Dampak Perdagangan Internasional Terhadap Perekonomian Indonesia

Dampak Positif dan Negatif Perdagangan Internasional Terhadap Perekonomian Indonesia - Perdagangan internasional membawa pengaruh yang cukup besar dalam perekonomian Indonesia. Pengaruh tersebut ada yang bersifat positif, ada pula yang negatif. Berikut ini beberapa dampak yang ditimbulkan dari pedagangan internasional.

Dampak Perdagangan Internasional Terhadap Perekonomian Indonesia

Dampak Perdagangan Internasional Terhadap Perekonomian Indonesia
Pelaksanaan Ganefo. Dampak Perdagangan Internasional Terhadap Perekonomian Indonesia

1. Dampak Positif Perdagangan Internasional

Dampak Positif Perdagangan Internasional - Berikut ini beberapa dampak positif perdagangan internasional.
  • a. Saling membantu memenuhi kebutuhan antarnegara 

Terjalinnya hubungan di antara negara-negara yang melakukan perdagangan dapat memudahkan suatu negara memenuhi barang-barang kebutuhan yang belum mampu diproduksi sendiri. Mereka dapat saling membantu mengisi kekurangan dari setiap negara, sehingga kebutuhan masyarakat terpenuhi.
  • b. Meningkatkan produkti itas usaha

Dengan adanya perdagangan internasional, kemajuan teknologi yang digunakan dalam proses produksi akan meningkat. Meningkatnya teknologi yang lebih modern dapat meningkatkan produkti itas perusahaan dalam menghasilkan barang-barang.
  • c. Mengurangi pengangguran

Perdagangan internasional dapat membuka kesempatan kerja baru, sehingga hal ini menjadi peluang bagi tenaga kerja baru untuk memasuki dunia kerja. Semakin banyak tenaga kerja yang digunakan oleh perusahaan, maka pengangguran dapat berkurang.
  • d. Menambah pendapatan de isa bagi negara

Dalam kegiatan perdagangan internasional, setiap negara akan memperoleh de isa. Semakin banyak barang yang dijual di negara lain, perolehan devisa bagi negara akan semakin banyak.

2. Dampak Negatif Perdagangan Internasional

Selain dampak positif, perdagangan internasional juga memberikan dampak negatif bagi perekonomian Indonesia. Berikut ini beberapa dampak negatif dari perdagangan internasional.
  • a. Adanya ketergantungan dengan negara-negara pengimpor

Untuk memenuhi kebutuhan barang-barang yang tidak diproduksi dalam negeri, pemerintah akan mengimpor dari negara lain. Kegiatan mengimpor ini dapat mengakibatkan ketergantungan dengan negara pengimpor.
  • b. Masyarakat menjadi konsumtif

Banyaknya barang-barang impor yang masuk ke dalam negeri menyebabkan semakin banyak barang yang ada di pasar baik dari jumlah, jenis, dan bentuknya. Akibatnya akan mendorong seseorang untuk lebih konsumtif, karena semakin banyak barang-barang pilihan yang dapat dikonsumsi.
  • c. Mematikan usaha-usaha kecil

Perdagangan internasional, dapat menimbulkan persaingan industri dengan negara-negara lain. Industri yang tidak mampu bersaing tentu akan mengalami kerugian, sehingga akan mematikan usaha produksinya. Dalam jangka panjang, hal ini dapat menyebabkan pengangguran.

Rangkuman Perdagangan Internasional

Perdagangan internasional adalah tukar-menukar barang atau jasa antara dua atau lebih negara melalui kegiatan ekspor dan impor. Faktor-faktor pendorong perdagangan internasional antara lain: sumber daya alam yang dimiliki, teknologi, penghematan biaya produksi, dan perbedaan selera.

Manfaat perdagangan internasional antara lain meningkatkan hubungan persahabatan antarnegara, kebutuhan setiap negara dapat tercukupi, mendorong kegiatan produksi barang secara maksimal, mendorong kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, setiap negara dapat mengadakan spesialisasi produksi, dan memperluas lapangan kerja.

Hambatan perdagangan internasional terdiri atas perbedaan mata uang antarnegara, kualitas sumber daya yang rendah, pembayaran antarnegara sulit dan risikonya besar, adanya kebijaksanaan impor dari suatu negara, terjadinya perang, dan adanya organisasi-organisasi ekonomi regional.

Devisa adalah alat-alat pembayaran luar negeri atau semua barang yang dapat diterima di dunia internasional sebagai alat pembayaran. Sumber penerimaan devisa antara lain ekspor barang, penerimaan jasa, penerimaan dari turis mancanegara, pinjaman luar negeri, bantuan luar negeri, pungutan bea masuk, dan kiriman uang asing dari luar negeri ke dalam negeri. Valuta asing adalah mata uang yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran di negara lain.

Kebijaksanaan dalam perdagangan internasional antara lain tarif, kuota, larangan impor, subsidi, dan dumping. Perdagangan internasional dapat memberikan dampak positif dan dampak negatif.
  • Dampak positif: saling membantu memenuhi kebutuhan antarnegara, meningkatkan produkti vitas usaha, mengurangi pengangguran, dan menambah devisa bagi negara. 
  • Dampak negatif: adanya ketergantungan dengan negara pengimpor, masyarakat menjadi konsumtif, dan dapat mematikan usaha-usaha kecil.
Sekian artikel mengenai Dampak Positif dan Negatif Perdagangan Internasional Terhadap Perekonomian Indonesia semoga dapat menambah pemahaman sobat tentang dampak negatif dan positif dari perdagangan terhadap perekonomian.