Menentukan Perbaikan Kalimat dan Tanda Baca

Menentukan perbaikan kalimat

Indikator : Menyunting kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata
Indikator Soal : Disajikan kalimat tidak efektif, siswa dapat menentukan perbaikan kalimat tersebut.

Soal :
Cermatilah kalimat berikut!

Listrik saat dewasa ini telah menjadi daerah bagian yang tak terpisahkan dari sejumlah kehidupan warga masyarakat.

Perbaikan kalimat tersebut agar menjadi kalimat efektif adalah …
A. Listrik dewasa ini telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat.
B. Listrik dewasa ini telah menjadi daerah bagian yang tak terpisahkan dari sejumlah kehidupan warga masyarakat.
C. Listrik saat dewasa ini telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari sejumlah kehidupan warga masyarakat.
D. Listrik saat dewasa ini telah menjadi daerah bagian yang tak terpisahkan dari sejumlah kehidupan masyarakat.


Kunci Jawaban: A

Pembahasan:
Penggunaan kata saat, daerah, warga, tidak efektif karena sudah ada kata dewasa ini, bagian, masyarakat. Kata sejumlah tidak efektif dalam kalimat tersebut.
Menentukan Perbaikan Kalimat dan Tanda Baca
Menentukan Perbaikan Kalimat dan Tanda Baca

Menentukan perbaikan penulisan tanda baca

Indikator : Menyunting kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata
Indikator Soal : Disajikan kalimat yang salah menggunakan tanda baca, siswa dapat menentukan perbaikan penulisan tanda baca tersebut.

Soal :
Perhatikan kalimat berikut!

  Setiap peserta ujian harap, menyiapkan pulpen, pensil 2B penghapus, dan rautan.

Perbaikan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah ...
A. Setiap peserta ujian harap menyiapkan: pulpen, pensil 2B penghapus, dan rautan.
B. Setiap peserta ujian harap menyiapkan; pulpen, pensil 2B penghapus dan rautan.
C. Setiap peserta ujian harap menyiapkan pulpen, pensil 2B, penghapus, dan rautan.
D. Setiap peserta ujian, harap menyiapkan: pulpen, pensil 2B penghapus, dan rautan.


Kunci Jawaban: C

Pembahasan:
Sesuai dengan kaidah EYD. Penggunaan tanda baca (,) dan penggunaaan tanda baca (.).