Contoh Soal Menentukan Teks Pengumuman yang Sesuai

Contoh Soal Menentukan Teks Pengumuman yang Sesuai - Pada materi Bahasa Indonesia untuk SMP kali ini masih berhubungan dengan materi dalam menulis laporan, pengumuman dan resensi, agar kalian dapat lebih memahami bagaimana menjawab soal menentukan teks pengumuman yang sesuai dari soal dengan ilustrasi yang diberikan.
Contoh Soal Menentukan Teks Pengumuman yang Sesuai
Contoh Soal Menentukan Teks Pengumuman yang Sesuai

Menentukan Teks Pengumuman yang Sesuai dengan Ilustrasi yang Diberikan

Tentunya dalam menentukan teks sebuah pengumuman tentunya sobat harus mengerti dulu makna atau arti dari sebuah paragraf atau kalimat yang diberikan, sebuah pengumuman harus sesuai dengan keadaan yang sebenarnya, jelas maksud tujuan serta mudah di mengerti, berikut contoh soal dalam menentukan atau membuat sebuah pengumuman.

Contoh Soal Menentukan Teks Pengumuman
OSIS SMP Pelita Hati akan mengadakan lomba sepeda santai. Syarat dan ketentuan lomba, termasuk formulir pendaftaran disediakan panitia.

Pengumuman yang tepat sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah...
A. Siswa yang berminat mengikuti lomba sepeda santai agar segera mendaftarkan diri ke sekretariat panitia.
B. Peserta lomba sepeda santai, segera ke sekretariat panitia untuk mengambil hadiah.
C. Semua peserta lomba sepeda santai, segera menyiapkan sepeda dan menyerahkannya kepada sekretariat panitia.
D. Peserta yang berminat menjadi juri lomba sepeda santai harap menghubungi panitia di sekretariat.



Kunci Jawaban Soal: A

Pembahasan Soal:
Pengumuman harus sesuai dengan keadaan sebenarnya. Berdasarkan ilustrasi, pengumuman yang paling tepat terdapat pada pilihan (A).

Dengan memahami maksud dari kalimat yang diberikan tentunya kalian akan mudah mengerjakan soal yang diberikan, untuk jawaban B tentu saja salah karena lomba belum dimulai tapi sudah mengambil hadiah, jawaban C salah karena lomba belum dimulai baru mau diumumkan, jawaban D salah karena Panitia tidak mencari seorang juri lomba balap sepeda, sekian Contoh Soal Menentukan Teks Pengumuman yang Sesuai semoga bermanfaat.