Menentukan Frekuensi Getaran pada Pegas

Menentukan Frekuensi Getaran pada Pegas yang Bergetar - Pada pembahasan contoh soal fisika untuk SMP kali ini akan membahas bagaimana menentukan besaran fisis pada getaran dan gelombang, dengan memakai contoh soal pada pegas, dimana jika suatu pegas bergetar dan diketahui jumlah banyaknya getaran dalam waktu tertentu maka akan diketahui besar frekuensi getarannya.

Menentukan Frekuensi Getaran pada Pegas

Sebelum kepokok pembahasan tentang frekuensi getaran pada pegas, ada baiknya kalian mengerti tentang apa yang dimaksud dengan frekuensi getar. Frekuensi adalah banyaknya jumlah putaran ulang per peristiwa didalam satuan waktu yang ditentukan. Rumus untuk menghitung frekuensi adalah f = 1/T dimana f adalah frekuensi (hertz) dan T periode (sekon atau detik). Untuk menghitung banyaknya jumlah getaran menggunakan rumus f=n/t, dimana n adalah jumlah getaran dan t adalah waktu atau periode getaran.

Contoh soal:
menentukan frekuensi getarannya
menentukan frekuensi getarannya
Pegas dengan beban m ditarik dengan gaya F dan dilepaskan sehingga pegas bergetar seperti gambar. Jika waktu yang diperlukan untuk bergetar dari M – L – K = 0,2 sekon, maka frekuensi getarannya adalah ….

A. 0,4 Hz
B. 2,5 Hz
C. 5 Hz
D. 10 Hz


Kunci jawaban: B

Pembahasan soal:
Gerakan dari M - L - K adalah ½ getaran dan memerlukan waktu t = 0,2 sekon. Untuk melakukan 1 getaran perlu waktu T = 0,4 sekon. Jadi jumlah getaran setiap sekon atau frekuensi getaran f = 1/T = 1/0,4 = 2,5 Hz.

Gerakan harmonik sederhana sistem benda-pegas
Gerakan harmonik sederhana sistem benda-pegas
Dengan memahami penggunaan rumus yang digunakan tentunya akan mudah untuk dikerjakan, hasil perhitungan dari frekuensi dinyatakan dengan satuan hertz (Hz) adalah nama seorang pakar fisika dari negara Jerman yaitu Heinrich Rudolf Hertz, beliaulah yang telah menemukan fenomena ini pertama kali.