Bhineka Tunggal Ika Keanekaragaman Suku Budaya dan Bangsa


Manusia hidup dipengaruhi oleh lingkungannya baik lingkungan sosial maupun lingkungan fisik. Lingkungan sosial yaitu keragaman suku bangsa dan budaya di sekitar kita, sedang lingkungan fisik yaitu udara, air, cahaya dan lain sebagainya. Pada bab ini akan dipelajari keanekaragaman suku bangsa dan budaya serta perubahan lingkungan fisik.

Keanekaragaman Suku Budaya dan Bangsa

Bhineka Tunggal Ika
Bhineka Tunggal Ika
Ciri khas bangsa Indonesia yaitu mempunyai keanekaragaman suku bangsa dengan latar belakang kebudayaan berbeda. Keragaman suku dan budaya adalah wujud ke-“bhinneka”-an. Penduduk Indonesia terdiri dari berbagai suku-bangsa yang membaur dengan bangsa-bangsa asing lainnya. Bangsa-bangsa asing yang pernah datang dan berada di Indonesia inilah yang membawa pengaruh tersendiri dalam kebudayaan Indonesia. Indonesia mempunyai semboyan “Bhinneka Tunggal Ika”.

Kebhinekaan suku bangsa dan keanekaragaman wilayah nusantara mengakibatkan adanya beraneka ragam seni budaya, bahasa, adat istiadat, tata cara, kebiasaan, serta agama. Meskipun penduduk Indonesia bersifat “bhinneka”, namun dalam kehidupan sehari-hari mencerminkan ke-“ika”-an berupa satu kesatuan yang tunggal. Semboyan “Bhinneka Tunggal Ika” menggambarkan keadaan masyarakat Indonesia yang mempunyai banyak perbedaan dalam kebudayaan karena adanya berbagai suku bangsa.