Membawakan Acara untuk Berbagai Kegiatan

Membawakan suatu acara dengan benar - Pada pembahasan materi bahasa Indonesia kali ini akan membahas mengenai bagaimana membawa acara untuk berbagai kegiatan, seperti dalam kegiatan OSIS, karang taruna, pramuka atau pun dakwah atau dalam acara ceramah maupun keagamaan, dengan mempelajari materi ini dengan baik dan benar nantinya sobat  dapat menyimpulkan tata acara protokoler pembawa acara dalam berbagai acara. Kamu dapat menunjukkan garis besar susunan acara dan dapat membawakannya dengan bahasa yang benar dan santun, untuk lebih jelasnya lagi mengenai hal tersebut dapat sobat simak dalam penjelasan singkat berikut ini!

Membawakan Acara untuk Berbagai Kegiatan

Kegiatan semacam kegiatan pembukaan untuk perlombaan-perlombaan sering didahului dengan penjelaskan tata urutannya. Orang yang menyampaikanya disebut dengan pemandu atau pembawa acara. Kamus Besar Bahasa Indonesia menyebutnya dengan istilah pewara.

Pembawa acara atau pewara bertugas menyampaikan rangkaian acara dalam suatu kegiatan di samping memandu jalannya acara-acara itu.

Membawakan Acara untuk Berbagai Kegiatan
Membawakan Acara untuk Berbagai Kegiatan
Oleh karena itu, sebelum tugas itu dialaksanakan, seorang pembawa acara harus mengetahui hal-hal berikut:
  1. jenis dan tujuan acara yang akan dipandunya,
  2. peserta atau undangan yang akan menghadiri acara,
  3. kondisi tempat dan waktu dilangsungkan acara.
Seorang pembawa acara dalam menjalankan tugasnya harus membedakan acara resmi dan acara tidak resmi. Dalam acara resmi, ia harus tampil secara resmi, baik dari segi tata busana maupun dari segi kebahasaan. Sebaliknya, dalam acara tidak resmi ia diharapkan tampil santai.

Dalam membawakan tugasnya, seorang pembawa acara diibaratkan sebagai seorang sutradara yang bertanggung jawab penuh atas jalanya acara. Ia juga sebagai seorang komandan yang memimpin jalanya acara. Seorang pembawa acara memegang peranan penting dalam menyampaikan acara demi acara kepada para pendengar.

Berikut ini beberapa contoh kalimat penuturan yang biasa disampaikan oleh seorang pembawa acara.
  • Hadirin yang saya hormati, acara selanjutnya, adalah sambutan Bapak Kepala Perpustakaan daerah. Marilah kita dengarkan dengan seksama. Kepada Bapak Camat saya persilakan.
  • Hadirin yang berbahagia, tibalah saat yang sudah kita nantikan bersama, yaitu makan-makan. Sambil menikmati makanan seadanya, kita juga akan mendengarkan alunan suara merdu dari penyanyi-penyanyi kami. Rekan-rekan yang bertugas saya persilakan untuk mengatur jalanya acara ini.

Aspek atal hal-hal pokok dan penting yang menjadi acuan sukses tidaknya seorang pembawa acara sangat tergantung dengan faktor-faktor berikut ini:
  1. Kelancaran dan kejelasan tuturan
  2. Penguasaan rangkaian acara
  3. Kreativitas penampilan
  4. Kesantunan dalam bersikap
  5. Ekspresi wajah dan gerak-gerik
Pembawa acara atau pewara bertugas menyampaikan rangkaian acara dalam suatu kegiatan di samping memandu jalannya acara-acara itu. Sebelum tugas itu dilaksanakan, seorang pembawa acara harus mengetahui hal-hal berikut:
  • macam jenis serta tujuan acara yang akan dibawakan,
  • peserta ataupun tamu undangan yang akan datang dalam acara,
  • memahami kondisi ruang dan waktu dimana acara tersebut akan diadakan.
Sekian pembahasan materi mengenai Membawakan Acara untuk Berbagai Kegiatan agar nantinya sobat akan lebih memahami tata cara utama sebagai seorang pembawa acara yang baik dan benar, jika bukan artikel ini yang sobat cari, mungkin artikel dibawah ini dapat menjawabnya, selamat belajar!