Menyampaikan Kembali Informasi Penting

Permasalahan dalam bacaan sebagai bahan untuk diskusi - Pada pembahasan materi bahasa Indonesia kali ini akan membahas mengenai bagaimana cara menyampaikan kembali sebuah informasi penting yang baik dan benar agar orang pun dapat dengan mudah memahaminya, dengan memahami materi ini nantinya sobat akan dapat menemukan informasi atau suatu permasalahan dari suatu bacaan untuk menjadikannya bahan diskusi, untuk lebih jelasnya lagi silahkan simak dalam penjelasan singkat berikut ini!

Menyampaikan Kembali Informasi Penting

Sebelumnya telah dibahas mengenai cara memahami dan mendengarkan informasi tentang prestasi teman-temanmu dalam International Junior Science Olimpiad I. Namun, untuk lebih jelasnya, sebaiknya kamu membaca sendiri berita tersebut pada materi Menyampaikan kembali informasi berdasarkan pokok-pokoknya.

Dari bacaan tersebut, terdapat beberapa informasi, di antaranya sebagai berikut.
1. Sebanyak 12 siswa SLTP berhasil merebut delapan medali emas dan empat medali perak di ajang IJSO yang digelar di Jakarta pada tanggal 5-14 Desember 2004.

2. Stephanie Senn bahkan mendapat penghargaan tambahan sebagai The Best Experimental Winner. Ia berhasil mendapat nilai tertinggi pada ujian eksperimen dengan nilai yang sempurna.

Informasi- informasi merupakan penggugah bagi kamu dan yang lainnya untuk dapat berprestasi seperti halnya ke-12 siswa itu. Kamu tentu sangat bahagia apabila dapat menjadi orang yang berprestasi. Hanya bagaimana untuk meraihnya?

Untuk menjawab persoalan itu, kamu sebaiknya berdiskusi dengan teman-teman. Dengan cara demikian, kamu dapat berbagi pengalaman, saling memberikan saran dan pendapat untuk mewujudkan impian itu. Bahkan kamu pun dapat membuat rencana bersama dalam membuat kegiatannya, misalnya dengan belajar berkelompok atau saling memberikan pinjaman buku bacaan.

Hanya jalannya diskusi tidak selamanya berjalan mulus. Ada saja pro dan kontra terhadap suatu pendapat. Pada rumusan-rumusan akhirnya, pendapat-pendapat itu mungkin ada yang diterima dan ada pula yang ditolak. Namun, semua pendapat itu harus dicatat dalam laporan.

Hal itu dimaksudkan sebagai wujud persamaan pelakuan dan penghargaan kepada para peserta yang mau terlibat aktif dalam diskusi. Catatan semacam itu juga penting untuk menggabarkan dinamika jalannya diskusi.

Perhatikan contoh format laporan diskusi berikut:
Permasalahan diskusi : …………………………….
Tujuan : …………………………….
Waktu : …………………………….
Tempat pelaksanaan : …………………………….
Peserta
1. …………………………….
2. …………………………….
3. …………………………….
4. …………………………….
5. dst.
Menyampaikan Kembali Informasi Penting
Menyampaikan Kembali Informasi Penting

Diskusi merupakan cara untuk memecahkan suatu permasalahan. Dalam berdiskusi, kita dapat berbagi pengalaman, saling memberikan saran dan pendapat.

Aspek-aspek yang biasanya sering ditanggapi adalah sebagai berikut:
  1. daya tarik tema/masalah yang didiskusikan,
  2. kelengkapan laporan,
  3. sistematika atau susunan laporan,
  4. efektivitas penyampaian, serta
  5. tingkat kebermanfaatan hasil diskusi.
Sekian pembahasan mengenai Menyampaikan Kembali Informasi Penting dan juga contoh format atau bentuk laporan hasil diskusi atau kelompok, jika bukan artikel ini yang sobat cari silahkan gunakan menu search atau mungkin artikel dibawah ini dapat menjelaskannya, selamat belajar!