Kondisi Fisik dan Sosial Negara Brunei Darussalam dan Thailand

Kondisi Fisik dan Sosial Negara Brunei Darussalam

  • Nama resmi : Negara Brunei Darussalam
  • Ibukota : Bandar Seri Begawan
  • Luas wilayah : 5.765 km
  • Jumlah penduduk : 343.653 (2002)
  • Kepadatan : 60 jiwa/km
  • Agama : Islam (64 ), Buddha (14 ), Kristen (10 ), Kong Hu Cu, dan lainnya (12 )
  • Suku bangsa : Melayu (65 ), Cina (20 ), suku Dayak (15 )
  • Mata uang : Dollar Brunei
  • Bahasa : Melayu dan Inggris
  • Lagu kebangsaan : Allah Peliharakan Sultan
  • Kemerdekaan : 1 Januari 1984 (dari kekuasaan Inggris)

Kondisi Fisik dan Sosial Negara Brunei Darussalam
Kondisi Fisik dan Sosial Negara Brunei Darussalam
Kondisi Fisik dan Sosial Negara Brunei Darussalam
 Kondisi Fisik dan Sosial Negara Brunei Darussalam - Brunei Darussalam adalah sebuah negara kecil yang sangat makmur di sebelah Utara Pulau Kalimantan dan berbatasan dengan Malaysia. Secara astro-nomis, wilayah negara ini ter-letak pada 5 LU - 4 LS dan 114 BT - 115 30 BT. Negara ini memiliki corak pemerintahan monarki konstitusional dengan sultan yang menjabat sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan, merangkap sebagai perdana menteri dan menteri pertahanan dengan dibantu oleh Dewan Penasihat Kesultanan dan beberapa menteri.


Ekonomi Brunei Darussalam bertumpu pada sektor minyak bumi dan gas dengan pendapatan nasional yang termasuk tinggi di dunia. Satuan mata uangnya adalah Dolar Brunei yang memiliki nilai sama dengan Dolar Singapura. Selain bertumpu pada sektor minyak bumi dan gas, pemerintah Brunei mencoba melakukan di ersifikasi sumber-sumber ekonomi dalam bidang perdagangan.

a. Potensi Alam Brunei Darussalam

  1. Kawasan daratan di Brunei didominasi ketampakan alam dataran rendah dengan sedikit perbukitan di bagian Timurnya.
  2. Memiliki sumber daya alam minyak bumi dan gas alam yang sangat besar.
  3. Di bidang pertanian, negara ini adalah penghasil kelapa, karet, dan kelapa sawit yang cukup besar.

b. Potensi Pariwisata Brunei Darussalam

Potensi Pariwisata Brunei Darussalam - Bentuk wisata yang dikembangkan pemerintah Brunei Darussalam adalah wisata budaya, misalnya kehidupan masyarakat terapung di daerah yang disebut dengan Kota Air dan istana kesultanan Brunei yang dihiasi oleh lapisan emas di kubah utamanya.

c. Potensi Industri Brunei Darussalam

Potensi Industri Brunei Darussalam - Industri minyak adalah industri utama di Brunei Darussalam. Selain itu, terdapat juga industri gas alam. Penambangan minyak dan gas alam ini dilakukan di darat dan lepas pantai.

d. Potensi Sosial Budaya Brunei Darussalam

Potensi Sosial Budaya Brunei Darussalam - Penduduk Brunei Darussalam di-dominasi oleh suku bangsa Melayu, sisanya adalah suku bangsa Cina, Kedayan, Kadazan, dan Dayak. Bahasa resminya adalah bahasa Melayu. Namun dalam penggunaan sehari-hari, penduduknya ada yang berbahasa Mandarin dan Inggris.

Kondisi Fisik dan Sosial Negara Thailand

  • Nama resmi : Raja-anachakra Thai atau Prath–t Thai
  • Ibukota : Bangkok
  • Luas wilayah : 512.820 km
  • Jumlah penduduk : 62.354.402 (2002)
  • Kepadatan : 121 jiwa/km
  • Agama : Mayoritas Buddha (95), Islam (4), sisanya Kristen dan Hindu 
  • Suku bangsa : Mayoritas Thai, Lao, Melayu, Cina, Mon, dan Khmer
  • Mata uang : Bath
  • Bahasa : Thailand (bahasa resmi) dan Inggris
  • Lagu kebangsaan : Phleng Chat
  • Kemerdekaan : (tidak mengalami penjajahan)
Kondisi Fisik dan Sosial Negara Thailand

Kondisi Fisik dan Sosial Negara Thailand
Kondisi Fisik dan Sosial Negara Thailand

Kondisi Fisik dan Sosial Negara Thailand - Kerajaan Thailand (Muang Thai) adalah sebuah negara di Asia Tenggara yang berbatasan dengan Laos dan Kampuchea di Timur, Malaysia dan Teluk Siam di Selatan, dan Myanmar dan Laut Andaman di Barat. Secara astronomis, negara ini terletak antara 6 LU - 20 LU dan 98 BT - 116 BT.

