Mendengarkan Berita Hari Ini

Pokok-pokok dalam suatu berita - Pada materi bahasa Indonesia kali ini akan membahas mengenai mendengarkan atau menyaksikan berita hari ini, dimana kegiatan ini dapat sobat lakukan dengan menonton tv, mendengarkan radio, membaca koran atau bahkan melalui media online, kini sebuah berita sudah sangat cepat sekali menyebar seakan tanpa halangan bahkan dapat juga disiarkan secara live atau langsung, untuk lebih jelasnya mengenai cara merangkum dan memahami isi berita dengan mendengarkan berita hari ini, berikut penjelasan singkatnya!

Mendengarkan Berita Hari Ini

Uraian tentang kegiatan teman-temanmu di Rawamangun, Jakarta pada materi Menemukan Permasalahan dalam Bacaan, merupakan contoh berita. Adapun yang dimaksud dengan berita adalah laporan mengenai suatu kejadian atau peristiwa. Berita dapat kita ikuti melalui media-media masa seperti radio, televisi, koran, majalah, atau internet.

Isi berita biasanya menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti berikut.
1. Peristiwa apa?
2. Yang terlibat dalam peristiwa itu siapa?
3. Peristiwa itu terjadi di mana?
4. Peristiwa itu terjadi kapan?
5. Mengapa pristiwa itu terjadi?
6. Bagaimana proses kejadiannya?
Pertanyaan-pertanyaan itu dalam dirangkum dalam rumus 5W + 1H.
Rumus ini merupakan singkatan dari what (apa), who (siapa), where (di mana),
when (kapan), why (mengapa), dan how (bagaimana).

Mendengarkan Berita Hari Ini
Mendengarkan Berita Hari Ini
Sekarang coba simak dengan membaca contoh berita di bawah ini!
Selamat sore saudara muda Radio Trend 105 FM. Dalam berita aktual sore ini, kami akan menurunkan informasi tentang perlombaan menulis cerpen se-Banjarmasin.

Saudara muda, SMP Nusa Bakti I Banjarmasin telah melangsungkan acara lomba menulis cerpen. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari ini, tanggal 3 Maret 2007, dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-7 sekolahnya. Menurut Hakim Indrawan, sang Ketua Panitia, acara tersebut diikuti oleh para siswa se-Banjarmasin dengan jumlah keseluruhannya sebanyak 155 peserta.

Untuk mengikuti perlombaan tersebut, para peserta menuliskan langsung karyanya di tempat itu juga, yakni di aula SMP Nusa Bakti I. Mereka diminta untuk menulis cerpen dengan tema yang telah ditentukan panitia. Selama dua jam, mereka harus menyelesaikan karyanya.

Pada sore harinya, karya para peserta sudah dapat diumumkan. Tim juri yang diketuai oleh Ibu Eriyanti, M.Pd., telah mengumumkan tiga nama pemenang perlombaan tersebut: juara I, diraih oleh Elma Nita dari SMP Nusa Raya I Banjarmasin, juara II Hasan Almanaf dari SMPN 5 Banjarmasin, dan juara III Nirmala Handayani dari SMP Labschool Banjarmasin.

Selain mendapat tropi dari Ketua Yayasan Nusa Bakti, para juara mendapatkan uang tunai masing-masing Rp2 juta untuk juara Rp1,5 juta untuk juara II, dan Rp1 juta untuk juara III.

Saudara muda, kita ucapkan selamat kepada para pemenang. Semoga mereka tetap berkarya dan kita pun dapat mengikuti jejak mereka.

Dari berita tersebut, dapat ditentukan pokok-pokok berita itu sebagai berikut.
Pokok-pokok dalam suatu berita
Pokok-pokok dalam suatu berita
  • Judul Berita
Lomba menulis Cerpen se-Banjarmasi
  • Apa?
Perlombaan menulis cerpen se-Banjarmasin
  • Siapa?
Para siswa se-Banjarmasin, sebanyak 155 peserta.
  • Bagaimana?
Para peserta menuliskan langsung karyanya di tempat itu juga
  • Di mana?
Di SMP Nusa Bakti I Banjarmasin
  • Kapan?
Tanggal, 13 Maret 2007
  • Mengapa?
Dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-7 SMP Nusa Bakti I

Berita adalah laporan mengenai suatu kejadian atau peristiwa. Berita dapat kita ikuti melalui media-media masa seperti radio, televisi, koran, majalah, atau internet. Isi berita biasanya menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terangkum dalam rumus 5W + 1H. Rumus ini merupakan singkatan dari what (apa), who (siapa), where (di mana), when (kapan), why (mengapa), dan how (bagaimana).

Sekian pembahasan mengenai Mendengarkan Berita Hari Ini serta contoh pembahasannya semoga dapat mudah dipahami, selamat belajar!