yang masih umum atau luas. Kalimat tersebut memerlukan kalimat-kalimat lain yang berfungsi menjelaskan kalimat utama. Letak kalimat utama bisa pada awal paragraf, akhir paragraf, atau awal dan akhir (campuran). Pada paragraf tersebut kalimat ke-1 berkedudukan sebagai kalimat utama, sedangkan kalimat ke-2, 3, 4 sebagai kalimat penjelas.