Kondisi Fisik dan Sosial Negara Singapura dan Filipina

Kondisi Fisik dan Sosial Negara Singapura

[Image]

  • Nama resmi : Republik Singapura
  • Ibukota : Singapura
  • Luas wilayah : 583 km
  • Jumlah penduduk : 4.425.720 (2005)
  • Kepadatan : 7.591 jiwa/km
  • Agama : Buddha (31,9 ), Tao (21,9 ), Islam (14,9 ), Kristen (12,9 ), Hindu (3,3 ), dan lainnya 0,6 , sedangkan sisanya (14,5 ) tidak beragama
  • Suku bangsa : Etnis Cina (77,3 ), etnis Melayu yang merupakan penduduk asli (14,1 ), etnis India (7,3 ), dan etnis lainnya (1,3 ) Mata uang : Dollar Singapura.
  • Bahasa : Inggris, Mandarin, Melayu, Tamil (bahasa resmi) dan Melayu (bahasa nasional)
  • Lagu kebangsaan : Majulah Singapura
  • Kemerdekaan : Tahun 1959 (dari kekuasaan Inggris)
[Image]
Kondisi Fisik dan Sosial Negara Singapura

Kondisi Fisik dan Sosial Negara Singapura - Secara astronomis, Singapura terletak di antara 1 15 LU - 1 30 LU dan 103 38 BT - 104 BT. Negara ini memiliki batas perairan Selat Johor di sebelah Utara dan Barat, serta Selat Singapura di sebelah Timur dan Selatan.
Singapura terdiri atas pulau utama (Pulau Singapura) dan sekitar 50 pulau kecil yang mengelilinginya. Negara ini beriklim tropis dan mempunyai dua musim, yaitu musim hujan yang sejuk (November - Maret) dan musim kering yang panas (April - September). Sementara itu, pada bulan September - November dan bulan Maret - April mengalami musim pancaroba.

Pembangunan di Singapura dilakukan dengan pesat, sehingga menjadi sebuah negara yang sukses dari segi ekonomi. Dengan pendapatan perkapita yang setara dengan negara-negara Eropa Barat. Bahkan mata uangnya termasuk dalam jajaran lima mata uang terkuat dunia (Poundsterling, US Dollar, Yen, Euro, dan Dollar Singapura). Singapura merupakan salah satu negara terpadat di dunia. Sekitar 85% dari rakyatnya tinggal di rumah susun yang disediakan oleh Dewan Pengembangan Perumahan.

a. Potensi Alam Singapura

  1. Memiliki banyak pulau yang mengelilingi pulau utama.
  2. Banyak memiliki waduk yang dapat dimanfaatkan sebagai irigasi dan sumber energi.
  3. Memiliki letak strategis, terutama di jalur pelayaran.
  4. Keadaan di daratan utama relatif rata atau datar, sehingga pembangunan fisik dapat dilaksanakan ke segala arah tanpa adanya rintangan alam yang berarti.

b. Potensi Sosial Budaya Singapura

Potensi Sosial Budaya Singapura - Singapura merupakan negara dengan jumlah penduduk terpadat di kawasan Asia Tenggara yang terdiri atas multietnis (Melayu, Cina, India, dan Eropa). Tata kehidupan masyarakatnya merupakan perpaduan antara budaya Timur dan budaya Barat. Kondisi ekonomi yang sangat maju menjadikan negara ini mampu memberikan standar upah buruh tertinggi di Asia Tenggara.

c. Industri Singapura

Industri Singapura - Singapura merupakan satu-satunya negara di Asia Tenggara yang diakui sebagai anggota NICs (New Industrial Countries). Pengelolaan industri sudah mengarah pada pengolahan bahan produksi dengan sistem mekanisasi dan komputerisasi, sehingga sifat industrinya padat modal.

d. Perdagangan dan Jasa Singapura

Perdagangan dan Jasa Singapura - Letak Singapura yang sangat strategis membuat sektor perdagangan dan jasa berkembang sangat cepat, bahkan terbesar di Asia Tenggara. Singapura menyediakan berbagai fasilitas penerbangan dan pelabuhan laut dengan lengkap, sehingga menjadikannya sebagai tempat singgah sementara (transit) kapal-kapal atau pesawat dari berbagai maskapai yang hendak melanjutkan perjalanannya.

Kondisi politik dan keamanan yang stabil menjadikan Singapura sebagai tujuan investasi, khususnya bagi negara-negara Barat yang hendak memperluas pasarnya di kawasan Asia.

e. Potensi Pariwisata Singapura

Potensi Pariwisata Singapura - Singapura dapat dikatakan tidak memiliki panorama alam yang cukup indah atau peninggalan-peninggalan sejarah yang dapat digunakan sebagai objek wisata. Akan tetapi, wisata yang ditawarkan oleh Singapura adalah wisata belanja. Singapura ibarat etalase bagi perdagangan dunia, karena menyediakan berbagai produk hasil industri dari berbagai negara dengan kualitas yang baik dan dengan harga yang relatif lebih murah bila dibandingkan dengan produk-produk dari negara-negara Barat.

