Energi dalam kehidupan sehari-hari

A. Energi Listrik

Kipas angin listrik dapat berputar karena ada aliran listrik. Ketika listrik mati, kipas angin tidak dapat berputar. Selain kipas angin, pompa air televisi, telepon genggam, tape recorder, lampu senter adalah peralatan sehari-hari kita yang mempergunakan energi listrik. Energi listrik disalurkan dengan kabel. Jika kabel penyalur putus, energi listrik tidak dapat tersalurkan. Dalam rangkaian alat listrik, kabel berfungsi untuk menyalurkan muatan listrik. 

B.  Energi Bahan Bakar Fosil

Bahan bakar fosil adalah bahan bakar yang berasal dari sisa-sisa makhluk hidup di bumi setelah mengalami proses lama jutaan tahun yang lalu di dalam bumi. Tekanan dan suhu tinggi di dalam perut bumi menyebabkan sisa-sisa makhluk hidup tersebut mengeluarkan senyawa cair dan gas hidrokarbon, sedangkan yang tersisa adalah batubara.

Hidrokarbon cair dapat diolah menjadi menjadi minyak tanah, bensin, solar dan sebagainya (Gambar 7.1 dan 7.2). Sedangkan hidrokarbon gas disaring menjadi Liquid Petroleum Gas  LPG (dibaca: elpiji). 
Kincir angin
Kincir angin

1. Minyak tanah
Minyak tanah banyak digunakan untuk bahan bakar kompor minyak tanah, maupun mesin-mesin industri. 

2. Bensin
Bensin banyak digunakan untuk bahan bakar sepeda motor dan mobil. Bensin sangat mudah terbakar jika ada api.

3. Solar
Solar banyak digunakan untuk bahan bakar mesin diesel. Mesin diesel banyak digunakan untuk mobil, traktor pertanian, maupun alat-alat berat dan industri. 

4. Liquid Petroleum Gas LPG (dibaca: elpiji)
LPG adalah bahan bakar fosil yang tidak berbau dan mudah terbakar. Bau yang kita rasakan dari LPG adalah akibat tambahan gas agar dikenali saat ada kebocoran. Saat ini LPG banyak digunakan untuk keperluan masak menggantikan minyak tanah. LPG saat ini banyak dijual dalam kemasan tangki 3kg maupun tangki 12kg. 

Ketika masih di dalam tangki, LPG mendapat tempat terbatas sehingga tekannya besar. Di dalam tangki bertekanan besar tersebut LPG berbentuk cair, sehingga terdengar kemericik jika tangki LPG kita goyangkan. Jika keluar dari tangki, LPG menjadi gas yang sangat mudah terbakar.

Pemerintah menyediakan Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk transportasi masyarakat umum di SPBU Pertamina yang tersebar di seluruh Indonesia.

5. Batubara
Batubara banyak digunakan untuk bahan bakar pada Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU). Selain itu, batubara banyak digunakan untuk bahan bakar mesin uap pada kapal laut, industri peleburan besi dan sebagainya.

C. Energi Matahari

Matahari adalah sumber utama energi di bumi. Proses terjadinya gejala yang ada di bumi berasal dari matahari. Fotosintesis, awan, angin, hujan, pasang naik dan pasang surut air laut, terangnya siang, indahnya rembulan malam adalah terbentuk akibat energi yang dikirimkan matahari dalam bentuk cahaya. Bahkan, terbentuknya batubara dan minyak bumi pun tidak lepas dari energi matahari.

Awan terbentuk sebagai akibat penguapan di bumi. Air yang terkena panas matahari akan menguap naik ke atas. Uap air tersebut membentuk awan. Ketika awan memasuki lapisan angkasa yang suhunya rendah, awan tersebut mengembun  dan  menjadi  hujan. Energi matahari dapat diubah secara langsung menjadi energi listrik menggunakan solar cells.

Solar cells (bhs. Indonesia: sel surya) disebut juga photovoltaic cells atau disingkat PV. Penggunaan PV dapat ditemukan  pada beberapa peralatan seperti kalkulator. Sel surya ini terbuat dari silicon. Energi slistrik dari sel surya dapat digunakan langsung untuk penerangan di rumah tangga dan perabotan rumah tangga. Energi surya dapat disimpan dalam baterai untuk penerangan tepi jalan pada malam hari. Energi surya juga dapat disimpan dalam baterai untuk menghadai keadaan darurat telepon seluler bila tidak ada jaringan telefon. Beberapa percobaan PV juga dapat digunakan untuk mobil.

D. Energi Angin

Selain hujan, angin juga terjadi akibat adanya panas matahari. Matahari menyinari udara di bumi, akibatnya udara memuai. Udara yang panas memuai memiliki bobot yang lebih ringan daripada udara dingin. Akibatnya udara yang panas tersebut naik ke atas. Tempat yang telah ditinggalkan udara panas tersebut dimasuki udara dingin dari daerah sekitarnya. Udara yang yang bergerak itulah dinamakan angin. Angin sangat berguna bagi nelayan. Nelayan mempergunakan angin untuk menggerakkan perahu layarnya, yaitu dengan cara membentangkan layarnya. Angin juga berguna bagi petani. Petani membuat baling-baling. Ketika tertiup angin, baling-baling berputar. Baling baling tersebut bisa berbunyi saat berputar. Bunyi tersebut untuk menakut-nakuti burung yang memakan padi. Angin juga berfungsi untuk membangkitkan energi listrik. Negeri Belanda terkenal dengan negeri kincir, karena negeri Belanda memanfaatkan banyak kincir untuk membangkitkan energi listrik. Angin adalah salah satu energi yang tersedia di alam.

Pembangkit tenaga angin mengubah energi angin menjadi energi listrik dengan menggunakan turbin angin atau kincir angin. Cara kejanya cukup sederhana energi energi angin yang memutar turbin angin diteruskan memutar rotor pada generator yang akan menghasilkan energi listrik. Energi listrik disimpan di dalam baterai sebelum dimanfaatkan.

E. Rangkuman

Energi yang banyak digunakan sehari-hari adalah listrik dan bahan bakar fosil. Energi matahari dapat diubah menjadi energi listrik dengan alat sel surya. Energi angin dapat diubah menjadi energi listrik denga alat turbin angina tau kincir angin. Bahan bakar yang paling banyak digunakan untuk transfortasi adalah bensin dan solar. 

F. Kasus/Permasalahan

1. Energi apakah yang digunakan untuk penerangan jalan?
2. Energi apakah yang digunakan untuk menggerakkan sepeda motor?
3. Energi apakah yang digunakan untuk menghidupi komputer?
4. Energi apakah yang digunakan untuk menghidupi telepon genggam?
5. Energi apakah yang digunakan untuk menggerakkan perahu layar? 
6. Energi apakah yang digunakan untuk menggerakkan pesawat
7. Energi apakah yang digunakan untuk menggerakkan perahu layar?
8. Energi apakah yang digunakan untuk melebur besi?