Menulis Surat Pembaca

Menulis Surat Pembaca - Pada pembahasan materi bahasa Indonesia kali ini akan membahas mengenai belajar menulis surat pembaca dan juga menulis surat pembaca tentang lingkungan sekolah, contoh menulis surat pembaca tentang lingkungan sekolah, surat pembaca tentang sekolah, contoh surat pembaca di koran, surat pembaca kompas, pengertian surat pembaca, contoh surat pembaca tentang pendidikan, surat pembaca tentang kebersihan sekolah, untuk lebih jelasnya dapat disimak dalam penjelasan singkat berikut ini!

Contoh Menulis Surat Pembaca

Pernahkah kalian membaca surat pembaca? Tahukah kalian mengenai surat pembaca? Surat pembaca adalah surat yang dibuat oleh seseorang yang ditujukan kepada pihak lain yang dimuat dalam rubrik khusus di surat kabar atau majalah. Tentu kalian dapat menulis surat pembaca seperti mereka yang telah menulis surat dan dimuat di surat kabar. Surat pembaca merupakan surat pribadi yang bersifat resmi.

Disebut pribadi, karena surat pembaca memuat kepentingan pribadi yang dikirim atas nama pribadi, baik ditujukan kepada orang lain secara perorangan, kelompok, ataupun instansi atau lembaga tertentu. Karena surat pembaca bersifat resmi, maka penulisannya harus memerhatikan kaidah bahasa yang baku.
Menulis Surat Pembaca
Menulis Surat Pembaca

Surat pembaca berbeda dengan surat lainnya. Dalam surat pembaca tidak tercantum bagian-bagian surat pada umumnya.

contoh surat pembaca di surat kabar
Peralatan Gigi Bekas Pasien Tidak Dibersihkan
Gigi istri saya diperiksa oleh dokter gigi yang praktik di kawasan Kebun Jahe, Tangerang, dengan diagnosis yang mengagetkan bahwa pada setiap gigi ditemukan banyak yang berlubang, rata-rata satu gigi berlubang dua dan harus segera ditambal. Untuk tahap awal hanya ditambal dua lubang.

Setelah gigi ditambal, istri saya disodorkan satu paket obat-obatan berupa Mefinal 500, Linstrapsin 500, dan Flamar 50 mg masing-masing 10 butir. Obat-obatan itu dibungkus memakai plastik putih transparan berlogo Rumah Bersalin “MM” beralamat di Kelurahan Batu Jaya, Kecamatan Batu Ceper, Kotamadya Tangerang. Paket obat tersebut dihargai Rp100.000,00 tidak termasuk honor dokter gigi dan penambalan dua lubang gigi.

Karena penasaran, saya turut berobat dengan menambal sementara gigi saya yang berlubang. Cara kerja dokter gigi itu tidak profesional dan terkesan jorok. Sebab, setelah menangani istri saya, dokter tidak mencuci semua peralatan yang sudah dipergunakan. Bahkan, istri saya mengingatkan untuk mencuci tangannya. Namun, dokter tersebut tidak mencuci peralatan yang sebelumnya sudah dipergunakan untuk mencungkil gigi istri saya.

Setelah selesai menangani gigi saya, dokter gigi juga menyodorkan kepada saya paket obat yang sama seperti yang disodorkan kepada istri saya. Dokter gigi itu berpesan untuk menghabiskan seluruh paket obat yang dijual tanpa memberikan penjelasan tentang jenis dan manfaat obat yang dimaksud.

Padahal, saya tidak mengalami gejala sakit gigi, radang, gusi bengkak, dan lainnya yang menyangkut kesehatan mulut dan gigi.

Sebagai masyarakat awam saya bertanya, apa boleh seorang dokter gigi menjual obat langsung kepada pasien? Bolehkah dokter gigi memaksa pasien untuk membeli dan mengonsumsi obat-obatan yang tidak diperlukan? Artinya, orang sehat harus mengonsumsi berbagai obat-obatan.
ONG
Poris Plawad, Cipondoh, Tangerang
(Sumber: Kompas, 31 Januari 2008, dengan pengubahan)

Berdasarkan surat pembaca di atas, dapat disimpulkan isi surat tersebut sebagai berikut. Surat tersebut ditulis sebagai reaksi dari protes dan tanggapan seorang pasien kepada dokter gigi terhadap segala ketidakpuasan si pasien (penulis surat) kepada sikap dan tingkah laku dokter gigi.

