Pentingnya Menjaga Persatuan dan Kesatuan

Bangsa Indonesia sangat beragam. Walaupun bangsa Indonesia serba beragam, kita harus menjaga persatuan. Mengapa persatuan penting bagi bangsa kita? Bangsa Indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa. Namun, bangsa Indonesia mempunyai tujuan yang sama. Tujuannya adalah menciptakan masyarakat adil dan makmur. 

Persatuan sangat penting bagi bangsa Indonesia, karena dengan persatuan kita bisa kuat, dengan persatuan dan kerja sama kita bisa mencapai tujuan. Ini sesuai dengan peribahasa “bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh. Bangsa Indonesia juga bisa kuat dan jaya jika bersatu. Namun jika tidak bersatu, kita akan lemah.
Pentingnya Menjaga Persatuan dan Kesatuan
Pentingnya Menjaga Persatuan dan Kesatuan

“Bhinneka Tunggal Ika”. Ingat semboyan itu? Kita bisa menemukan semboyan itu di kaki burung Garuda Pancasila. Bhinneka Tunggal Ika berarti berbeda-beda tetapi tetap satu. Mengapa semboyan itu dipilih oleh para pendiri negara kita? Semboyan itu sesuai dengan keadaan bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia dari berbagai suku bangsa. Akan tetapi, bangsa Indonesia merupakan satu kesatuan.

Menghargai budaya suku lain akan memperkokoh persatuan dan kesatuan. Menghargai budaya suku lain wajib dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Cara menghargai budaya suku lain sebagai berikut.

  1. Menerima dan menghargai suku, agama, budaya, dan adat istiadat orang lain.
  2. Ikut memelihara, melestarikan, dan mengembangkan tradisi danbudaya yang ada dalam masyarakat.
  3. Mau mempelajari adat istiadat, kebiasaan, dan hasil kesenian suku bangsa lain.
  4. Tidak menganggap suku sendiri yang paling baik dan suku yang lain jelek. 
  5. Tidak meremehkan dan menghina adat istiadat, kebiasaan, dan hasil kesenian suku bangsa lain.