Kenampakan Alam Wilayah Daratan di Indonesia

Kenampakan Alam Wilayah Daratan di Indonesia - Keragaman Kenampakan Alam dan Buatan di Indonesia, Kamu pasti sering memerhatikan peta Indonesia. Sekarang, coba kamu perhatikan peta tersebut. Pada peta tersebut kamu dapat melihat bagian-bagian yang berwarna biru. Warna biru itu menandakan laut. Nah, warna biru pada peta Indonesia sangat banyak. Hal itu berarti Indonesia memiliki laut yang sangat luas. Di antara laut-laut tersebut ada banyak pulau. Karenanya, Indonesia disebut negara kepulauan.

Tahukah kamu berapakah pulau yang ada di wilayah Indonesia? Ternyata, Indonesia memiliki lebih dari 17.000 pulau. Selain tempat-tempat berwarna biru, pada peta tersebut ada juga warna hijau. Warna tersebut menandakan gunung. Dengan melihat peta tersebut, kamu menjadi tahu bahwa Indonesia yang luas ini memiliki berbagai kenampakan alam, mulai dari pegunungan, pantai, danau, sungai, laut, dan lain-lain. Bahkan, dengan melihat peta, kamu dapat mengetahui kawasan industri, jalan raya, dan kenampakan buatan lainnya.

Sekarang, kamu akan membahas kenampakan alam dan buatan di Indonesia. Untuk itu, perhatikanlah penjelasan berikut dengan baik.
Kenampakan Alam Wilayah Daratan di Indonesia

Kenampakan Alam Alami di Indonesia


Kenampakan alam dapat dibedakan menjadi dua, yaitu sebagai berikut.
a. Kenampakan alam alami, yaitu kenampakan alam yang terbentuk dengan sendirinya. Dengan kata lain, kenampakan alam alami ini terbentuk atas kehendak Sang Pencipta.
b. Kenampakan alam buatan, yaitu kenampakan alam yang sengaja dibentuk oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Nah, berikut ini akan dibahas kenampakan alam dan buatan yang ada di Indonesia. Mari ikuti penjelasannya.

Kenampakan Alam Alami di Indonesia

Setiap daerah memiliki kenampakan alam yang khas. Kenampakan alam tersebut membedakan suatu daerah dengan daerah lain. Kenampakan alam ini dapat dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu sebagai berikut.

Kenampakan alam wilayah daratan
Kenampakan wilayah daratan terdiri atas pegunungan, gunung, dataran tinggi, dataran rendah, pantai, dan tanjung. Untuk lebih jelasnya, perhatikan penjelasan berikut.


1) Pegunungan
Pernahkah kamu berjalan-jalan di pegunungan? Di daerah pegunungan, udaranya sangat sejuk. Tempat ini sangat cocok untuk berekreasi. Pegunungan merupakan bagian dari daratan yang bentuknya bergunung-gunung. Ketinggiannya lebih dari 700 meter di atas permukaan laut. Daerah pegunungan selain cocok sebagai tempat berwisata, cocok juga untuk menanam buah-buahan dan sayur-sayuran.

Berikut ini beberapa nama pegunungan di Indonesia.
  1. Pegunungan Jaya Wijaya, Terletak di Papua
  2. Pegunungan Pembarisan, Terletak di Jawa Barat
  3. Pegunungan Sewu, Terletak di DI Yogyakarta
  4. Pegunungan Dieng, Terletak di Jawa Tengah
  5. Pegunungan Tengger, Terletak di Jawa Timur
  6. Pegunungan Meratus, Terletak di Kalimantan Selatan
  7. Pegunungan Pompange, Terletak di Sulawesi Tengah
  8. Pegunungan Siunandaka, Terletak di Sulawesi Utara
  9. Pegunungan Utimbela, Terletak di Gorontalo
  10. Pegunungan Kendeng, Terletak di Jateng dan Jatim
2) Gunung
Gunung merupakan bukit besar dan tinggi. Gunung memiliki ketinggian lebih dari 600 meter di atas permukaan laut. Gunung terdiri atas gunung berapi (gunung aktif) dan gunung tidak berapi (gunung mati). Gunung tertinggi di Indonesia yaitu Gunung Kerinci. Ketinggian Gunung Kerinci mencapai 3.800 m. Sementara itu, gunung tertinggi di Pulau Jawa yaitu Gunung Semeru.

Berikut ini beberapa nama gunung di Indonesia.
  1. Gunung Semeru, Terletak di Jawa Timur
  2. Gunung Rinjani, Terletak di Lombok
  3. Gunung Cireme, Terletak di Jawa Barat
  4. Gunung Dempo, Terletak di Bengkulu
  5. Gunung Awu, Terletak di Sulawesi Utara
  6. Gunung Merapi, Terletak di Jawa Timur
  7. Gunung Kerinci, Terletak di Jambi

3) Dataran Tinggi
Dataran Tinggi merupakan daerah datar yang memiliki ketinggian lebih dari 400 meter di atas
permukaan laut. Dataran tinggi dapat dimanfaatkan untuk menanam berbagai jenis sayuran dan buah-buahan. Dataran tinggi juga sering dimanfaatkan sebagai tempat peristirahatan.

Berikut ini beberapa nama dataran tinggi di Indonesia.

  1. Dataran tinggi Alas, terletak di Aceh
  2. Dataran tinggi Charles Louis, terletak di Papua
  3. Dataran tinggi Daeng, terletak di Jawa Tengah
  4. Dataran tinggi Karo, terletak di Sumatra Utara
  5. Dataran tinggi Tengger, terletak di Jawa Timur
4) Dataran Rendah
Dataran rendah adalah bagian dari daratan yang datar dengan ketinggian 0–200 meter di atas permukaan laut. Dataran rendah merupakan wilayah ideal untuk membangun pemukiman. Daerah ini sangat memungkinkan untuk membangun berbagai fasilitas, seperti jalan raya. Sebagian besar kota di Indonesia menempati dataran rendah. Mata pencarian penduduk di dataran rendah umumnya di bidang pertanian dan industri.