Susunan dan Fungsi Saraf Pusat dan Saraf Tepi, Fungsi Otak dan Refleks

Pada materi IPA kali ini akan membahas mengenai Susunan dan Fungsi Saraf Pusat dan Saraf Tepi, Fungsi Otak dan Refleks berikut dengan gambar sebagai penjelasan mengenai letak-letak saraf yang sedang dibahas didalam tubuh manusia, untuk lebih jelasnya dapat disimak dalam penjelasan berikut ini!

Susunan dan Fungsi Saraf Pusat dan Saraf Tepi, Fungsi Otak dan Refleks

Saraf Pusat dan Saraf Tepi

Sel-sel saraf membentuk tiga bagian atau area penting dari sistem sarafmu. Bagian yang dimaksud adalah otak, sumsum tulang belakang, dan saraf-saraf tubuh. Otak dan sumsum tulang belakang merupakan saraf pusat, sedangkan saraf-saraf tubuh merupakan saraf tepi Organ utama pertama sistem saraf manusia adalah otak. Otak adalah organ yang mengirim dan menerima pesan ke dan dari seluruh bagian tubuh.

Otak juga berfungsi merekam dan menginterpretasikan pesan. Otak tersusun dari berjuta-juta neuron. Bagian utama kedua sistem saraf manusia adalah sumsum tulang belakang. Sumsum tulang belakang adalah bagian yang membawa pesan dari otak ke saraf-saraf tubuh atau dari saraf tubuh ke otak. Pesan berjalan ke atas pada jalur menuju ke otak dan turun ke sumsum tulang belakang menuju ke saraf tubuh. Sumsum tulang belakang tersusun dari berjuta-juta neuron. Gambar dibawah ini menunjukkan lokasi sumsum tulang belakangmu, persis di tengah-tengah tubuhmu bagian belakang.
Susunan dan Fungsi Saraf Pusat dan Saraf Tepi, Fungsi Otak dan Refleks
Susunan dan Fungsi Saraf Pusat dan Saraf Tepi, Fungsi Otak dan Refleks

Dibagian bawah ada gambar yang menunjukkan seberapa baik otak dan sumsum tulang belakang dilindungi dari kerusakan. Keduanya dilindungi oleh tulang dan selaput. Keduanya juga diselaputi oleh cairan. Otak dilindungi oleh tulang tengkorakmu. Sumsum tulang belakang dilindungi oleh tulang vertebrae. Apa arti kata vertebrae? Tulang punggung atau vertebra adalah tulang tak beraturan yang membentuk punggung yang mudah digerakkan. terdapat 33 tulang punggung pada manusia, 5 di antaranya bergabung membentuk bagian sacral, dan 4 tulang membentuk tulang ekor (coccyx).

Bagian ketiga dari sistem sarafmu adalah kelompok saraf yang memasuki dan meninggalkan sumsum tulang belakang. Kelompok saraf itu disebut saraf-saraf tubuh. Saraf-saraf tubuh menghubungkan organ, otot, dan kulit dengan sumsum tulang belakang. Pesan bergerak sepanjang saraf tubuh dari organ atau otot ke sumsum tulang belakang, kemudian ke otak. Pesan juga bergerak dari otak ke sumsum tulang belakang, dan kemudian ke sepanjang saraf tubuh ke organ atau otot. Saraf tubuh dapat diibaratkan kawat listrik yang berasal dari sumber listrik ke rumah-rumahmu.

Fungsi Otak

Otak, seperti halnya organ yang lain terdiri dari bagian-bagian yang berbeda. Tiap bagian memiliki fungsi yang berbeda-beda. Otak manusia terdiri dari tiga bagian utama. Marilah kita melihat lebih seksama masing-masing bagian. Bagian-bagian yang dimaksud adalah cerebrum, cerebellum, dan medula oblongata. Cerebrum (otak besar) adalah bagian otak yang mengontrol pikiran, nalar, dan indera.
Fungsi Organ Otak
Fungsi Organ Otak

Cerebrum merupakan bagian otak yang paling besar. Bagian ini memiliki lipatan-lipatan. Cerebrum memiliki beberapa fungsi. Salah satu fungsinya adalah menyimpan pesan. Biasanya fungsi ini disebut memori. Cerebrum menerima pesan dari seluruh alat indera, misalnya bunyi yang mungkin diinterpretasikan sebagai musik, ketawa, atau bunyi peluit. Penglihatan mungkin diinterpretasikan sebagai warna bunga yang cerah atau awan yang gelap. Cerebrum juga merupakan pusat kontrol otot.