Kondisi Fisik dan Sosial Negara Filipina

  • Nama resmi : Republika Philipinas
  • Ibukota : Manila
  • Luas wilayah : 400.440 km
  • Jumlah penduduk : 87.857.473 (2005)
  • Kepadatan : 220 jiwa/km
  • Agama : Katolik (85 ), Kristen (5 ), Islam (4 ), dan agama lainnya (6 ).
  • Suku bangsa : Filipina, Melayu, Spanyol, campuran antara Melayu-Spanyol, dan Moro Negrito.
  • Mata uang : Peso
  • Bahasa : Tagalog, Inggris, dan Spanyol
  • Lagu kebangsaan : Lupang inirang (Tanah Air yang Dicintai)
  • Kemerdekaan : 12 Juni 1946 (bekas jajahan Spanyol dan Amerika Serikat) dan diakui secara de facto oleh Amerika Serikat pada tanggal 4 Juli 1946.
Kondisi Fisik dan Sosial Negara Singapura dan Filipina
Kondisi Fisik dan Sosial Negara Singapura dan Filipina
 Kondisi Fisik dan Sosial Negara Singapura dan Filipina

Kondisi Fisik dan Sosial Negara Filipina - Secara astronomis, Filipina terletak antara 6 LU – 19 LU dan 116 BT – 126 BT. Berdasarkan letak geografisnya, negara Filipina berbatasan dengan Samudra Pasifik di sebelah Utara dan Timur, berbatasan dengan Laut Cina Selatan di sebelah Barat, dan berbatasan dengan Laut Sulawesi di sebelah Selatan.

Filipina merupakan sebuah negara kepulauan yang terdiri atas 7.107 pulau. Di antara jumlah pulau tersebut terdapat dua pulau yang besar yaitu Pulau Luzon (sebelah Utara) dan Pulau Mindanau (sebelah Selatan).

Berdasarkan letak lintangnya Filipina mem-punyai iklim tropis (panas) yang dipengaruhi oleh angin monsun. Di Filipina Utara dan Tengah sering terjadi badai tropis (angin taifun) yang bertiup dari Samudra Pasifik ke arah Laut Cina Selatan. Kondisi perekonomian Filipina saat ini, mengalami pertumbuhan ekonomi moderat, yang banyak disumbangkan dari pengiriman uang oleh pekerja-pekerja Filipina di luar negeri dan sektor teknologi informasi yang sedang tumbuh pesat.

   Jendela Info      Pada tahun 1986 terjadi protes  rakyat secara besar-besaran yang  menuntut penggulingan rezim Marcos dan adanya konstitusi baru yang berdasarkan pada prinsip demokrasi.

a. Potensi Alam Filipina

Potensi Alam Filipina - Filipina merupakan negara kepulauan yang memiliki banyak gunung api sebagai rangkaian Pegunungan Sirkum Pasifik. Kondisi tanah yang subur sangat menunjang kegiatan agraris yang meliputi bidang pertanian (berupa padi, jagung, dan abaca atau serat manila), bidang perikanan dan kehutanan (hampir separuh wilayah daratannya berupa hutan). Selain itu sungainya yang pendek-pendek dengan aliran yang deras dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi.

b . Potensi Sosial Budaya Filipina

  1. Mayoritas penduduk adalah rumpun bangsa Melayu, suku bangsa yang lain adalah suku bangsa Negrito (penduduk asli di Kepulauan Filipina), Mestizo, Cina, dan Moro.
  2. Satu-satunya negara di Asia yang mayoritas penduduknya ( 80 ) penduduknya beragama Katolik.
  3. Memiliki lebih dari 80 suku daerah dengan dialek bahasanya masing-masing.
  4. Bahasa Tagalog merupakan bahasa nasional, tetapi bahasa Inggris digunakan dalam percakapan sehari-hari. Hal ini menjadikan Filipina sebagai satu-satunya negara di Asia Tenggara yang penduduknya paling banyak menggunakan bahasa Inggris. Hal tersebut dikarenakan pengaruh budaya Barat di negara ini sangat kuat.

c . Potensi Industri Filipina

Potensi Industri Filipina - Industri yang berkembang di Filipina masih didominasi industri pengolahan hasil-hasil alam, seperti pengalengan ikan, pengemasan madu, serta bentuk-bentuk pengolahan makanan lainnya. Selain hasil-hasil pertanian, kegiatan pertambangan juga memegang peranan penting. Beberapa industri pertambangan di Filipina, yaitu pertambangan tembaga di daerah Luzon dan Mindanau emas dan perak di bagian Tenggara Luzon, Cebu, dan Bognito serta bijih besi di Cebu, Luzon, dan Mindanau.

d . Potensi Perdagangan Filipina

Potensi Perdagangan Filipina - Komoditas Filipina yang dapat dikembangkan dalam dunia perdagangan internasional adalah berbagai hasil pertanian, seperti serat manila, gula, kopra, buah-buahan, dan berbagai jenis kayu hutan. Selain itu, hasil industri dan pertambangan yang merupakan komoditas ekspor adalah tembaga, emas, perak, keramik, dan bijih besi.

e. Potensi Pariwisata Filipina

Potensi Pariwisata Filipina - Bentuk wisata yang ditawarkan oleh pemerintah Filipina adalah wisata alam. Hal ini dikarenakan Filipina banyak memiliki danau alam dan pemandangan alam yang indah. Contohnya Danau Lanao (Mindanau).

   Baca Juga      Kondisi Fisik dan Sosial Negara Indonesia dan Malaysia

Sekian pembahasan materi tentang Kondisi Fisik dan Sosial Negara Singapura dan Negara Filipina semoga dapat menambah wawasan sobat dalam hal Potensi Alam, Potensi Sosial Budaya, Potensi Industri dan Perdagangan, dan Potensi Pariwisata Negara Singapura dan Negara Filipina.