Menentukan Teks Pengumuman dan Paragraf Resensi

Menentukan teks pengumuman yang sesuai dengan ilustrasi 

Indikator : Menulis laporan/pengumuman/resensi
Indikator Soal : Disajikan ilustrasi kegiatan, siswa dapat menentukan teks pengumuman yang sesuai dengan ilustrasi tersebut.

Soal :
Cermati ilustrasi kegiatan berikut!

Pengurus OSIS SMP Bintang ingin mengajak seluruh siswa peduli kepada kerindangan sekolah dengan kegiatan Tanam Pohon Bersama. Seluruh siswa diimbau dapat menyumbang satu tanaman ke sekolah. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan tanggal 26 September 2014. Pengurus OSIS merencanakan batas akhir pengumpulan tanaman tanggal 24 September 2014.

Isi pengumuman yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah …
A. Kegiatan Tanam Pohon Bersama akan dilaksanakan pada 26 September. Warga sekolah dapat menyumbangkan satu tanaman paling lambat 24 September 2014.

B. Pemberitahuan ditujukan kepada seluruh siswa bahwa sekolah akan mengadakan kegiatan Tanam Pohon Bersama pada tanggal 24 s.d. 26 September 2014.

C. Tanam Pohon Bersama akan dilaksanakan pada 26 September 2014. Diharapkan teman-teman dapat menyumbangkan satu tanaman paling lambat 24 September 2014.

D. Seluruh siswa diimbau dapat menyumbangkan satu tanaman untuk kegiatan Tanam Pohon Bersama di sekolah paling lambat 24 September 2013.

Kunci Jawaban: C

Pembahasan:
Pengumuman harus sesuai dengan keadaan sebenarnya. Berdasarkan ilustrasi, pengumuman yang paling tepat terdapat pada pilihan C.
Menentukan Teks Pengumuman dan Paragraf Resensi
Menentukan Teks Pengumuman dan Paragraf Resensi

Mengemukakan keunggulan dan kelemahan buku, menentukan paragraf resensi yang tepat

Indikator : Menulis laporan/pengumuman/resensi
Indikator Soal : Disajikan data buku yang mengemukakan keunggulan dan kelemahan buku, siswa dapat menentukan paragraf resensi yang tepat.

Soal :
Perhatikan data buku berikut!

Judul buku : Optimalkan Peran Otak
Pengarang : Qaulan Tsaqila
Tahun terbit : 2012
Keunggulan buku :
  • Isi buku sangat bermanfaat bagi pelajar
  • Bahasa yang digunakan sangat komunikatif
Kekurangan buku : Tampilan sampul buku seadanya

Paragraf resensi yang tepat sesuai data buku tersebut adalah …
A. Buku Optimalkan Peran Otak karangan Qaulan Tsaqila, diterbitkan pada tahun 2012. Buku ini mempunyai tampilan yang digarap secara baik. Bahasa yang digunakannya sangat komunikatif, sehingga memudahkan pembaca memahaminya.

B. Buku Optimalkan Peran Otak ditulis oleh Qaulan Tsaqila. Buku ini mulai diedarkan tahun 2012. Buku ini sangat bermanfaat karena bisa menjadi pedoman bagi pelajar dalam memaksimalkan potensi otaknya. Bahasanya sangat mudah dipahami, sehingga memudahkan pembaca.

C. Buku Optimalkan Peran Otak karangan Qaulan Tsaqila ini mempunyai keunggulan karena bisa menjadi pedoman bagi pelajar dalam memaksimalkan potensi otaknya. Sayang bahasanya sangat komunikatif, sehingga memudahkan pembaca memahaminya. Kemudian, ada yang sedikit mengganggu, tampilan sampul buku ini yang terkesan sangat seadanya.

D. Buku Optimalkan Peran Otak ditulis oleh Qaulan Tsaqila. Buku yang mulai diedarkan tahun 2012 ini bisa menjadi pedoman bagi pelajar dalam memaksimalkan potensi otaknya. Bahasa yang digunakannya sangat mudah dipahami, sehingga memudahkan pembaca. Meski sampul buku terkesan seadanya, buku ini tetap layak dibaca.


Kunci Jawaban: D

Pembahasan:
Resensi: pertimbangan, ulasan, telaah sebuah buku. Tujuan resensi adalah memberitahukan kepada masyarakat umum. Adapun yang diulas dalam resensi buku adalah identitas buku, isi buku, kekurangan buku, dan saran bagi buku tersebut. Keunggulan dan kelemahan tergambar pada resensi. Kelemahan dikemukakan dengan cara dibungkus kelebihan. Meski sampul buku terkesan seadanya, buku ini tetap layak dibaca.