Memberikan Komentar Mengenai Isi Pidato

Memberikan Komentar Mengenai Isi Pidato - Pada pembahasan materi bahasa Indonesia kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana memberikan komentar mengenai isi pidato dan juga tentang persiapan yang diperlukan agar berpidato dapat berjalan sukses, serta contoh teks pidato serta mencatat isi pidato dan juga contoh memberikan komentar terhadap isi dan cara menyampaikan pidato, untuk lebih jelasnya dapat kalian baca dalam penjelasan singkat berikut ini!

Memberikan Komentar Mengenai Isi Pidato

Tentu kalian pernah mendengarkan pidato, baik dalam acara sekolah maupun acara di masyarakat, bukan? Bagaimanakah isi pidato yang kalian dengar? Bagaimanakah komentar terhadap isi pidato dan penyampaiannya? Kalian harus dapat memberikan penilaian terhadap isi pidato dan penyampaiannya.

Persiapan merupakan kunci sukses pembicara, utamanya berpidato, dalam untuk membangun rasa percaya diri dan mengekspresikan pikiran dan perasaan dengan baik. Selagi persiapan kita lakukan, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
1. Apakah tujuan pembicaraan?
2. Siapa yang menjadi pendengar?
3. Apakah topik yang menarik bagi pendengar?
4. Apa yang saya ketahui tentang topik tersebut?
5. Apakah informasi pendukung yang dapat saya gunakan untuk menunjang topik tersebut?
6. Apakah alat bantu yang saya perlukan?
7. Bagaimanakah cara membuka pidato yang menarik bagi pendengar?
8. Sudahkah saya memerhatikan hal-hal kecil yang dapat membantu pembicaraan saya sehingga lebih percaya diri? 
Coba perhatikanlah penyampaian pidato berikut yang dilakukan oleh teman kalian.
Memberikan Komentar Mengenai Isi Pidato
Memberikan Komentar Mengenai Isi Pidato

Sebab Timbulnya Jerawat
Adik-adikku yang saya sayangi, patutlah kiranya kita mengucapkan syukur yang sebanyak-banyaknya atas segala curahan rahmat, nikmat, dan taufik, serta hidayah-Nya kepada kita, sehingga pada saat ini kita dapat berkumpul di sini dalam keadaan yang serba kecukupan.

Adik-adikku yang berbahagia, pada kesempatan ini, saya akan memberikan informasi mengenai jerawat dan cara menanggulanginya.

Adik-adikku yang senantiasa ceria, Jerawat timbul akibat aktivitas kelenjar lemak yang hebat, ditambah gangguan pelepasan kulit yang kurang bagus, dan juga faktor adanya bakteri di permukaan kulit.

Kebersihan kulit membantu mengurangi populasi bakteri itu sendiri, mengurangi timbunan lemak, dan membantu melepaskan kulit mati yang menyumbat pori-pori. Lalu, berapa kali sebaiknya kita membersihkan muka? “Minimal dua kali sehari. Namun, jika aktivitas Anda berlebih, sering terkena sinar matahari atau ke tempat yang banyak debu, boleh saja membersihkan lebih sering,” jelas dr. Kusmarinah Bramono, dari Klinik Jakarta Skin Center.

Jerawat akibat bakteri bisa diobati dengan memberikan antibiotik dosis rendah. Maksudnya hanya untuk menekan populasi bakteri penyebab jerawat.

Bicara soal kulit wajah, tentu kita tidak lupa akan masalah lain, yakni masalah kelembapan. Makin berumur seseorang, kulit makin berkurang kelembapannya. Lebih-lebih apabila orang tersebut sering berada di ruangan yang ber-AC. Tidak heran apabila banyak orang memakai pelembap, bahkan kini beberapa pelembap ditambahkan bahan-bahan aktif lain seperti vitamin, hormon-hormon seperti plasenta domba, dan sebagainya.

Hanya perlu diingat mereka yang berkulit sensitif atau cenderung alergis, harus pandai-pandai memilih. Hal ini dikarenakan apabila salah mimilih justru dapat menjadikan kulit rusak.

Sementara pemakaian sun block alias tabir surya diperbolehkan, karena kita tinggal di negeri yang kaya sinar matahari. Pasalnya, tabir surya dipakai untuk menghindari radiasi ultraviolet. Hanya yang harus diperhatikan, bahan ini biasanya merupakan bahan kimia.

Seperti kita ketahui, umumnya bahan kimia yang dipakai untuk sun block tidak larut dalam air. Jadi, supaya larut, ia harus mengandung lemak. Untuk orang yang tidak mempunyai masalah jerawat memang tidak apa-apa. Namun, untuk orang yang punya masalah jerawat, bisa gawat. Apabila kulit sudah berminyak lalu ditambah sun block, ya tambah berminyak lagi. Maka itu, sebaiknya memilih sun block yang kurang kadar lemaknya. Biasanya itu bentuknya lotion (cairan).

Demikianlah uraian singkat yang saya sampaikan. Semoga segala sesuatu yang saya uraikan tadi, bermanfaat bagi Adik-adik. Terima kasih.
(Sumber: Kompas, 19 Februari 2004, dengan pengubahan)

Setelah mendengar teks pidato yang disampaikan teman kalian di depan kelas, ada beberapa hal penting mengenai isi pidato yang dapat kalian catat, yaitu berikut.
  1. Ada beberapa sebab timbulnya jerawat, yakni sebagai akibat aktivitas kelenjar lemak yang hebat, ditambah gangguan pelepasan kulit yang kurang bagus, dan juga faktor adanya bakteri di permukaan kulit.
  2. Beberapa cara penanggulangan jerawat yakni secara alami dengan sering membersihkan muka dan secara kimiawi dengan pemberian antibiotik dosis rendah sebagai obat penekan populasi bakteri penyebab jerawat.
  3. Untuk pemakaian obat-obatan kimiawi perlu juga diperhatikan kondisi kulit masing-masing, karena ada tipe kulit kering dan ada juga kulit yang berminyak, sehingga pemakaian obat-obatan kimianya pun perlu disesuaikan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
Setelah berlatih menyimpulkan isi pidato, kalian dapat memberikan sebuah komentar. Perlu kalian ingat bahwa penilaian harus memiliki sifat positif. Artinya, komentar memberikan masukan yang baik dan membangun, tidak menjatuhkan.

Berikut contoh komentar terhadap isi dan cara menyampaikan pidato.
1. Isi pidato
Isi pidato tersebut sangat bagus. Pidato tersebut menginformasikan kepada para pendengar mengenai kesehatan kulit wajah, yaitu mengenai jerawat dan cara penanggulangannya. Masalah mengenai kulit wajah merupakan salah satu permasalahan yang dekat dengan para remaja, sehingga informasinya mampu menarik para remaja untuk mendengarkannya. Isi pidato disampaikan dengan bahasa yang baik dan komunikatif, sehingga isi pidato dapat dengan mudah dipahami.

2. Cara menyampaikan pidato
Pidato disampaikan dengan pelafalan dan intonasi yang tepat. Dalam menyampaikan pidato, beliau menyertakan ekspresi yang tepat, sehingga pidato disampaikan dengan tidak monoton.

Sekian pembahasan mengenai Memberikan Komentar Mengenai Isi Pidato dan juga tentang persiapan yang diperlukan agar berpidato dapat berjalan sukses, serta contoh teks pidato serta mencatat isi pidato dan juga contoh memberikan komentar terhadap isi dan cara menyampaikan pidato, semoga dapat mudah dipahami, selamat belajar!