Menulis Slogan dan Poster Dengan Baik dan Benar

Slogan dan poster serta cara-cara menulisnya - Pada pembahasan materi bahasa Indonesia kali ini akan membahas mengenai cara atau teknik membuat slogan dan poster dengan baik dan benar sehingga dapat mudah dipahami mereka yang melihat dan membaca dan juga materi bertujuan agar nantinya sobat akan dapat menunjukkan macam-macam slogan/poster. Kamu pun dapat menulis slogan/poster dengan baik, untuk lebih jelasnya dapat kalian simak dalam penjelasan berikut ini!

Cara Menulis Slogan dan Poster Dengan Baik dan Benar

Ketika melakukan bakti sosial, kita perlu memasang slogan ataupun poster. Tujuannya mengajak masyarakat sekitarnya melakukan kegiatan yang sama. Mungkin pula bertujuan sekadar memberitahukan kegiatan itu kepada umum.

Perhatikan contoh-contohnya kalimat slogan di bawah ini.
  • Bersih itu indah.
  • Ayo, bersama kita bisa!
  • Bandung Bermartabat
  • Ayo Menabung!
  • Awas Demam Berdarah
  • Budayakan Antri!
Kata-kata seperti itulah yang dimaksud dengan slogan. Slogan merupakan kata-kata yang bersifat membangkitkan semangat. Slogan bisa juga merupakan suatu prinsip hidup. Seperti contoh di atas, Bandung Bermartabat.

Menulis Slogan dan Poster Dengan Baik dan Benar
Menulis Slogan dan Poster Dengan Baik dan Benar
Slogan tersebut merupakan prinsip pemerintah dan masyarakat Kota Bandung dalam kehidupan mereka, yani mewujudkan Bandung serbagai kota yang terpandang dan memiliki harga diri.

Slogan dikenal pula pada zaman perjuangan dahulu, misalnya Merdeka atau mati, Sekali merdeka tetap merdeka, Esa hilang dua terbilang. Slogan-slogan tersebut digunakan para pejuang untuk membangkitkan semangat perlawanan mereka terhadap para penjajah.

Kata-kata khas lainnya yang sering ditemukan di perjalanan adalah poster. Adapun yang dimaksud dengan poster adalah tulisan atau plakat yang dipasang di tempat-tempat umum, yang merupakan pengumuman atau iklan. Poster pada umumnya berisi bujukan atau pemberitahuan. Selain menggunakan kata-kata, poster sering pula dilengkapi dengan gambar. Untuk lebih jelasnya, perhatkan contoh berikut.

“Merdeka atau mati” itulah slogan para pejuan
Contoh slogan “Merdeka atau mati” itulah slogan para pejuang
Langkah-langkah membuat sebuah slogan poster yang baik dan benar:
  1. Tentukan masalah yang akan dijadikan slogan/poster.
  2. Menentukan informasi atau pesan yang akan disampaikan.
  3. Menentukan kalimat-kalimat yang akan dituliskan.
  4. Menuangkan rancangan kata-kata itu dalam kertas manila atau kertas gambar dengan menggunakan jenis huruf yang menarik dan warna-warna yang menwaan.
  5. Khusus untuk poster, perlu dilengkapi dengan gambar-gambar yang sesuai.
Contoh slogan perusahaan pegadaian
Contoh slogan perusahaan pegadaian

Contoh slogan produk nike
Contoh slogan produk nike
Slogan merupakan kata-kata yang bersifat membangkitkan semangat. Slogan dapat juga merupakan suatu prinsip hidup. Adapun yang dimaksud dengan poster adalah tulisan atau plakat yang di pasang di tempat-tempat umum, yang merupakan pengumuman atau iklan. Poster pada umumnya berisi bujukan atau pemberitahuan. Selain menggunakan kata-kata, poster sering dilengkapi dengan gambar.

Sekian pembahasan mengenai Menulis Slogan dan Poster Dengan Baik dan Benar dan juga contoh slogan didalam poster yang dapat kita temui dalam kehidupan sehari-hari, jika bukan artikel ini yang kalian cari mungkin materi dibawah ini dapat menjawabnya, selamat belajar!