Pancasila sebagai Ideologi Persatuan, Terbuka dan Pembangunan

Pancasila sebagai Ideologi Persatuan, Terbuka dan Pembangunan - Indonesia telah merdeka lebih dari 60 tahun, selama itu pula peran dan fungsi Pancasila sebagai ideologi diuji. Peran dan fungsi ideologi Pancasila bagi bangsa Indonesia adalah sebagai berikut.

Pancasila sebagai Ideologi Persatuan, Terbuka dan Pembangunan

1) Pancasila sebagai Ideologi Persatuan

Peran Pancasila yang paling sangat menonjol sejak Indonesia merdeka adalah dalam memper satukan rakyat Indonesia menjadi bangsa yang memiliki kepribadian dan percaya pada diri sendiri. Bangsa Indonesia sebagai bangsa yang majemuk membutuhkan pembentukan pembangunan watak bangsa. Hal ini oleh Presiden Soekarno disebut nation and character building yang bertujuan untuk menggalang persatuan dan kesatuan. Berbagai perbedaan pemikiran dan pandangan hidup masyarakat Indonesia disatukan dalam payung Pancasila.
Pancasila sebagai Ideologi Persatuan, Terbuka dan Pembangunan
Pancasila sebagai Ideologi Persatuan, Terbuka dan Pembangunan. Sumber: Tempo

2) Pancasila sebagai Ideologi Terbuka

Perkembangan berbagai paham di dunia dan derasnya arus globalisasi harus mampu dihadapi bangsa Indonesia agar tidak terseret arus global yang belum tentu baik dan menguntungkan bangsa Indonesia. Oleh karena itu, untuk menjawab tantangan tersebut Pancasila perlu menjadi ideologi terbuka. Jika ideologi nya tertutup, akan menuju kemandegan. Keterbukaan bukan berarti mengubah Pancasila, melainkan mewujudkan nilai-nilai Pancasila secara lebih konkret sehingga memiliki kemampuan yang lebih tajam dalam memecahkan masalah-masalah baru dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Secara umum, fungsi dan peranan Pancasila adala
h sebagai dasar negara. Hal ini mengandung arti bahwa Pancasila digunakan sebagai dasar untuk mengatur penyelenggaraan ketatanegaraan yang me liputi bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan keamanan. Fungsi dan peranan Pancasila sebelumnya telah kita kenal, yaitu sebagai berikut.
a) Jiwa bangsa Indonesia.
b) Jiwa kepribadian bangsa Indonesia.
c) Sumber dari segala sumber hukum.
d) Perjanjian luhur bangsa.
e) Pandangan hidup yang memper satukan bangsa Indonesia.
f) Cita-cita dan tujuan seluruh bangsa Indonesia.
g) Satu-satunya asas dalam ke hidupan berbangsa dan bernegara.
h) Modal pembangunan.

3) Pancasila sebagai Ideologi Pembangunan

Secara mendasar, Pancasila sesuai dengan kodrat manusia dan martabat manusia. Nilai-nilai Pancasila ini mendasari bahwa pembangunan nasional pada hakikatnya adalah pembangunan manusia Indonesia seluruhnya dan pembangunan manusia Indonesia seutuhnya. Pancasila sebagai ideologi pembangunan mendorong pembangunan di Indonesia, bukan hanya dalam pembangunan fisik semata, melainkan juga pembangunan sumber daya manusia.

Sekian materi tentang Pancasila sebagai Ideologi Persatuan, Terbuka dan Pembangunan semoga bermanfaat.