Tahapan alur dalam novel

Menjelaskan Alur Novel - Pada pembahasan materi bahasa Indonesia kali ini akan membahas mengenai tahap atau langkah-langkah dalam membuat alur di dalam novel, sehingga nantinya sobat dapat mendata tahap-tahap alur novel dan menjelaskan jenis alur novel itu dengan baik dan benar, untuk lebih jelasnya dapat kalian simak dalam penjelasan singkat berikut ini!

Tahapan alur dalam novel

Seperti halnya diskusi yang memiliki tahap-tahapannya, novel pun demikian, memilik urutan peristiwa yang saling berhubungan. Urutan peristiwa dalam novel disebut dengan alur. Definisi lebih lengkapnya, alur merupakan urutan bagian-bagian cerita yang memiliki hubungan sebab akibat.

Berikut contoh alur.
Perhatikan, cuplikan cerita berikut!

Aku segera saja menuju eskalator dengan tergesa-gesa. Akan tetapi, bruuk! Aku terjatuh ke belakang. Belanjaanku pun berantakan. Orang-orang melihat ke arahku sambil tersenyum.
contoh alur cuplikan cerita
contoh alur cuplikan cerita

Sebab
  • Aku menuju eskalator dengan tergesa-gesa.
Akibat 1
  • Aku terjatuh kebelakang.
Akibat 2
  • Belanjaanku berantakan.
Akibat 3
  • Orang-orang melihat ke arahku sambil tersenyum.
Bentuk alur cerpen ataupun novel tidak selalu sama antara yang satu dan yang lainnya. Namun, secara umum alur itu terbagi ke dalam bagian-bagian berikut.

Secara umum jalan cerita terbagi ke dalam bagian-bagian berikut.
1. Pengenalan situasi cerita
Dalam bagian ini, pengarang memperkenalkan para tokoh, menata adegan dan hubungan antartokoh.

2. Pengungkapan peristiwa
Dalam bagian ini disajikan peristiwa awal yang menimbulkan berbagai masalah, pertentangan, ataupun kesukaran-kesukaran bagi para tokohnya.

3. Menuju pada adanya konflik
Terjadi peningkatan perhatan kegembiraan, kehebohan, ataupun keterlibatan berbagi situasi yang menyebabkan bertambahnya kesukaran tokoh.

4. Puncak konflik
Bagian ini disebut pula sebagai klimaks. Inilah bagian cerita yang paling besar dan mendebarkan. Pada bagian pula, ditentukannya perubahan nasib beberapa tokohnya. Misalnya, apakah dia berhasil menyelesaikan masalahnya atau gagal.

5. Penyelesaian
Sebagai akhir cerita, pada bagian ini berisi penjelasan tentang nasib-nasib yang dialami tokohnya setelah mengalami peristiwa puncak itu. Namun ada pula novel yang penyelesaian akhir ceritanya itu diserahkan kepada imajinasi pembaca. Jadi, akhir ceritanya itu dibiarkan menggantung, tanpa ada penyelesaian.

Berikut ini contoh novel yang dapat kalian coba membuat tahapan alurnya
Satu Siang di Lintas Aceh
Jalan sepanjang Cot Meurah dan Loh Atas terus menimang-nimang mobil kami. Kelokan yang jumlahnya bisa mencapai belasan setiap kilometer, membuat pinggang kami serasa ditekuk-tekuk. Belum lagi tanjakan dan turunan yang lebih banyak ketimbang jalan datar. Selalu siap melemparkan kami ke jurang di kiri atau kanan jalan.

Aku sebenarnya sudah sangat kelelahan mengendalikan laju roda empat ini. Namun, demi keselamatan Inang dan Aida yang berada di dalam mobil, aku paksakan terus menginjak pedal gas dalam-dalam. Lima gerigi persneling rasanya tak mampu memuaskan keinginanku agar lebih cepat tiba ke tempat tujuan.