Sekarang kalian dapat melihat perbedaan antara surat pembaca dengan surat yang lain. Surat pembaca langsung membicarakan maksud atau langsung pada isi, tidak ada bagianbagian lain seperti surat-surat pada umumnya, misalnya tempat dan tanggal penulisan surat alamat surat. Bagian surat seperti salam pembuka dan salam penutup dapat dituliskan dalam surat pembaca.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menulis surat pembaca. Beberapa hal tersebut antara lain berikut.
  1. Surat pembaca dapat berupa permasalahan akan sesuatu serta usul atau saran terhadap sesuatu.
  2. Surat pembaca dapat berupa tanggapan terhadap suatu permasalahan.
  3. Surat pembaca tidak bersifat rahasia, karena isi surat diketahui oleh masyarakat banyak.
  4. Surat pembaca ditulis dengan bahasa yang sopan, jelas, dan komunikatif.
Adapun langkah-langkah menulis surat pembaca adalah berikut.
  1. Menentukan permasalahan, usul, atau saran yang akan disampaikan dalam surat pembaca.
  2. Menentukan hal-hal pokok yang akan ditulis dalam surat pembaca.
  3. Menulis surat pembaca.
  4. Menyunting surat pembaca.
Contoh Surat Pembaca kepada Jamsostek di koran
Sesuai Prosedur Jamsostek
Menanggapi pertanyaan Ibu Yunita Corinawati yang disampaikan lewat Kompas (8/1) “Rujukan Peserta Jamsostek” dapat disampaikan bahwa program Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK) dilaksanakan dengan konsep Managed Care yang bertujuan terwujudnya efektivitas pelayanan kesehatan dan efisiensi biaya dengan tetap memerhatikan mutu pelayanan, antara lainmelalui sistem rujukan sesuai dengan indikasi medis. Pemeriksaan ultrasonografi (USG) dilakukan apabila ada suspect atau dugaan kelainan janin pada kehamilan pasien.

Sementara apabila pasien tetap menginginkan pemeriksaan USG tanpa adanya suspect atau dugaan kelainan medis, pemeriksaan itu akan dianggap sebagai: “Atas permintaan sendiri-APS” dalam surat rujukan, dan ini tidak ditanggung oleh program JPK.

Apabila dokter atau bidan yang memeriksa menemukan kecurigaan suspect atau dugaan kelainan janin pada kehamilan, secara otomatis pelaksanaan pelayanan kesehatan tingkat pertama (PPK I), baik puskesmas maupun klinik, akan membuatkan surat rujukan ke rumah sakit yang ditunjuk (dalamkasus ini adalah RS Fatmawati) untuk pemeriksaan diagnostik lanjutan.

Dengan demikian, Puskesmas Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan, telah menjalankan prosedur pemberian pelayanan dengan benar sesuai ketentuan PT Jamsostek (Persero). Perluasan cakupan pelayanan untuk pemeriksaan USG dan lainnya yang saat ini sudah dapat dilakukan oleh puskesmas, tetapi belum termasuk cakupan pelayanan, akan kami pertimbangkan dalam kerja sama dengan PPK I di masa yang akan datang.

Apabila memerlukan penjelasan tentang pelayanan Program Jamsostek, dapat menghubungi kantor cabang terdekat kami.
Ilyas Lubis
Kepala Biro Humas
PT Jamsostek (Persero)
(Sumber: Kompas, 22 Januari 2008, dengan pengubahan)


Pengertian Surat pembaca adalah surat yang dibuat oleh seseorang yang ditujukan kepada pihak lain yang dimuat dalam rubrik khusus di surat kabar atau majalah. Surat pembaca dapat berisi permasalahan, usul, saran, atau tanggapan. Surat pembaca ditulis dengan bahasa yang sopan, jelas, dan komunikatif.

Contoh Surat Pembaca untuk Lingkungan Sekolah
Mushola Kurang Memadai

Yth. Kepala Sekolah SMPN 211 Srengseng Sawah,

Assalamualaikum Wr. Wb.
Mushola merupakan salah satu tempat penting dan selalu dipunyai setiap sekolah. Pada hari Rabu, 2 Agustus 2020 saya ke mushola, dan ternyata ada beberapa fasilitas yang sudah rusak di mushola sekolah, antaralain asbes bocor yang sudah copot yang berakibat disaat turun hujan lantai menjadi basah, saya sampai terpeleset disaat masuk mushola, hal ini sangat berbahaya siswa yang sering mempergunakan mushola. Kemudian keran air yang tidak keluar atau berhenti berfungsi. Juga mukena sudah kotor dan  bau, saya sendiri tidak pernah memakai mukena mushola yang kotor dan berbau, lebih sering bawa mukena dari rumah.

Oleh karena itu kiranya saya berharap pihak pengurus sekolah dapat segera menindaklanjuti hal – hal itu. Serta dapat segera membetulkan fasilitas yang rusak dan tidak berfungsi agar lingkungan sekolah kita lebih aman dan terlihat jadi lebih baik.

Terimakasih atas perhatiannya,
Wassalamualaikum Wr. Wb.

Santi Purinti, kelas X A.

Sekian pembahasan mengenai Menulis Surat Pembaca dan juga menulis surat pembaca tentang lingkungan sekolah, contoh menulis surat pembaca tentang lingkungan sekolah, surat pembaca tentang sekolah, contoh surat pembaca di koran, surat pembaca kompas, pengertian surat pembaca, contoh surat pembaca tentang pendidikan, surat pembaca tentang kebersihan sekolah, semoga dapat mudah kalian pahami, selamat belajar!