Thailand dulu dikenal dengan nama Siam, sampai saat ini nama Siam masih digunakan di kalangan orang Thai, terutama kaum minoritas Tionghoa. Thailand juga sering disebut Negeri Gajah Putih, karena gajah putih merupakan binatang yang dianggap keramat oleh penduduk.

Thailand memiliki ariasi wilayah geografis yang berbeda. Di sebelah Utara, keadaannya bergunung-gunung dan titik tertingginya berada di Doi Inthanon (2.576 m). Sebelah Timur Laut terdiri atas hamparan Plato Khorat yang dibatasi oleh Sungai Mekong. Wilayah Tengah didominasi Lembah Sungai Chao Phraya yang hampir seluruhnya datar dan mengalir ke Teluk Thailand. Di sebelah Selatan terdapat Tanah Genting ra yang melebar ke Semenanjung Melayu.

Cuaca setempat adalah tropis dan bercirikan monsun. Ada monsun hujan, hangat, dan berawan dari sebelah Barat Daya antara pertengahan Mei dan September, serta monsun yang kering dan sejuk dari sebelah Timur Laut dari Novmber hingga pertengahan Maret. Tanah genting di sebelah Selatan selalu panas dan lembap.

Penduduk Thailand didominasi etnis Thai dan Lao. Selain itu, juga terdapat komunitas besar etnis Tionghoa yang memegang peranan besar dalam bidang ekonomi. Etnis lainnya termasuk etnis Melayu di Selatan, Mon, Khmer, dan berbagai suku orang bukit. Sekitar 95% penduduk Thailand adalah pemeluk agama Buddha aliran Thera ada. Namun, ada minoritas pemeluk agama Islam, Kristen, dan Hindu. Bahasa Thailand merupakan bahasa nasional yang ditulis menggunakan aksaranya sendiri, tetapi ada juga bahasa daerah lainnya. Bahasa Inggris juga diajarkan secara luas di sekolah.

a. Potensi Alam Thailand

  1. Memiliki ariasi bentang alam yang seragam.
  2. Wilayahnya relatif subur karena banyak terdapat gunung api dan lembah-lembah sungai.
  3. Kaya akan hasil pertanian, perkebunan, dan hasil-hasil hutan, seperti padi, jagung, tebu, umbi-umbian, buah-buahan tropis, karet, cengkih, kopra, dan berbagai jenis kayu (terutama kayu jati dan kayu besi).
  4. Memiliki potensi peternakan yang besar, terutama ternak babi dan kerbau.
  5. Memiliki pantai yang indah dan perairan di kawasan teluk yang tenang.

b. Potensi Sosial Budaya Thailand

Potensi Sosial Budaya Thailand - Negara Thailand memiliki penduduk yang berasal dari multietnis yaitu bangsa Thai (85), sedangkan sisanya adalah keturunan Cina, India, dan Melayu. Masing-masing mempunyai tradisi dan kebudayaan serta beragam bahasa yang masih dijunjung tinggi. Selain itu, Thailand juga memiliki bangunan-bangunan bersejarah yang terawat baik. Diantaranya adalah berupa candi-candi Buddha. Salah satu candi yang terkenal adalah Wat Arun yang berada di kota Bangkok.

c. Potensi Industri Thailand

  1. Memiliki banyak sumber daya barang mentah, seperti hasilhasil pertanian dan pertambangan.
  2. Hasil pertambangan meliputi timah (hasil pertambangan utama), tembaga, minyak dan gas, bijih besi, emas, timbal, dan wolfram.
  3. Industri yang dikembangkan masih bersifat industri pengolahan hasil alam, seperti pengolahan beras, pengolahan karet mentah, pemintalan benang, tekstil, semen, dan berbagai produk olahan minyak bumi.
  4. Saat ini mulai berkembang industri perakitan komponen elektronika dan otomotif.

d. Potensi Perdagangan Thailand

Potensi Perdagangan Thailand - Komoditas ekspor Thailand terdiri atas hasil pertanian dan industri. Berbagai barang komoditas ekspor Thailand, yaitu beras, tepung tapioka, karet, kayu, berbagai jenis ikan laut, tembaga, dan timah. Saat ini, Thailand mulai mengekspor hasil industri elektronik dan otomotif.

e. Potensi Pariwisata Thailand

Potensi Pariwisata Thailand - Pemerintah Thailand menggabungkan konsep wisata alam dan wisata budaya. Salah satu objek wisata alam yang terkenal adalah Pantai Pattaya di Teluk Siam dan panorama indah pegunungan di Chiang Mai (Pegunungan Utara). Wisata budaya berupa bangunan-bangunan sejarah atau tarian khas Thailand. Wisata budaya dapat juga dilakukan dengan cara berkeliling kota Bangkok atau kota-kota besar lainnya.

   Baca Juga      Kondisi Fisik dan Sosial Negara Singapura dan Filipina  
 
Sekian pembahasan materi tentang Kondisi Fisik dan Sosial Negara Brunei Darussalam dan Thailand semoga dapat menambah wawasan sobat dalam hal Potensi Alam, Potensi Sosial Budaya, Potensi Industri dan Perdagangan, dan Potensi Pariwisata Negara Brunei Darussalam dan Negara Thailand.