Sesungguhnya bukan belokan, tanjakan, atau turunan tajam yang aku takutkan. Aku sudah tahu betul bagaimana menghadapi medan berat antara Cot Meurah dan Loh Atas. Dulu, ketika Nanggroe kami belum kembali memanas seperti sekarang, sedikitnya dua kali setahun aku harus mengunjungi keluarga. Tepatnya saat Hari Raya Idul Fitri.

Beasiswa yang kudapat dari Departemen Keuangan memang sangat istimewa. Selain seluruh fasilitas kuliah gratis, aku beserta empat puluh sembilan orang siswa lain dari seluruh pelosok Nusantara, juga mendapat asrama dan makan gratis. Belum termasuk uang saku bulanan, yang jumlahnya terbilang besar untuk ukuran orang desa sepertiku.

Celakanya Inang tidak mau menerima alasanku. Surat balasan berisi empat lembar penuh nasehat, datang lagi ke asrama tiga pekan setelahnya. "Rasanya waktu satu atau dua pekan, tak akan banyak menggangu kuliahmu, asal kau pandai-pandai mengatur jadwal," tulisnya.

Izin mengambil beasiswa di Jakarta, masih menurut Inang, bukan untuk menjauhkan aku dari keluarga. Aku diizinkan ke Jakarta, agar menjadi orang bijak dalam segala hal. Bijak kepada siapa saja. Terutama terhadap orang tua.

Dalam beberapa hal lain, Inang sebetulnya sangat pengertian. Ia sama sekali tidak marah ketika mengetahui anak sulungnya mulai merokok di pertengahan kelas tiga SMA. Lumrah, namanya juga laki-laki, katanya. Dan berbeda dengan Bapak yang setengah memaksa masuk perguruan tinggi Islam di Banda Aceh. Inang menyerahkan sepenuhnya kepadaku dalam melanjutkan pendidikan.

Inang juga tidak pernah banyak berkomentar mengenai hal-hal kurang prinsipil. Misalnya terhadap kebiasaanku mengenakan celana jeans dengan sobekan di lutut. Baginya, lebih penting menasihati anaknya agar menempatkan kewajiban salat lima waktu di atas segala-galanya. Sedang tentang cara berpakaian dianggapnya adalah urusan kecil.

Lain soal jika sudah menyangkut urusan pulang kampung. Terutama saat Lebaran dan Idul Adha. Sedikit pun dia tak mau berkompromi. "Kalau kau malu memakai tiket pesawat gratis dari negara, Inang masih punya beberapa ekor sapi. Kau bisa gunakan itu. Yang penting kau, Bapak, Inang, dan Aida, bisa salat ied bersama sama,'' sebuah tawaran yang sama sekali sulit aku tolak.

Apalagi setelah Bapak meninggal. Ia selalu mengingatkan sejak jauh-jauh hari agar aku tidak pulang....
Sumber: Wibiksana, 2004, Saat Hati Kecil Berbisik, hlm: 66-71.

Alur merupakan urutan bagian-bagian cerita yang memiliki hubungan sebab akibat. Bentuk alur cerpen ataupun novel tidak selalu sama antara yang satu dengan yang lainnya. Secara umum jalan cerita terbagi ke dalam bagian-bagian berikut: (a) pengenalan situasi cerita, (b) pengungkapan peristiwa, (c) menuju pada adanya konflik, (d) puncak konflik, (e) penyelesaian.

Materi kali ini mencoba menjawab beberapa pertanyaan yang sering dicari antara lain sebutkan dan jelaskan tahapan alur cerpen, tahapan alur dalam cerita pendek, contoh tahapan alur novel, contoh cerpen beserta tahapan alur.

Sekian pembahasan mengenai Tahapan alur dalam novel semoga dapat membantu sobat dalam proses belajar, jika bukan artikel ini yang sobat cari mungkin artikel dibawah ini dapat menjawabnya, selamat belajar!