Pesan untuk gerakan tangan dan kaki dimulai dari cerebrum. Pesan tentang sakit atau sentuhan berakhir pada cerebrum. Cerebrum juga mengontrol kepribadian.

Beberapa fungsi cerebrum bersifat sadar. Sadar artinya dapat dikontrol. Sebagai contoh kamu memutuskan untuk menggerakkan kakimu, kemudian kamu melakukannya. Cerebrum dibagi menjadi belahan kiri dan kanan. Bagian kanan cerebrum mengontrol bagian kiri tubuh dan juga menerima pesan dari bagian kiri tubuh. Bagian kiri cerebrum mengontrol bagian kanan tubuh dan juga menerima pesan dari bagian kanan tubuh.
Peta ide sistem saraf pada manusia
Peta ide sistem saraf pada manusia

Cerebellum (otak kecil) adalah bagian otak yang membantu kamu bergerak secara lemah lembut dan gemulai tidak kaku seperti robot. Bagaimana ukuran cerebellum dibandingkan dengan cerebrum? Di mana cerebellum berlokasi, di depan atau di belakang kepalamukah? Semua saraf yang masuk dan meninggalkan otak yang berasal dari dan menuju ke otot mengirim pesan ke cerebellum. Cerebellum membantumu agar tetap seimbang. Kerja cerebellum bersifat tidak sadar, artinya kamu tidak dapat mengetahuinya.

Bagian ketiga dari otak adalah medulla oblongata. Medulla oblongata tampaknya mirip dengan sumsum tulang belakang, tetapi fungsinya sangat berbeda. Medulla oblongata adalah bagian otak yang berfungsi mengontrol denyut jantung, pernapasan, dan tekanan darah. Semua pekerjaan yang ditangani oleh medulla oblongata bersifat di luar kesadaran. Kerja medulla oblongata tidak memerlukan kamu berfikir terlebih dahulu.

Refleks

Dalam banyak kasus, beberapa pesan yang diterima oleh tubuhmu sampai ke otak terlebih dahulu sebelum kamu bereaksi. Pikirkanlah apa yang terjadi ketika kamu melihat sebuah bola melayang menuju ke arahmu. Kamu akan mengangkat tanganmu atau kamu akan menunduk setelah otakmu menerima pesan bahwa bola sedang menuju ke arahmu.
refleks adalah gerakan cepat, adalah reaksi perlindungan yang terdapat di dalam sistem saraf.
refleks adalah gerakan cepat, adalah reaksi perlindungan yang terdapat di dalam sistem saraf.

Beberapa pesan tidak demikian. Pesan tersebut menuju ke sumsum tulang belakang dan dengan cepat kembali ke otot. Tubuh dapat bereaksi dalam waktu yang sangat pendek. Gerakan cepat, adalah reaksi perlindungan yang terdapat di dalam sistem saraf dan disebut refleks.

Empat hal berikut ini adalah benar tentang refleks. Pertama refleks bersifat tidak sadar; Kedua refleks terjadi amat cepat; Ketiga refleks mungkin melibatkan atau tidak melibatkan otak. Contoh pada saat tertusuk, otak mungkin akan menerima pesan sakit, tapi pesan itu baru sampai ke otak setelah kamu menarik kakimu. Jika pesan diterima oleh otak sebelum kamu menarik kaki, hal ini akan membutuhkan lebih banyak waktu, dan kerusakan mungkin akan lebih parah. Hal ini akan membawa kita kepada hal yang keempat tentang refleks, yaitu kebanyakan refleks bermanfaat. Refleks membantumu melindungi diri dari bahaya. Batuk dan bersin adalah refleks.