Kenampakan Alam Benua Afrika

Kondisi alam benua ini sangat beragam. Ada gurun pasir yang kering kerontang, rimba belantara tropis, sabana, dan bukit terjal berpuncak salju abadi.

1) Gurun
Di benua ini banyak terdapat gurun pasir yang sangat luas, di antaranya Gurun Sahara di Afrika Utara yang merupakan gurun pasir terluas di dunia.
Gurun Sahara
Gurun Sahara

2) Sungai
Sungai terpanjang di dunia, yaitu Sungai Nil (6.690 km), terdapat di Mesir, benua Afrika. Bagi penduduk sekitar, sungai ini dianggap sebagai dewa penyelamat. Sungai Nil merupakan sumber air, makanan dan transportasi utama bagi jutaan rakyat Afrika khususnya Mesir. Mesir adalah hadiah sungai Nil.

3) Danau
Di benua ini banyak terdapat danau-danau yang luas dan dalam, di antaranya: Danau Tangayika yang merupakan salah satu danau terdalam di dunia dan Danau Victoria, yang merupakan salah satu danau terbesar di dunia.

4) Gunung
Gunung tertinggi di Afrika adalah Gunung Kilimanjaro (5,963 m) di Tanzania, Afrika Timur. Gunung ini sangat terkenal di dunia, karena puncaknya yang selalu tertutup salju meskipun dekat dengan katulistiwa.