Pengelolaan Sampah Sederhana

Pengelolaan sampah secara sederhana dimulai dari sumbernya dengan prinsip 5M. Lima M adalah singkatan dari memilah, mengurangi, menggunakan kembali, mendaur ulang, dan mengomposkan.
                  
Memilah
Memilah sampah adalah memisahkan antara jenis sampah yang satu dengan jenis yang lainnya. Sampah dipilah menjadi dua jenis sampah yaitu sampah basah dan sampah kering atau sampah organik dan sampah an-organik.

Masing-masing jenis sampah dimasukan ke dalam wadah yang berbeda. Berbagai bentuk dan bahan wadah pemilahan dapat digunakan. Berikut contoh wadah pemilahan jenis sampah basah (organik) dan sampah kering (anorganik).
 
Mengurangi
Mengurangi sampah adalah mengurangi segala sesuatu yang menyebabkan timbulnya sampah. Mengurangi sampah sebaiknya dimulai dari sumbernya dan menghemat pemakaian barang. Misalnya dengan membawa tas belanja saat ke pasar sehingga dapat mengurangi sampah plastik dan mencegah pemakaian styrofoam, mengurangi kemasan yang tidak perlu, menggunakan kemasan yang dapat didaur ulang, misalnya bungkus nasi menggunakan daun pisang atau daun jati.

Pengelolaan Sampah Sederhana
Menggunakan kembali
Sampah yang masih dapat digunakan jangan langsung dibuang, tetapi sebisa mungkin digunakan kembali baik untuk fungsi yang sama maupun untuk fungsi yang lain. Misalnya menulis pada kedua sisi kertas dan menggunakan botol isi ulang, ban bekas dimodifikasi jadi kursi atau pot bunga.

Mendaur ulang
Mendaur ulang yaitu mengolah sampah menjadi produk baru, contohnya sampah kertas diolah menjadi kertas daur ulang/kertas seni/campuran pabrik kertas, sampah plastik kresek diolah menjadi kantong kresek. Sampah kertas dapat dibuat hasta karya, demikian pula dengan sampah kemasan plastik mie instan, sabun, minyak, dll. 

Mengkomposkan
Sampah basah misalnya sisa makanan, daun-daun yang gugur dapat dibuat kompos dan digunakan sebagai penyubur tanaman maupun penghijauan. 
 
Rangkuman
Sumber sampah ada 3 yaitu rumah tangga, pasar, dan industri. Pengelolaan sampah secara sederhana menggunakan prinsip 5 M yaitu:
  1. Memilah sampah yaitu mengelompokkan sampah berdasarkan jenisnya (sampah organic atau sampah basah dan sapah anorganik atau sampah kering)
  2. Mengurangi sampah dari sumbernya.
  3. Menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan.
  4. Mendaur ulang sampahyaitu mengolah sampah menjadi produk baru.
  5. Mengomposkan, sampah organic dibuat kompos.