Menentukan Konflik Drama dan Catatan Buku Harian

Menentukan konflik pada drama

Indikator : Mengidentifikasi unsur intrinsik drama
Indikator Soal : Disajikan kutipan naskah drama, siswa dapat menentukan konflik pada drama tersebut.

Soal :
Bacalah kutipan naskah drama berikut!

Herman : Iya, iya. Sudah jelas semuanya. Aku hanya akan membantumu belajar, dan….
Yanti : Dan apa lagi. Minta upah ya…?
Herman : (Rasa takut) Di rumahmu? Aku takut, Ti.
Yanti : Takut, mengapa? Ooo, iya, rumahku jelek. Ya sudahlah…. (Berlalu)
Herman : Heee, tunggu dulu. Kamu ini bagaimana? Kok mudah ngambek. Maksud saya di sekolah atau di perpustakaan, karena aku takut ayahmu.
Yanti : (Tertawa senang) Hi..hi..hi, Herman, kamu ini pemuda apa? Bertamu ke rumah orang kok takut. Mau jadi banci, ya. Hi..hi..hiii.
Herman : Bukan begitu. Aku kan belum pernah bertemu dengan ayahmu. Yang aku kenal baru ibumu.

Konflik pada kutipan naskah drama tersebut adalah ....
A. Herman merasa takut jika belajar di rumah.
B. Herman tidak mau bertemu dengan ayahYanti.
C. Yanti tidak mau belajar bersama di perpustakaan.
D. Yanti tersinggung karena dianggap mempunyai rumah yang jelek.


Kunci Jawaban: B

Pembahasan:
Konflik tergambar pada saat Yanti mengajak Herman belajar bersama di rumah Yanti. Herman tidak mau belajar di rumah Yanti dengan alasan belum pernah bertemu ayah Yanti.
Menentukan Konflik Drama dan Catatan Buku Harian
Menentukan Konflik Drama dan Catatan Buku Harian

Menentukan catatan buku harian yang sesuai dengan ilustrasi

Indikator : Menulis catatan pengalaman pada buku harian
Indikator Soal : Disajikan ilustrasi pengalaman yang mengesankan, siswa dapat menentukan catatan buku harian yang sesuai dengan ilustrasi tersebut.

Contoh Soal :
Perhatikan ilustrasi berikut!

Dea berhasil meraih juara I Lomba Berbusana pada peringatan Hari Kartini yang diselenggarakan oleh Yayasan Mawar Melati Jakarta Pusat tahun 2014.

Catatan buku harian yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ...
A. Dia berbusana sangat serasi dengan postur tubuhnya. Oleh karena itu, tidak salah kalau juri memilih dia sebagai juara.
B. Aku senang karena teman sebangkuku meraih juara I lomba berbusana. Aku mengucapkan selamat kepadanya.
C. Aku tak mengira aku akan keluar sebagai pemenangnya. Padahal aku menggunakan pakaian adat Betawi.
D. Alangkah senangnya aku ketika namaku disebut sebagai juara pada Lomba Berbusana yang diselenggarakan oleh Yayasan Mawar Melati itu.


Kunci Jawaban: D

Pembahasan:
Buku harian adalah media yang digunakan untuk mencatat berbagai peristiwa, mengungkapkan curahan pikiran dan perasaan yang dialami seseorang. Waktu, tempat kejadian, dan peristiwa ditulis secara runtut. Biasanya, buku harian ditulis dengan kata ganti “aku”.