Indonesia pada Era Globalisasi

Dewasa ini perkembangan jaman semakin maju baik di bidang produksi, komunikasi, dan transportasi. Hal ini mengakibatkan jarak antara negara yang satu dengan negara yang lain semakin menghilang. Kita dapat melihat seluruh dunia tanpa harus melakukan perjalanan keliling dunia. Media telekomunikasi makin mengalami kemajuan karena adanya satelit.

Apakah kamu suka menonton televisi? Apa saja yang kamu lihat pada televisi itu? Acara apa saja yang kamu senangi?

Tentu saja banyak hal yang bisa kamu lihat lewat layar televisi. Banyak acara bisa kamu pilih, mulai dari film, kuis, musik, masakan, olahraga, iklan, berita dan sebagainya. Melalui televisi, kita bisa melihat berbagai kejadian dan peristiwa di tempat lain yang jauh dari tempat tinggal kita. Seolah-olah kita dapat melihat seluruh dunia tanpa harus melakukan perjalanan keliling dunia.

Kita yang ada di Surakarta, Semarang, Surabaya, Jakarta, Makasar, Merauke, dan Aceh semua dapat menyaksikan pertandingan sepak bola dunia (Fifa World Cup). Kita disatukan dengan negara Jerman di Eropa. Saudara kita di belahan dunia lain, seperti Asia, Amerika, Afrika dan Australia berfokus pada World Cup. Demikian pula, adanya gempa tektonik di Yogyakarta dan Jawa Tengah tanggal 27 Mei 2006, juga bisa disaksikan oleh saudara-saudara kita yang ada di tempat lain, seperti Singapura, Malaysia, Jepang, Amerika, Afrika, Australia, dan sebagainya.
Indonesia pada Era Globalisasi

Itulah satu contoh globalisasi yang akan kita bicarakan, kita bahas pengertiannya, dampak positif dan negatifnya, serta peran Indonesia.

Pengertian Globalisasi
Pernahkah kamu mendengar istilah globalisasi? Istilah globalisasi pada saat ini sudah sangat populer Tahukah kamu apa arti globalisasi. itu? Globalisasi berasal dari kata global yang berarti mendunia, dan kataisasi yang berarti proses. Jadi globalisasi berarti suatu proses masuk ke ruang lingkup dunia. Berikut ini adalah beberapa pengertian globalisasi yang dapat digunakan sebagai acuan pemahaman, yakni sebagai berikut:

a. Globalisasi adalah suatu proses di mana setiap orang dapat mengetahui dan mengikuti perkembangan dunia melalui radio, surat kabar, majalah, televisi, komputer, internet, dan telepon seluler (handphone/HP).

b. Globalisasi adalah suatu proses hilangnya batas-batas geopolitik suatu negara, karena arus teknologi komunikasi, dan informasi dari negara lain.

Jadi, dewasa ini tidak ada satu negara pun yang bisa menutup diri dari pengaruh negara lain. Negara yang satu dengan negara yang lain, telah menyatu menjadi satu warga dunia.