Menghitung Skala Alat Ukur Panjang

Menghitung Skala Alat Ukur Panjang - Contoh soal dari materi Fisika SMP kali ini mengenai penggunaan alat ukur dalam kehidupan sehari-hari, tentunya sobat telah sering menggunakan penggaris dalam mengukur panjang dan lebar, penggunaan alat ukur sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, digunakan dalam membuat peta, baju, celana, bisa dipastikan hampir semua hal menggunakan alat ukur sebagai acuan awal atau dasar.

Berikut ini contoh soal yang masih terkait dengan pembahasan menentukan besaran pokok, menghitung besaran turunan serta besaran satuan dan penggunaan atau pemanfaatan alat ukur didalam keseharian.
Menghitung Skala Alat Ukur Panjang
Menghitung Skala Alat Ukur Panjang

Pembahasan Soal:
Perhatikan pada gambar, sebuah mistar atau penggaris memiliki skala seperti tampak dalam gambar berikut ini!

Jika secarik atau selembar kertas memiliki lebar 73mm, kemudian diukur memakai penggaris tersebut, pertanyaannya maka posisi kertas ujung bagian sebelah kanan dan kiri dari angka 0 berturut-turut berada pada...

A. 0,7 cm dan 7,6 cm
B. 1,1 cm dan 6,8 cm
C. 1,3 cm dan 8,7 cm
D. 2,4 cm dan 9,7 cm


Jawaban Soal: D

Pembahasan Soal:
Panjang kertas diketahui 73mm = 7,3 cm
0,7 cm + 7,3 cm = 8,0 cm
1,1 cm + 7,3 cm = 8,4 cm
1,3 cm + 7,3 cm = 8,6 cm
2,4 cm + 7,3 cm = 9,7 cm, jadi jika posisi angka 0 sebelah kiri berada pada 2,4 cm dan sebelah kanan pada angka 9,7 cm

Dengan pembahasan singkat di atas maka pilihan jawaban yang benar adalah D dengan hasil 2,4 cm dan 9,7 cm, hal ini karena penghitungan jika ditambah dengan 7,3 cm atau 73mm hanya jawaban D yang benar, mempelajari Menghitung Skala Alat Ukur Panjang akan sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari, semoga pembahasan soal dan contoh soal kali ini bermanfaat bagi sobat.