Perubahan Iklim

1.  Peristiwa Terjadinya Perubahan Iklim
Perubahan iklim adalah perubahan rata-rata salah satu atau lebih unsur cuaca pada suatu daerah tertentu. Salah satu unsur cuaca yaitu temperature atmosfer mengalami peningkatan. Fenomena meningkatnya temperatur bumi disebut pemanasan global. Pemanasan global menyebabkan perubahan iklim global.

Kini, istilah perubahan iklim sering digunakan secara tertukar dengan istilah ’pemanasan global’, walaupun hal tersebut kurang tepat. Pemanasan global merupakan peningkatan rata-rata temperatur atmosfer yang dekat dengan permukaan bumi. Bumi menerima panas dari matahari, secara alami sebagian panas akan terperangkap di atmosfer akibat adanya beberapa jenis gas rumah kaca (GRK). Gas rumah kaca yang dimaksud yaitu CO2, NO2, dan CH4. Disebut GRK karena cara kerjanya mirip rumah kaca (greenhouse), di mana suhu di dalamnya diatur agar cukup hangat sehingga tanaman dapat tumbuh. Terperangkapnya panas oleh gas-gas di atmosfer dikenal dengan istilah ‘efek rumah kaca’.

Perubahan Iklim
Sebenarnya efek rumah kaca diperlukan agar permukaan bumi cukup hangat untuk didiami. Sayangnya, aktivitas manusia membuat konsentrasi GRK semakin tinggi dan menyebabkan suhu permukaan bumi semakin panas. Gejala ini kemudian dikenal dengan Pemanasan global, terjadi sebagai akibat meningkatnya jumlah emisi Gas Rumah Kaca (GRK) di atmosfer.  Naiknya intensitas efek rumah kaca yang terjadi karena adanya GRK dalam atmosfer yang menyerap sinar panas yaitu sinar infra merah yang dipancarkan oleh bumi menjadikan perubahan iklim global.

Emisi dari pembangkit listrik dan kendaraan bermotor yang menggunakan bahan bakar fosil, kebakaran dan penebangan hutan menyebabkan meningkatnya konsentrasi karbondioksida (CO2). Pemakaian pupuk buatan pada pertanian menghasilkan nitro oksida (N2O). Selain itu, pembusukan pakan ternak, kotoran hewan, dan sampah organik akan melepaskan gas metana (CH4). Gas-gas CO2, NO2, dan CH4 meningkatkan GRK diatmosfer.

2.  Dampak Perubahan Iklim
Bukti dampak dari pemanasan global akhir2 ini sudah sering ditemui. Selain menyusutnya es di kutub utara, iklim yg tidak menentu dan seringnya terjadi badai merupakan efek lain dari pemanasan global. Kekeringan, kebakaran, munculnya berbagai macam penyakit tropis (malaria dan DB), banjir dan tanah longsor yang sering terjadi di indonesia merupakan salah satu efek dari pemanasan global, walaupun tanpa harus memungkiri ada pengaruh2 lain dari peristiwa-peristiwa itu.

Rangkuman

Bencana didefinisikan sebagai suatu peristiwa yang disebabkan oleh proses alam dan/atau ulah manusia mengakibatkan korban jiwa manusia, kerusakan dan kehilangan harta benda, dan kerusakan lingkungan. Bencana alam karena proses alam meliputi gempa bumi. Gunung meletus dan kekeringan. Bancana alam sebagi akibat proses alam dan ulah manusia contohnya banjir, tanah longsor, dan kebakaran hutan. Perubahan iklim disebabkan oleh salah satu unsure cuaca mengalami perubahan. Sekarang ini, salah satu unsur cuaca yang mengalami perubahan yaitu meningkatnya suhu afmosfer bumi yang disebut pemanasan global. Pemanasan global dapat menyebabkan perubahan iklim secara global.

Kasus/Permasalahan

1.  Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan pemanasan global?
2.  Buatlah kliping tentang dampak dari pemanasan global.di Jawa Timur!