Menentukan Keistimewaan dan Teladan Tokoh

Menentukan keistimewaan tokoh

Indikator : Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan
Indikator Soal : Disajikan kutipan biografi tokoh, siswa dapat menentukan keistimewaan tokoh tersebut.

Soal :
Bacalah kutipan biografi tokoh berikut!

Anis Baswedan adalah salah satu tokoh pendidikan Indonesia yang meluncurkan program “Indonesia Mengajar”. Beliau merekrut anak-anak muda terbaik lulusan perguruan tinggi di Indonesia untuk mengabdi sebagai guru di sekolah-sekolah dasar yang ada di desa-desa di pelosok Indonesia. Lulusan Amerika ini dikenal juga sebagai rektor termuda karena ia baru berusia 38 tahun saat ia didapuk menjadi Rektor Paramadina menggantikan Nurcholis Madjid pada 15 Mei 2007. Komitmennya dalam pendidikan tercermin dalam pernyataannya bahwa pendidikan adalah kunci utama untuk memperoleh janji kemerdekaan.

Keistimewaan tokoh tersebut adalah ...
A. merekrut mahasiswa lulusan terbaik
B. menjadi rektor termuda di Indonesia
C. berkomitmen memajukan pendidikan
D. menggagas program “Indonesia Mengajar”


Kunci Jawaban: B

Pembahasan:
Keistimewaan seseorang merupakan sesuatu yang khas dan tidak semua orang memilikinya. Dalam hal ini, Anis Baswedan menjadi rektor termuda di Indonesia dalam usia 38 tahun.
Menentukan Keistimewaan dan Teladan Tokoh
Menentukan Keistimewaan dan Teladan Tokoh

Menentukan hal yang dapat diteladani dari tokoh

Indikator : Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan
Indikator Soal : Disajikan kutipan biografi tokoh, siswa dapat menentukan hal yang dapat diteladani dari tokoh tersebut.

Soal :
Bacalah kutipan biografi tokoh berikut!

Dalam bisnis, Chairul menyatakan bahwa generasi muda bisnis sudah seharusnya sabar dan mau menapaki tangga usaha satu persatu. Menurutnya, membangun sebuah bisnis tidak seperti membalikkan telapak tangan. Dibutuhkan sebuah kesabaran dan tak pernah menyerah. Jangan sampai banyak yang mengambil jalan seketika (instant), karena dalam dunia usaha kesabaran adalah salah satu kunci utama dalam mencuri hati pasar. Membangun integritas adalah penting bagi Chairul. Adalah manusiawi ketika berusaha, seseorang ingin segera mendapatkan hasilnya. Tidak semua hasil bisa diterima secara langsung.

Hal yang patut diteladani dari tokoh tersebut adalah ....
A. sabar dan pantang menyerah
B. sabar dan ingin cepat berhasil
C. tekun dan teliti dalam berbisnis
D. sabar dalam berusaha dan sangat kreatif


Kunci Jawaban: A

Pembahasan:
Keteladanan seorang tokoh merupakan sifat/perilaku baik yang layak ditiru. Di antara empat pilihan, hanya pilihan (A) yang merupakan keteladanan tokoh tersebut seperti yang terdapat pada teks tersebut.