Langkah-langkah Menanggapi Laporan

Cara-cara menyampaikan tanggapan - Pada materi bahasa Indonesia kali ini akan membahas menganai bagaimana cara menanggapi laporan dengan baik dan benar agar nantinya sobat dapat menanggapi laporan perjalanan teman dengan memberi pertanyaan, pendapat, atau saran, agar lebih mudah dipahami simak penjelasan singkat berikut ini dalam memberikan tanggapan laporan perjalanan.

Menanggapi Laporan

Dalam pelajaran sebelumnya, kamu telah mendengarkan laporan dari teman-teman atas perjalanan yang telah ia lakukan. Bagaimana tanggapanmu atas laporan mereka? Berbagai cara yang dapat kamu sampaikan berkenaan dengan laporan itu: pertanyaan, pendapat, atau mungkin juga saran-saran. Berikut contoh membuat tanggapannya.

1. Pertanyaan

a. Apakah Keindahan Tanjung Lesung sama dengan keindahan Pantai Pangandaran?

b. Saya belum mendapat kejelasan tentang sarana transportasinya, apakah banyak atau tidak kendaraaan yang menuju ke sana?
Langkah-langkah Menanggapi Laporan
Langkah-langkah Menanggapi Laporan

2. Pendapat

a. Laporan tentang Tanjung Lesung yang disampaikan Ery memang sangat jelas. Dengan laporan itu, saya sudah merasakan keindahan-keindahan alam yang ada di sana. Laporan itu runtut dan rinci. Pasti Ery selama melakukan perjalanan ke tempat itu, membuat catatan khusus tentang semuanya, kan?

b. Masih terlalu umum, laporan yang disampaikan Yanti tadi. Jadinya gambaran tentang keadaan Sungai Cijolang yang katanya indah itu sama saja dengan keadaan yang biasa kita dengar dari sungai-sungai lainnya. Bahwa di sungai itu banyak bebatuan dan pepohonan saya kira di sungai-sungai lain pun tidak jauh seperti itu.

3. Saran

a. Agar lebih jelas laporan yang disampaikan tadi, saya sarankan agar Nisa menunjukkan foto-fotonya. Dapat saja salah satunya diperbesar sehingga kami menjadi tahu tentang curamnya jalan yang telah dilalui Nisa itu.

b. Tadi Alif lebih banyak melaporkan keadaan selama di perjalanannya. Sementara itu, keadaan di tempat tujuan akhir hanya selintas. Padahal, lamanya waktu kunjungan itu lebih banyak di tujuan akhiritu daripada di perjalanannya. Oleh karena itu, saya minta Alif menyampaikan cerita-cerita yang lebih rinci karena saya sangat penasaran.

Berbagai cara yang dapat kita sampaikan berkenaan dengan laporan, yakni berupa pertanyaan, pendapat, atau mungkin juga saran-saran.

Contoh soal mengenai materi memberikan atau menanggapi laporan perjalan:
1. Manakah pertanyaan yang sesuai dengan laporan itu?
a. Apakah pertunjukkan gamelan itu selalu dipentaskan pukul 19.00?
b. Di samping gamelan, apakah ada pementasan lainnya?
c. Bagaimanakah peran pemerintah pusat dalam mengembangkan potensi wisata di sana?
d.Berapa tiket yang harus kita bayarkan untuk masuk ke tempat itu?
e. Mengapa perhatian tokoh-tokoh masyarakat begitu besar terhadap kesenian daerah yang ada di sana?

2. Tuliskanlah dua buah pernyataan yang masing-masing merupakan pendapat dan saran berkaitan dengan isi laporan itu! Bandingkanlah pendapat dan saran itu dengan yang disampaikan teman-temanmu!

Sekian pembahasan mengenai Langkah-langkah Menanggapi Laporan dan juga contoh pertanyaan, pendapat serta memberikan saran semoga dapat membantu sobat dalam proses belajar.