Tsunami dan Angin Topan

Tsunami
Tsunami berasal dari kata Jepang. Tsu berarti pelabuhan, dan nami berarti gelombangfombak besar. Jadi, sunami berarti gelombang besar yang terdapat di pelabuhan. Di Jepang, pelabuhan merupakan tempat yang banyak terkena tsunami.

Tsunami adalah gelombang air yang sangat besar yang dibangkitkan oleh bermacam-macam gangguan dasar laut, seperti gempa bumi, pergeseran lempeng, gunung meletus. Tsunami tidak kelihatan saat masih berada jauh di tengah laut. Setelah mencapai wilayah dangkal, gelombang itu akan bergerak: cepat dan makin membesar.

Tsunami yang sangat dahsyat terjadi pada tanggal 26 Desember 2004. Tsunami ini melanda Aceh dan beberapa negara lain, seperti Malaysia, India, Srilannka, dan Thailand, serta menimbulkan banyak korban.
Tsunami dan Angin Topan

Angin Topan
Kejadian alam yang disebabkan oleh tiupan angin yang sangat dahsyat atau sangat kencang disebut angin topan. Angin itu bertiup sangat kencang, sehingga mengakibatkan banyak pohon yang tumbang, atap rumah yang hilang terbawa angin, dan hancurnya bangunan lainya.