Menyimpulkan Isi Bacaan Dengan Membaca Cepat

Membaca Cepat 200 Kata per Menit - Pada pembahasan materi bahasa Indonesia kali ini akan membahas mengenai cara membaca cepat 200 kata dalam waktu 1 menit untuk melatih daya tangkap otak, adapu tujuan pelajaran kali ini agar nantinya kalian akan dapat menerapkan teknik membaca cepat dan menyimpulkan isi bacaan setelah membaca cepat 200 kata per menit, untuk lebih jelasnya dapat kalian simak dalam penjelasan singkat berikut ini!

Menyimpulkan Isi Pokok-pokok Utama Paragraf Bacaan Dengan Membaca Cepat

Membaca cepat merupakan salah satu metode untuk membaca teks-teks atau wacana yang menuntut pemahaman yang cepat. Pembaca yang baik, dengan kecepatan 200 kata per menit akan mendapat 80% – 90% pemahaman dari teks yang dibaca.

Membaca dengan kecepatan antara 200 – 400 kata per menit biasanya digunakan untuk membaca bahan-bahan bacaan seperti majalah. Dengan teknik seperti ini, minimal 70% pemahaman akan diperoleh pembaca. Sementara kecepatan di atas 400 kata per menit hanya digunakan untuk membaca informasi yang bersifat sekilas.

Dalam upaya membuat kesimpulan dari teks bacaan yang dibaca, kalian perlu menyarikan pokok-pokok utama dari bacaan. Pokok-pokok tersebut dapat kalian ambil dari tiap paragraf. Dalam menyimpulkan isi bacaan, digunakan kalimat yang efektif yang mencakup keseluruhan isi bacaan. Bacalah teks “Timnas U-23 Antisipasi Permainan Terbuka Maladewa” dalam waktu 1 menit.
Menyimpulkan Isi Bacaan Dengan Membaca Cepat
Menyimpulkan Isi Bacaan Dengan Membaca Cepat

Timnas U-23 Antisipasi Permainan Terbuka Maladewa
 Peluang tim nasional (timnas) Indonesia U-23 lolos ke frase kualifikasi Olimpiade 2008 tinggal selangkah. Hasil imbang pada leg kedua melawan tuan rumah Maladewa mampu membawa Taufik Kasrun dan kawankawan melangkah.

Walau demikian, pasukan muda Merah Putih harus tetap waspada dengan kinerja mereka yang masih kurang meyakinkan. Sisa waktu dua hari sebelum berangkat menuju Maladewa, Senin (12/2), harus dimaksimalkan oleh Duet Arsitek Ivan Venkov Kolev dan Bambang Nurdiansyah untuk memperbaiki kinerja anak buahnya.

Saat ini, yang menjadi titik pusat persiapan Taufik dan kawan-kawan adalah cara bertahan. Artinya, untuk mengantisipasi permainan menyerang lawan yang diprediksi tampil ofensif, seluruh pemain timnas U-23 harus tahu cara mereka bertahan saat diserang.

Apabila selama ini tugas itu adalah menu utama pilar pertahanan, kini lini tengah dan depan pun harus dapat memahami hal itu. “Maladewa diprediksi akan memfosir kemenangan pada saat mereka bertindak sebagai tuan rumah. Jadi, perlu evaluasi cara tim ini bertahan ketika mendapat serangan lawan. Artinya, cara bertahan nanti tidak hanya menjadi kewajiban bek, tapi juga kewajiban pemain di lini lain,” kata Bambang kepada SINDO, kemarin.

Namun, Bambang mengatakan bahwa masalah itu tidak menjadi persoalan serius. Apalagi permainan anak asuh Ali Suzain nanti jika tampil menyerang, tentu lebih terbuka, sehingga koordinasi terhadap pertahanan timnas U-23 di semua lini makin mudah.

Dengan penampilan yang terbuka, tentu cara bertahan kami lebih mudah. Namun, sisa waktu ini tetap kami gunakan untuk memperbaiki hasil evaluasi hasil kerja pemain di laga lalu,” lanjut mantan pelatih PSIS Semarang itu.

