Menentukan Larik Bermajas dan Mengidentifikasi Unsur Intrinsik

Menentukan larik bermajas pada puisi

Indikator : Mengidentifikasi unsur intrinsik puisi
Indikator Soal : Disajikan sebuah puisi, siswa dapat menentukan larik bermajas pada puisi tersebut.

Soal :
Bacalah puisi berikut dengan saksama!

Si Jago Merah
Bila manusia teledor
Amarahmu memuncak
Melumatkan harta benda
Kerugian kan menimpa manusia

Larik bermajas pada kutipan puisi tersebut terletak pada ....
A. larik pertama dan kedua
B. larik pertama dan keempat
C. larik kedua dan larik ketiga
D. larik kedua dan larik keempat


Kunci Jawaban: C

Pembahasan:
Larik bermajas yang yang tepat untuk melengkapi puisi tersebut adalah jawaban C. Larik kedua dan ketiga menggunakan majas personifikasi.
Menentukan Larik Bermajas dan Mengidentifikasi unsur intrinsik
Menentukan Larik Bermajas dan Mengidentifikasi unsur intrinsik

Menentukan cara pengarang menggambarkan watak tokohnya

Indikator : Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek/cerita anak
Indikator Soal : Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat menentukan cara pengarang menggambarkan watak tokohnya.
Contoh Soal :
Bacalah kutipan cerpen berikut!

Mungkin karena saya masih diam dan bermuka tak damai, kembali si pengemis dengan mimik yang meyakinkan menadahkan tangan.
“Tolonglah beri makan sedikit saja Tuan. Dari kemarin saya belum makan, Lapar Tuan…”
Terdorong oleh perasaan kemanusiaan yang sama-sama punya hak atas hasil bumi nusantara ini, saya berdiri. Lalu sepotong roti tawar saya comot dari piring. Lantas roti itu saya lemparkan kepadanya. Pas jatuh di lantai dekat kakinya.

Cara mengetahui watak tokoh saya yang tidak santun dalam kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. dialog antartokoh
B. penceritaan tokoh lain
C. penyebutan langsung
D. penggambaran tindakan


Kunci Jawaban: D

Pembahasan:
Penggambaran watak tokoh pada kutipan cerpen tersebut melalui penggambaran tindakan.