Menentukan isi pesansingkat sesuai ilustrasi
Indikator : Menulis isi pesan singkat sesuai konteksIndikator Soal : Disajikan ilustrasi kegiatan sekolah, siswa dapat menentukan isi pesan singkat sesuai ilustrasi tersebut.
Soal :
Cermati ilustrasi berikut!
Untuk meringankan korban banjir, Pembina OSIS SMP Tunas memerintahkan Ketua OSIS untuk menggalang dana dari seluruh siswa. Batas akhir penyerahan sumbangan tanggal 26 September 2014. Penggalangan dana tersebut agar disosialisasikan mulai tanggal 2 September 2014.
Pesan singkat yang tepat disampaikan Pembina OSIS kepada Ketua OSIS adalah …
A. Buat pengumuman penggalangan dana seluruh siswa bagi korban banjir paling lambat 2 September 2014. Umumkan mulai 26 September 2013.
B. Galang dana dari seluruh siswa untuk korban banjir. Penyerahan paling lambat 26 September 2014. Sosialisasikan mulai 2 September 2014.
C. Tolong, galang dana dari seluruh siswa bagi korban banjir. Penyerahan paling lambat 26 September 2014. Salurkan mulai 2 September 2014.
D. Umumkan kepada seluruh siswa agar mengumpulkan sumbangan bagi korban banjir
paling lambat 2 September 2014. Bagikan 26 September 2014.
Kunci Jawaban: B
Pembahasan:
Pesan singkat yang paling sesuai dengan ilustrasi adalah pilihan B.
Menentukan Isi Pesan Singkat dan Paragraf Laporan |
Menentukan paragraf laporan yang tepat
Indikator : Menulis laporan/pengumuman/resensiIndikator Soal : Disajikan kalimat-kalimat laporan secara acak, siswa dapat menentukan paragraf laporan yang tepat.
Soal :
Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
- Di sana kami disambut oleh puluhan anak-anak yang bekerja sebagai pemulung dan para pejabat setempat.
- Tepat pukul 08.00 WIB kami bergerak dari sekolah ke permukiman di sekitar pembuangan akhir sampah.
- Suasana haru meliputi kami hingga derai air mata membasahi pipi.
- Setelah dilakukan upacara penyambutan, penyerahan sumbangan dilaksanakan secara sederhana.
- Perjalanan panjang pun dilakukan dan pada pukul 10.00 WIB rombongan tiba di lokasi.
Susunan paragraf laporan yang padu berdasarkan kalimat-kalimat tersebut adalah ….
A. (1) – (3) – (2) – (5) – (4)
B. (2) – (5) – (1) – (4) – (3)
C. (3) – (4) – (1) – (2) – (5)
D. (5) – (2) – (1) – (4) – (5)
Kunci Jawaban: B
Pembahasan:
Kata yang dirujuk sebagai penanda keterpaduan antarkalimat (2) Tepat pukul 08.00 WIB kami bergerak dari sekolah ke permukiman; (5) Perjalanan panjang pun dilakukan dan pada pukul 10.00 WIB rombongan tiba di lokasi. (1) Di sana kami disambut oleh puluhan anak-anak, dst.