Kenampakan Alam Benua Australia

Australia merupakan benua yang paling rata dan paling kering di dunia. Hampir seluruh wilayahnya merupakan plato yang tidak terlalu tinggi dari permukaan laut.
1) Gunung
Gunung tertinggi di Australia adalah Gunung Kosciusko (2.230 m) terletak di sebelah selatan kota Sidney dekat perbatasan New South Wales dan Victoria. Gunung yang lain, di antaranya Gunung Round (1.615 m) dan Gunung Saint Mary Peak (1.165 m).
Great Dividing Range
Great Dividing Range
2) Pegunungan
Pegunungan yang penting di Australia adalah Great Dividing Range yang membujur ke selatan hampir di seluruh pantai timur Australia. Pegunungan ini memisahkan Pegunungan New England dan Pegunungan Alpen Australia.

3) Sungai
Sungai yang paling terkenal di Australia adalah Sungai Murray, yang merupakan sungai terbesar di Australia, dengan anak-anak sungainya, yaitu Sungai Darling, dan Sungai Murrumbidgee.

4) Danau
Danau terbesar di Australia adalah Danau Eyre di negara Bagian Australia Selatan. Danau lainnya adalah Danau Torrens dan Danau Gairdner.

5) Gurun
Di Australia terdapat gurun pasir yang luas. Gurun pasir yang terkenal adalah Gurun Victoria Besar  dan Gurun Pasir Besar.