Menulis Petunjuk Melakukan Perjalanan

Penulisan Suatu Petunjuk - Pada pembahasan materi kali ini akan membahas mengenai bagaimana menulis petunjuk ketika melakukan perjalanan beserta contoh hal-hal yang dapat menjadi petunjuk, sehingga nantinya sobat dapat mendata urutan melakukan sesuatu dan menyimpulkan ciri-ciri bahasa petunjuk. Kamu pun dapat menulis petunjuk dengan bahasa yang efektif, untuk lebih jelasnya lagi dapat kalian simak di dalam penjelasan singkat berikut ini!

Menulis Petunjuk Ketika Melakukan Perjalanan

Denah seperti yang dipelajari pada subbab A, dapat berfungsi sebagai petunjuk perjalanan ataupun pencarian suatu tempat. Oleh karena itu, untuk seseorang yang belum mengenal daerah Bandung, khususnya Kecamatan Bandung Kidul dan Kecamatan Margacinta, denah itu sangatlah penting.

Dari denah itulah kamu dapat mengetahui letak dan arah suatu tempat. Di samping berbentuk denah, petunjuk perjalanan dapat berupa kata-kata biasa. Bentuknya dapat sederhana, lengkap dan terperinci, misalnya, yang berupa artikel atau buku.
Menulis Petunjuk Melakukan Perjalanan
Menulis Petunjuk Melakukan Perjalanan

Setiap bentuk kegiatan dapat dibuat petunjuknya, misalnya:
  1. petunjuk naik bus,
  2. petunjuk selama di perjalanan,
  3. petunjuk cara memesan penginapan,
  4. petunjuk berbelanja di tempat wisata, dan
  5. petunjuk mendirikan tenda perkemahan.
Petunjuk-petunjuk seperti itu penting agar kegiatan yang kita lakukan berlangsung dengan aman, mudah, dan menyenangkan.

Perhatikan contoh petunjuk melakukan perjalanan berikut.
  1. Bawalah selalu indentitas diri seperti KTP atau SIM.
  2. Informasikanlah kepada saudara atau teman tentang rencana perjalanan (waktu dan tujuan perjalanan).
  3. Siapkanlah perbekalan yang memadai sesuai dengan kebutuhan. Demi keamanan, perbekalan sebaiknya tidak dalam bentuk uang tunai.
  4. Siapkanlah barang seperlunya, seperti pakaian, perlengkapan madi, dan obat-obatan.
  5. Janganlah menggunakan perhiasaan yang mencolok (untuk perempuan).
Berdasarkan contoh di atas tampak bahwa bahasa yang digunakan dalam petunjuk adalah berupa kalimat perintah. Hal itu ditandai dengan kata-kata seperti adanya kata harus dan kata kerja imperatif (perintah, suruhan, larangan).

Sebuah petunjuk dapat disusun dengan urutan berikut:
a. Dari yang penting kepada tidak penting, misalnya, petunjuk melakukan perjalanan seperti pada contoh di atas.
b. Dari yang umum kepada yang khusus, misalnya, petunjuk memesan penginapan. Petunjuk itu dapat dirinci kembali, yakni petunjuk pemesanan hotel melati, hotel berbintang, dan vila.
c. Dari tahap awal hingga akhir, misalnya petunjuk mendirikan tenda, yakni mulai dari pemilihan tempat, hingga pemasangan tenda dan penataan halaman perkemahan.

Bahasa yang digunakan dalam petunjuk adalah berupa kalimat perintah. Hal itu ditandai dengan kata-kata seperti adanya kata harus dan kata kerja imperatif (perintah, suruhan, dan larangan).

Sekian pembahasan mengenai Menulis Petunjuk Melakukan Perjalanan contoh bentuk kegiatan yang dapat dibuat petunjuknya, susunan dan urutan kata atau bahasa yang digunakan dalam petunjuk, semoga dapat membantu sobat dalam memahami materi kali ini, selamat belajar!