Soal jumlah pemain sebanyak 18 amunisi menjadi modal timnas U-23 melawat ke negara yang terletak di Asia Selatan itu. Hanya, Bambang enggan menyebut nama meski mengakui daftar pemain yang bakal berangkat sudah diputuskan.
(Sumber: Seputar Indonesia, 11 Februari 2007, dengan pengubahan)

Guna menguji pemahaman kalian mengenai materi bacaan di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut. Dalam menjawab pertanyaan di bawah ini, kalian jangan melihat teks.
  1. Bagaimanakah peluang timnas U-23 lolos ke frase kualifikasi Olimpiade 2008?
  2. Siapa yang harus memaksimalkan sisa waktu dua hari sebelum berangkat menuju Maladewa?
  3. Mengapa sisa waktu sebelum berangkat menuju Maladewa harus dimaksimalkan?
  4. Kapan pasukan muda Merah Putih berangkat ke Maladewa?
  5. Apakah yang harus menjadi titik pusat persiapan Taufik dan kawan-kawan?
  6. Apakah prediksi Bambang terhadap Maladewa?
  7. Apakah tugas utama pilar pertahanan?
  8. Siapakah mantan pelatih PSIS Semarang?
  9. Apakah keuntungan permainan yang terbuka oleh Maladewa bagi U-23?
  10. Apakah modal timnas U-23 melawat ke Maladewa?
Untuk meningkatkan kemampuan membaca cepat dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.
1. Memperluas jangkauan mata dengan mengurangi pengulangan.

2. Menghilangkan kebiasaan membaca bersuara.
3. Berkonsentrasi.
4. Jangan ragu untuk terus berlatih.


Kunci jawaban pertanyaan dari teks 200 kata per menit secara acak:
  1. Untuk memperbaiki kinerja anak buahnya.
  2. Akan memfosir kemenangan pada saat mereka bertindak sebagai tuan rumah.
  3. Tinggal selangkah.
  4. Bertahan saat diserang.
  5. Jumlah pemain sebanyak 18 amunisi.
  6. Bambang Nurdiansyah.
  7. Duet arsitek Ivan Venkov Kolev dan Bambang Nurdiansyah.
  8. Senin, 12 Februari 2007.
  9. Koordinasi terhadap pertahanan timnas U-23 di semua lini makin mudah.
  10. Cara bertahan.
Apabila 75% jawaban atas pertanyaan di atas benar, maka kalian dapat dinyatakan telah berhasil membaca cepat pada tahapan pertama (dengan 200 kata per menit). Kemudian, cobalah selalu meningkatkan kemampuan membaca cepat kalian dengan meningkatkan jumlah kata yang dibaca.

Setelah membaca dan menjawab pertanyaan mengenai teks “Timnas U-23 Antisipasi Permainan Terbuka Maladewa” di atas, bacalah contoh kesimpulan dari bacaan tersebut.

Peluang tim nasional Indonesia U-23 lolos ke frase kualifikasi Olimpiade 2008 tinggal selangkah. Hal ini terjadi apabila mereka mampu bermain imbang pada leg kedua melawan tuan rumah Maladewa. Saat ini, yang menjadi titik pusat persiapan Taufik dan kawan-kawan adalah cara bertahan.

Namun, Bambang mengatakan bahwa masalah itu tidak menjadi persoalan serius. Apalagi permainan anak asuh Ali Suzain nanti jika tampil menyerang, tentu lebih terbuka. Hal ini memudahkan koordinasi terhadap pertahanan timnas U-23 di semua lini.


Membaca cepat harus dilakukan dengan teknik yang baik. Teknik membaca cepat antara lain memperluas jangkauan mata; mengurangi pengulangan pembacaan; tidak membaca bersuara; serta berkonsentrasi.

Sekian pembahasan mengenai Menyimpulkan Isi Bacaan Dengan Membaca Cepat beserta contoh dan juga berlatih menjawab dengan tepat soal yang diberikan, jika bukan artikel ini yang sobat cari, mungkin materi dibawah ini dapat menjawabnya, selamat belajar!