Jenis-jenis Kegiatan Ekonomi

Jenis-jenis Kegiatan Ekonomi - Kamu telah mengetahui jenis-jenis usaha perekonomian. Sekarang kita akan mempelajari jenis-jenis kegiatan ekonomi. Jika suatu saat kemu membeli tas sekolah atau pakaian, barang tersebut tentunya tidak tiba-tiba ada. Ada proses yang cukup panjang sampai akhirnya barang tersebut dapat kamu beli.

Awalnya, tas tersebut dibuat dulu di pabrik. Kemudian, di jual ke pedagang dan akhirnya dapat kamu beli. Proses tersebut tercakup dalam kegiatan seperti pada bagan berikut.
Produksi/Kegiatan, Produsen/Pelaku diolah oleh Distribusi/Kegiatan, Distributor/Pelaku dijual ke Konsumsi/Kegiatan, Konsumen/Pelaku.

Jenis-jenis Kegiatan Ekonomi
Jenis-jenis Kegiatan Ekonomi

Jenis-jenis Kegiatan Ekonomi

Nah, berikut ini akan dibahas tahapan kegiatan-kegiatan ekonomi tersebut. Untuk itu, ikuti penjelasannya dengan cermat.

1. Produksi

Kegiatan produksi adalah kegiatan yang menghasilkan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan. Orang atau badan usaha yang melakukan kegiatan produksi disebut produsen. Misalnya, produsen  pakaian membuat pakaian, dan produsen tas membuat tas. Barang yang dihasilkan produsen dijual agar dapat memenuhi kebutuhan orang lain. Dalam hal ini, produsen dapat memperoleh keuntungan dengan menjual barang hasil produksinya. Barang hasill produksi dibedakan menjadi dua macam, yaitu sebagai berikut.

a. Barang antara, yaitu barang yang digunakan untuk menghasilkan barang lain. Contohnya, gandum untuk membuat roti, kain untuk membuat pakaian, dan benang untuk membuat kain.
b. Barang akhir, yaitu barang yang siap dikonsumsi atau digunakan. Contohnya pakaian dan roti.

2. Distribusi

Barang yang dihasilkan oleh produsen tidak akan sampai ke tanganmu jika tidak didistribusikan. Jadi, kegiatan distribusi adalah kegiatan penyaluran barang dari produsen ke konsumen. Orang atau badan usaha yang melakukan kegiatan distribusi atau penyaluran barang disebut distributor atau lembaga distribusi.

Lembaga-lembaga distribusi terdiri atas pihak-pihak berikut.
a. Agen, yaitu orang atau badan usaha yang ditunjuk oleh produsen untuk menyalurkan hasil produksinya. Misalnya, agen minyak tanah yang ditunjuk oleh pertamina.
b. Pedagang besar atau grosir, yaitu orang atau badan usaha yang membeli barang dalam jumlah besar, kemudian menjualnya lagi ke pedagang kecil (pengecer).
c. Pedagang eceran (pengecer), yaitu orang yang menjual barang dagangannya langsung kepada konsumen. Contohnya, toko dan warung.

3. Konsumsi

Kegiatan konsumsi adalah kegiatan menggunakan atau menghabiskan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan. Orang yang melakukan kegiatan konsumsi disebut konsumen. Sementara itu, barang atau jasa yang dikonsumsi disebut barang konsumsi. Contoh kegiatan konsumsi yaitu menbeli kue di kantin sekolah, membeli baju di toko, dan membeli sayur di pasar.


Rangkuman

1. Jenis-jenis usaha perekonomian yaitu:
a. industri,
b. agraris,
c. ekstraktif,
d. jasa,

2. Jenis-jenis kegiatan ekonomi yaitu:
a. produksi,
b. distribusi, dan
c. konsumsi

3. Jenis-jenis pengelolaan usaha yaitu sebagai berikut.
a. Usaha yang dikelola perseorangan.
b. Usaha yang dikelola kelompok : CV, Firma, PT, Yayasan, Koperasi.

4. Jenis-jenis badan usaha yaitu sebagai berikut.
a. BUMN, yaitu badan ekonomi yang dimiliki oleh negara.
b. BUMS, yaitu badan usaha yang sebagian besar atau seluruh modalnya dimiliki oleh swasta.
c. BUMD, yaitu badan usaha yang dimiliki oleh pemerintah daerah.

Tes  Kemampuan
Kerjakan soal-soal berikut dengan baik!
1.  Apa yang dimaksud dengan kegiatan konsumsi?
2.  Jelaskan maksud kegiatan distribusi!
3.  Apa yang kamu ketahui tentang kegiatan produksi?
4.  Gambarlah tahapan kegiatan ekonomi!
5.  Sebutkan lembaga-lembaga distribusi!